Cara Menjaga Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Di bawah 5 Tahun

Cara Menjaga Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Di bawah 5 Tahun

 

Kebutuhan nutrisi setiap anak itu berbeda-beda. Biasanya anak usia di bawah 5 tahun membutuhkan nutrisi yang lebih besar, karena nutrisi yang diperoleh dari makanan dan minumannya akan berperan untuk pertumbuhan yang optimal. Jika anak kekurangan nutrisi, maka berbagai permasalahan nutrisi seperti sulit makan, atau anak pilih-pilh makanan dapat terjadi. Nah jika sudah seperti ini, tentu akan sangat mengkhawatirkan sekali bagi orang tua. Sehingga dibutuhkan cara agar anak bisa mendapatkan nutrisi makanan yang sehat dan seimbang setiap harinya.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menjaga asupan nutrisi bagi si kecil:

  1. Makan bersama keluarga merupakan cara yang paling ampuh untuk menambah nafsu makan anak. Saat seperti itu, orang tua bisa memperkenalkan berbagai makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuhnya. Hal tersebut dapat dilakukan secara bertahap untuk menu-menu makanan sehat lainnya. Jangan lupa memberikan puji-pujian kepada si anak, supaya memancing semangatnya untuk makan.
  2. Ukuran makanan yang sesuai akan membantu mempermudah si kecil untuk mengunyah dan menelan makanannya. Seperti buah-buahan segar, anak lebih cenderung menyukai jika buah-buahan yang disajikan untuknya sudah dalam potongan-potongan kecil. Dengan begitu buah-buahan dapat lebih mudah di lahap dalam satu kali gigitan saja.
  3. Pemilihan bahan makanan juga ternyata berpengaruh terhadap selera makan anak. Jika makanan yang diberikan matang atau empuk, akan memudahkan anak untuk menelan makanan tersebut. Bahkan anak akan semakin lahap untuk memakannya.
  4. Pemberian snack (cemilan) disamping makanan utamanya juga diperlukan untuk menghindari kebosanan. Cemilan sehat yang mengandung nutrisi yang baik, seperti susu, jus buah, puding, sereal, yoghurt dan roti akan membantu memperbaiki mood anak. Namun yang perlu diperhatikan saat pemberian camilan, adalah tidak berdekatan dengan saat waktu pemberian makanan utama. Sedikitnya 1 jam sebelum makanan utama diberikan, agar nafsu makanannya tidak hilang.
  5. Makanan yang itu-itu saja dapat menyebabkan anak kehilangan nafsu makan. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya orang tua mengatur variasi menu agar anak tidak bosan. Untuk mendapatkan variasi makanan yang sehat dengan nutrisi seimbang, Anda bisa melakukan pencairan di media cetak atau online. Dan jika diperlukan, konsultasi dengan ahli gizi akan sangat membantu untuk mengatur porsi makan yang sesuai.
  6. Intensitas waktu bermain juga diperlukan. Saat anak bermain dirumah atau bersama teman-temannya, tubuh anak akan memberikan respon alami yakni lebih cepat terasa lapar. Saat itu, orang tua bisa memperkenalkan makanan-makanan baru untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.
author
Author: 

    Leave a reply "Cara Menjaga Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Di bawah 5 Tahun"