Berbisnis Dengan Modal Pinjaman Bank, Kenapa Tidak?

Bisnis Dengan Modal Pinjaman Bank

 

Berdasarkan data BPS 2016 dengan jumlah penduduk 252 juta, jumlah wirausaha non pertanian di Indonesia mencapai 7,8 juta orang atau 3,1 persen dari populasi penduduk. Di tahun 2014, rasio wirausaha di Indonesia hanya sebesar 1,67%.  Dengan demikian tingkat kewirausahaan Indonesia telah melampaui 2 persen dari populasi penduduk. Ini adalah syarat minimal suatu masyarakat akan sejahtera.

Mungkin hal ini disebabkan oleh sokongan pemerintah untuk mendorong sektor wirausaha di Indonesia. Hal ini tak lepas juga dengan berbagai binaan dan kemudahan pinjaman untuk usaha yang digelontorkan oleh lembaga pemerintahan serta swasta.

Di sebuah survei tahun 2014, 36% orang Indonesia ingin berbisnis sendiri karena ingin memiliki pendapatan lebih besar. Apakah berwirausaha pasti mendapatkan hasil lebih besar? Kalau mengeluarkan modal di awal , itu pasti! Sayangnya, banyak yang keinginannya berwirausaha tertunda karena alasan modal. Padahal mengajukan pinjaman untuk usaha saat ini sudah begitu mudah dan menguntungkan, misalnya:

Dana pinjaman sesuai kebutuhan

Saat melakukan pinjaman untuk usaha di bank, Anda bisa mendapatkan pinjaman yang diperhitungkan sesuai dengan kemampuan Anda . Selain itu juga lebih aman dibanding jika melakukan pinjaman ke pihak lain, karena pembayaran cicilan juga lebih jelas dan terstruktur. 

Produk kredit yang beragam

Produk pinjaman untuk usaha di bank sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah Kredit Multiguna (KMG), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Usaha Rakyat (KUR). Masing-masing produk ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. KMG akan mempersyaratkan adanya aset jaminan, KTA bisa didapatkan tanpa agunan, dan KUR memberikan suku bunga yang lebih ringan namun ada syarat usaha tertentu yang wajib diperhatikan. 

Pembinaan wirausaha

Selain mengucurkan pinjaman untuk usaha, banyak bank juga memiliki fasilitas pembekalan untuk wirausaha seperti  workshop, seminar dan program pendampingan. Pembinaan ini umumnya tidak dipungut biaya. Ada banyak pelatihan untuk meningkatkan ilmu manajemen dan strategi bisnis yang bisa dipelajari agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang.

Yuk, susun strategi bisnis yang diinginkan dan mulai berwirausaha!

Leave a reply "Berbisnis Dengan Modal Pinjaman Bank, Kenapa Tidak?"