Cara Menumbuhkan Rasa Kebersamaan di Tengah Keluarga

No comment 66 views
Cara Menumbuhkan Rasa Kebersamaan di Tengah Keluarga

 

Membangun sebuah keluarga yang harmonis merupakan impian bagi setiap orang. Apalagi di zaman yang semakin berkembang seperti sekarang ini. Seringkali karena kesibukan masing-masing, kita tidak dapat meluangkan waktu sejenak untuk menjalin kebersamaan di tengah-tengah keluarga. Padahal, waktu berkumpul bersama itu adalah cara yang paling tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis di dalam keluarga. Maka dari itu perlu sebuah upaya yang dilakukan agar kebersamaan dapat terjalin dengan indah, misalnya dengan cara sebagai berikut:

1. Makan bersama

Sesibuk apapun pekerjaan Anda, ada baiknya meluangkan waktu sejenak untuk dapat berkumpul dan makan bersama keluarga. Nah, jika makan bersama tidak bisa Anda lakukan pada pagi atau siang hari, makan bersama di malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda saling berbagi perasaan, pengalaman, atau apa saja yang mungkin Anda alami sepanjang hari. DanĀ  jangan lupa untuk saling mendengarkan cerita satu sama lainnya, agar suasana semakin intim.

2. Tanggung jawab

Membangun keluarga yang harmonis tentu harus dilandasi dengan rasa tanggung jawab yang kuat. Rasa tanggung jawab ini dapat dimulai dari membuat daftar tugas rumah atau pekerjaan rumah tangga lainnya antar anggota keluarga. Ini dapat melatih Anda ataupun anggota keluarga lainnya untuk belajar arti tanggung jawab. Sehingga efek jangka panjangnya dapat berguna bagi anak Anda di masa depan.

3. Mengadakan perayaan

Perayaan atau tradisi keluarga memang sangat ampuh untuk menembuhkan rasa kebersamaan ditengah-tengah keluarga. Merayakan ulang tahun, atau membuat pesta kecil-kecilan saat menyambut momen-momen indah akan menjadi kesan yang tak terlupakan. Hal yang seperti ini, akan menjadi suatu kerinduan tatkala anggota keluarga saling berjauhan. Sehingga dengan rasa rindu yang luar biasa itu, setiap anggota keluarga akan berupaya untuk dapat berkumpul dan merayakannya bersama-sama.

4. Apresiasi

Hampir setiap orang sangat suka mendapatkan apreasiasi, tak terkecuali bagi anak-anak. Apalagi ketika ia berhasil memenangkan suatu acara atau perlombaan. Meng-apreasisi keberhasilannya dengan membuat pesta kecil-kecilan atau menyiapkan kado untuknya, akan menumbuhkan kehangatan yang selalu dirindukannya. Ia akan merasa jika dirinya adalah spesial bagi orang tuanya, sehingga muncul motivasi lain untuk si anak terus melakukan sesuatu yang dapat membanggakan orang tuanya.

5. Komunikasi

Hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan baik antar anggota adalah komunikasi. Walau pada kenyataannya, komunikasi yang baik masih sangat sulit untuk dilakukan. Dalam berkomunikasi antar anggota keluarga, Anda boleh menyampaikan seluruh perasaan Anda. Berkata jujur atas apa yang dirasakan, akan membuat hati menjadi tentram. Sambil bersama-sama mencari solusi yang tepat, atas semua permasalahan yang tengah dihadapi.

author
Author: 

    Leave a reply "Cara Menumbuhkan Rasa Kebersamaan di Tengah Keluarga"