Wajib Nikmati 5 Wisata Pantai Terindah di Sumatera Barat Ini

Eksotisnya wilayah barat di Sumatera sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi, ya. Rasa budaya dan adatnya yang amat kental membuat provinsi Sumatera Barat terasa begitu spesial.

5 Wisata Pantai Terindah di Sumatera Barat
Foto: shutterstock
Saking banyak tempat indahnya, masih banyak gunung, danau, dan lembah yang belum terjamah. Ini juga biasanya disebabkan oleh faktor tempat yang terpencil dan sulit diakses.

Bahkan, masih banyak pula masyarakat luas yang belum tahu kalau Sumatera Barat juga punya wisata pantai yang tak kalah indahnya dengan wilayah timur Indonesia. Kalau kamu tanyakan ke warga lokal pun, pasti ada saja yang mengaku kalau belum pernah mengunjunginya.

Kalau kamu kebetulan sedang berkunjung ke sekitarnya, paling tidak sempatkan lah barang sebentar untuk menikmati matahari terbenam di langit barat Indonesia ini.

Jadi penasaran kan di mana saja sih pantai indah di wilayah Sumatera Barat yang wajib dikunjungi? Mari kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Foto: marischkaprudence.blogspot.co.id
Ini adalah pantai yang menjadi favorit para wisatawan baik dari lokal maupun turis mancanegara. Kalau kamu penasaran dengan legenda Malin Kundang, nah di pantai ini juga kamu bisa menemukan batu legendaris tersebut.

Pantai Air Manis memiliki dua bagian pulau yang dua-duanya bisa kita jelajahi selagi ke sana. Amat mudah kok aksesnya. Di sini seru pula, ada pulau kecil yang bernama Pulau Pisang Kecil yang bisa dikunjungi.

Saat air laut sedang surut kita bisa mengelilinginya dengan berjalan kaki di atas genangan air yang tidak terlalu tinggi. Namun, ketika air sudah mulai pasang kita harus menggunakan perahu atau sampan untuk kembali ke pulau utama.

Di dekat Pantai Air Manis ini juga merupakan lokasi favorit untuk melakukan wisata paragliding. Kita bisa memulai titik awal terbang dari ujung bukit yang berada tidak jauh dari sisi pantai.

Wah, pantai ini lengkap ya. Mau wisata keliling pantai, bisa. Wisata berselancar bisa. Untuk paragliding, apalagi.

Jadi jangan lupa untuk memasukkan Pantai Air Manis ke dalam daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi saat ke wilayah Sumatera Barat nanti, ya.

2. Pantai Padang

Pantai Padang
Foto: tripadvisor.com
Satu lagi lokasi untuk wisata pantai yang bisa jadi alternatif pilihan. Pantai yang berjarak lima menit berjalan kaki dari salah satu hotel populer di Indonesia Mercure Padang ini wajib kamu kunjungi.

Apalagi kalau malam hari, tempat ini ramai diburu para pengunjung yang ingin menikmati wisata pantai malam hari. Di sini kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan di sepanjang jalan.

Di sini kamu juga bisa sekadar bersantai atau berfoto dengan latar belakang pantai dan tulisan kota Padang. Sekadar saran, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah ketika sore hari.

Jadi kamu bisa dengan maksimal menikmati keindahan alam sekitar tanpa terganggu matahari yang terlalu terik. Saat menjelang matahari terbenam juga para penjual makanan akan makin beragam, jadi bisa sekaligus wisata kuliner.

3. Pantai Pagang

Pantai Pagang
Foto: theescape.se
Pasir putih yang terhampar luas di sepanjang garis pantai bisa dibilang adalah daya tarik utama Pantai Pagang. Lokasinya terletak di Padang, Sumatera Barat.

Sepucuk pulau mungil yang melayang di tengah lepas pantai adalah hiasan indah yang membuat pantai ini semakin dicintai para pengunjung.

Saat kamu sudah merasa penat dan lelah dengan keramaian kota, nampaknya pantai ini bisa jadi tempat yang tepat untuk kamu melakukan pelarian. Cukup melangkah beberapa jauh, kamu akan menemukan pantai tenang ini.

Saking tenangnya, bisa dibilang kalau Pantai Pagang adalah surga tersembunyi yang dimiliki oleh Sumatera Barat. Dengar-dengar, pantai ini juga pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di sana, lho.

4. Pantai Carocok

Pantai Carocok
Foto: wisatapainan.wordpress.com
Pantai Carocok Painan adalah pantai yang amat terkenal di pulau Sumatera, terlebih Sumatera Barat. Panorama yang ditawarkan juga tak kalah indah dengan pantai lain yang sudah disebutkan di atas.

Tidak heran juga kalau Pantai Carocok ini adalah salah satu tempat wisata favorit warga sekitar, maupun dari luar. Bahkan wisatawan mancanegara pun banyak yang tahu dan mengetahui keindahan pantai ini, lho.

Sesampainya kita di Pantai Carocok, kita akan langsung disambut dengan air laut berwarna biru yang berpadu dengan birunya langit. Seolah tidak ada garis pemisah antara keduanya. Kemudian, ketika melemparkan pandangan lebih jauh sedikit kita bisa melihat keindahan jembatan yang membelah dan membentang panjang lautan.

Banyak yang menyarankan, untuk menikmati keindahan pantai ini dengan lebih maksimal sebaiknya atur kunjungan kamu di sore hari. Niscaya pemandangan indah dan epik akan kamu saksikan berkat siluet jembatan tadi yang tercipta oleh semburat cahaya senja.

5. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan
Foto: telusuriindonesia.com
Pantai yang terletak di pulau dengan nama yang sama ini memiliki hamparan pasir putih luas dengan air laut yang bening. Uniknya, air laut di sekitar pantai dan pulau ini seperti terbagi tiga.

Permukaan air yang paling pinggir berwarna bening, kemudian disusul dengan permukaan air yang kehijauan, lalu kemudian lebih ke tengah lagi menjadi berwarna biru. Tingkat kedalamannya lah yang membuatnya menjadi demikian.

Saat datang ke pantai ini kita akan merasa seperti memiliki pantai pribadi yang dikelilingi dengan pulau-pulau pribadi. Jadi makin penasaran kan buat mengunjunginya?

Gimana? Sudah semakin kuat kan sekarang niat buat jalan-jalan ke Sumatera Barat? Apalagi kalau kamu ada kesempatan mudik ke sana, wajib datang ke pantai-pantai di atas sebelum balik ke Jakarta. Kalau ngga mudik ke sana, ngga usah khawatir, tinggal pesan tiket pesawat dan pesan hotel di situs booking hotel yang banyak promonya seperti Reservasi.com.

Leave a reply "Wajib Nikmati 5 Wisata Pantai Terindah di Sumatera Barat Ini"