Mengenal Jenis-Jenis AC dan Penggunaannya

No comment 511 views

Pengetahuan mengenai seluk beluk AC secara kompleks memang biasanya hanya dimiliki oleh para praktisi dan ahli di bidang HVAC. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda sebagai awam mengenal sedikit informasi dasar tentang berbagai jenis AC yang beredar di pasaran, sebagai bekal ketika nanti Anda hendak membeli AC. Memilih sistem AC terbaik antara lain harus berdasar pada besar ruangan, suhu panas yang berada pada sebuah ruang, dan sebagainya. Berikut ini kami paparkan sekilas tentang berbagai jenis AC serta penggunaannya.

1. AC Window

AC Window

AC Window adalah AC generasi pertama yang diproduksi di dunia. Bentuk dasarnya adalah kotak, dimana di dalamnya terdapat semua komponen pendingin, mulai dari kompressor, kondensor, expansion valve, evaporator hingga cooling coil. Unit AC ini biasanya ditempatkan atau ditanam di dinding, atau pada sebuah space kosong di bawah jendela. AC ini sudah tidak diproduksi lagi karena sudah out of date.

2. AC Split

AC Split

AC split terdiri dari 2 bagian : unit outdoor dan unit indoor. Unit outdoor terdiri dari kompresor, kondensor dan expansion valve, dan diletakkan di bagian luar ruangan. Sedangkan unit indoor terletak di dalam ruangan, terdiri dari evaporator dan cooling fan yang mendinginkan ruangan. Tidak seperti AC window yang membutuhkan slot khusus, AC split ini cukup diletakkan di bagian atas dinding, hampir menempel ke plafon. AC split merupakan AC terbaik untuk kamar tidur dalam rumah tinggal maupun ruang kerja berukuran kecil di sekolah.

3. AC Packaged

AC Packaged

Jika Anda membutuhkan lebih dari 2 ruang yang didinginkan, pilihlah AC Packaged. Seperti AC window, AC ini memiliki 1 kotak yang di dalamnya terdapat semua komponen pendingin ruangan. Terdapat 2 tipe, yaitu AC Packaged water cooled dan AC Packaged cooled condenser. Umumnya AC jenis ini digunakan di restoran, gedung pertemuan berskala kecil serta rumah bertipe besar. 

4. AC Sentral/AC Ducted

AC Sentral/AC Ducted

Beberapa bangunan tinggi umumnya menggunakan AC jenis ini, seperti mall, block office, hotel, dan sebagainya. Fitur AC ini yaitu berupa satu kompresor besar, satu kondensor, dan satu evaporative unit. Kapasitas AC sentral berkisar antara 10 – 20 PK. Dengan menggunakan AC sentral, setiap ruangan di dalam gedung dapat menerima suhu dingin secara bersamaan.

Sedikit informasi tersebut semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan AC untuk rumah tinggal atau jenis bangunan yang lain. Banyak sekali merk AC terbaik yang beredar di pasaran, sehingga Anda tidak akan kebingungan menemukan AC yang tepat.

Leave a reply "Mengenal Jenis-Jenis AC dan Penggunaannya"