Ternyata Suara Kucing Juga Punya Arti Lho!

1 comment 79 views

Suara Kucing

Jika Anda punya kucing tentu sudah tidak asing dengan suara kucing. Namun bagi Anda yang tidak memelihara kucing mungkin penasaran apa arti suara yang sering dibunyikan kucing. Ya, ternyata suara kucing atau setiap nadanya memiliki arti suara tersendiri. Arti suara bayi kucing mungkin belum Anda ketahui. Nah berikut informasi bagi Anda yang penasaran seperti apa arti dari suara kucing.

Mendengkur (purring)

Jenis nada suara kucing yang pertama adalah mendengkur. Banyak orang menganggap jika kucing yang mendengkur adalah tanda bahwa ia bahagia. Anak kucing mendengkur ketika minum susu dari induknya dan induknya pun juga mendengkur. Kucing yang bahagia dan merasa sehat akan semakin sering mendengkur. Jika kucing merasa sakit atau sekarat maka akan semakin sedikit mendengkur.

Mengeong

Jenis nada suara kucing yang kedua adalah mengeong. Kucing yang mengeong menandakan ingin sesuatu. Menurut penelitian, apabila kucing mengeong kepada manusia, artinya ia ingin untuk makan, minta dielus, ataupun sekedar menyapa. Sedangkan menurut pakar perilaku, suara kucing senior yang mengeong  biasanya lebih nyaring daripada kucing yang masih junior. Ini karena kucing yang senior sudah mulai kehilangan daya pendengarannya.

Frekuensi mengeong juga menjadi indikator dari pikiran kucing. Contohnya, jika kucing mengeong dengan panjang berarti ia merasa khawatir atau mereka merasa terganggu akan sesuatu. Tetapi, jika kucing mengeong lebih sering dari biasanya, lebih baik Anda periksakan kucing Anda.

Mendesis

Suara mendesis kucing lebih mirip dengan desisan ular. Jika kucing Anda mendesis, lebih baik Anda mundur karena bisa jadi kucing menganggap Anda sebagai sebuah ancaman. Mendesis menjadi tanda bahwa kucing agresif jika ancamannya tidak segera menghilang. Jika dalam bahasa manusia, mendesis ini bisa diartikan sebagai “saya takut”

Menggeram

Geraman kucing sebenarnya hampir mirip dengan suara kucing yang mendesis, tetapi untuk kucing menggeram ini lebih intens. Perilaku geraman kucing adalah indikator jika kucing tidak suka jika ada yang mendekati makanannya ataupun tanda bahwa ia ingin ditinggalkan sendiri. Arti suara menggeram lainnya adalah kucing merasa kesakitan. Jika pada salah satu bagian tubuhnya disentuh dan ia menggeram, bisa jadi itu tanda jika bagian yang disentuh dirasa sakit.

Menangis

Kucing juga bisa menangis. Penelitian menyebutkan jika kucing yang menangis bisa berarti kucing tersebut merasa stress. Suara kucing yang menangis ini lebih mirip dengan suara anjing yang merengek. Kucing terkadang merasa penasaran dan membuatnya terjebak masalah sehingga kucing merasa stress.

Itu dia beberapa jenis suara kucing yang ternyata memiliki arti tersendiri. Dengan mengetahui jenis-jenis dan arti suara kucing tersebut diharapkan Anda mulai bisa mengerti setiap maksud dari suara yang dibunyikan si kucing.

  1. author

    fajar siagian1 month ago

    kucing di rumah kalau ad amaunya sih mengeong sama suka elus kaki sakin bandelnya ayah kadang marah sma kucing dan yang lucunya kucing kami takut sama ayah kami. wkwkwk

    pengalaman meskipun begitu ayah juga bilang unttuk mengobati kucing kami kalau terluka.
    ngeongnan kucing itu pegnen buat kau meluk mereka

    Reply

Leave a reply "Ternyata Suara Kucing Juga Punya Arti Lho!"