5 Inspirasi Oleh-oleh Unik yang Mungkin Belum Pernah Terpikirkan

Jangan lupa oleh-olehnya yaa”. Merasa familiar dengan kalimat ini? Kalau iya, selamat! Kamu masih jadi bagian dari budaya kita. Sebenarnya kalimat tersebut hanyalah basa-basi belaka, padahal yang mereka hanya menginginkan kepulangan kamu dengan selamat. Cuma, ada juga yang memang mengatakan kalimat itu dalam artian yang sebenarnya. Kalau kenal baik sih, pasti dikasih. Kalau ngga? Yaa, baiknya dilemparkan senyuman saja.

Oleh-oleh Unik
Nah, siapa sih yang paling kita ingat untuk diberikan oleh-oleh yang berkesan. Keluarga di rumah, sudah pasti. Buah tangan untuk pasangan, wah ini sih pastinya nomor wahid.

Kalau sudah memastikan siapa yang akan diberikan oleh-oleh biasanya yang bikin bingung adalah “mau bawa apa?”. Gantungan kunci sudah biasa. Kalau beli makanan khas daerah setempat takut ngga doyan. Rasa khawatir dan was-was seperti takut oleh-oleh ngga terpakai atau bahkan terbuang pasti mampir.

Buat mengatasinya, berikut ini ada lima inspirasi oleh-oleh unik yang bisa jadi pilihan. Terutama oleh-oleh buat pasangan. Bahkan beberapa di antaranya mungkin belum pernah terpikirkan oleh banyak orang. Apa saja ya kira-kira, simak selengkapnya di sini!

1. Kumpulan foto polaroid

Pasangan atau orang terkasih kamu suka fotografi? Hmm, paling tepat nih kalau dikasih kumpulan foto polaroid hasil jepretanmu selama menjelajah tiap sudut kota ketika traveling. Apa yang membuatnya spesial? Secara hasil foto polaroid itu kan instan, jadi apa yang kamu jepret adalah apa yang akan muncul di kertas polaroid. Semakin terasa orisinilnya deh.

Ditambah lagi, kalau ada momen tak terduga yang tak sengaja tertangkap kamera. Makin membuat kumpulan foto polaroid sebagai oleh-oleh spesial yang bisa menggambarkan serunya perjalanan traveling kamu.

2. Pasir dari dasar laut

Wah, jenis oleh-oleh yang satu ini sih pas banget kalau destinasi liburan kamu adalah pantai. Tapi, perlu diingat, jangan sampai kita merusak alam dengan tindakan ini. Ambil setidaknya satu sendok teh pasir dan letakkan di dalam wadah kecil seukuran 50 ml.

Lalu kamu bisa menghias secukupnya dan lebih bagus lagi jika diselipkan tulisan berisi deskripsi dan cerita tentang laut tersebut. Niscaya, oleh-oleh ini akan amat berkesan apalagi kalau yang diberikan adalah mereka yang sangat menggilai laut dan pantai.

3. Mata uang negara asal

Oleh-oleh jenis satu ini memang kelihatannya mahal ya. Tapi, kan kamu bisa saja berikan pecahan yang tidak terlalu besar. Biasanya, pecahan mata uang yang jumlahnya tidak terlalu besar memiliki desain yang lebih unik dan menarik. Atau kalau kamu mau, kamu bisa saja mencari di negara tersebut pecahan mata uang klasik yang memang dijual khusus di tempat barang antik.

Oleh-oleh seperti ini akan sangat berkesan lho, terlebih kalau yang diberikan adalah tipe orang yang suka barang klasik dan memang senang mengumpulkan mata uang dari berbagai negara.

4. Rekaman video musisi jalanan

Percayalah, ini akan menjadi oleh-oleh yang sangat ciamik. Gimana ngga. Musisi jalanan di luar negeri biasanya memberikan pertunjukan yang ngga tanggung-tanggung. Apalagi kalau mereka perform di depan bangunan tua dengan ukiran khasnya, atau bisa juga di pinggir jembatan dengan pemandangan latar belakang sungai yang mengalir indah. Ya ampun, siapa pun pasti akan tersenyum lebar ketika diberikan oleh-oleh seperti ini.

Rekaman video musisi jalanan yang kamu kumpulkan bisa juga kamu kompilasi dan bahkan bisa juga ditambahkan catatan di kertas bertulisan tangan di beberapa frame video.

5. Itinerary lengkap dengan panduan traveling

Sebuah itinerary yang dilengkapi dengan panduan traveling bisa jadi sebuah oleh-oleh yang amat berkesan. Apalagi jika kamu tipe orang yang sangat suka menceritakan sesuatu dengan sangat rinci. Jika pasangan kamu adalah seseorang yang suka traveling, mungkin saja oleh-oleh seperti selain membuat terkesan bisa juga membuat dia semakin terinspirasi untuk fokus pada keinginannya mengunjungi destinasi impian.

Kamu bisa mengemas seluruh itinerary lengkap dengan panduan traveling karya kamu sendiri di dalam sebuah sketchbook. Lebih bagus lagi jika dipadukan dengan kumpulan foto polaroid untuk membuatnya menjadi lebih keren.

Itu tadi lima inspirasi oleh-oleh yang sepertinya belum terpikirkan oleh banyak orang dan bisa kamu tiru. Siapa tau, pasangan jadi terinspirasi untuk mengikuti jejak kamu dan traveling ke destinasi yang kamu kunjungi. Atau bisa jadi dia akan mengajak kamu untuk traveling bersama dan menjadikan angan-angan yang terbentuk dari oleh-oleh kamu menjadi nyata.

Jika itu benar terjadi, berarti langkah pertama yang harus kamu ambil adalah bandingkan harga hotel terbaik di Reservasi.com misalnya. Cari hotel murah di bogor sekarang dengan cara yang gampang. Apalagi jika kasusnya perjalanan yang dilakukan sifatnya dadakan. Ngga perlu ribet datang ke tempat hanya untuk booking hotel.

Sudah ada bayangan kan mau beri oleh-oleh apa saat kamu traveling nanti?

Leave a reply "5 Inspirasi Oleh-oleh Unik yang Mungkin Belum Pernah Terpikirkan"