Persiapan Fisik Sebelum Berangkat Umroh

No comment 450 views

Persiapan Fisik Untuk Berangkat Umroh
Melaksanakan ibadah Umroh memang bukan perkara yang mudah, selain membutuhkan materi yang cukup, fisik untuk menjalankan tahap demi tahap pelaksanaan ibadah juga diperlukan. Cuaca di tanah suci yang sangat panas, membutuhkan fisik yang kuat agar mampu bertahan sehingga tidak mengganggu kelancaran beribadah. Bagi Anda yang sudah pernah ke tanah suci sebelumnya, mungkin sudah mengenali betul bagaimana kondisi iklim disana, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan olah fisik untuk persiapan berangkat umroh.

Namun bagi mereka yang belum tau sama sekali tentang kondisi iklim di tanah suci, membutuhkan latihan fisik yang lebih berat untuk menyesuaikan tubuh dengan kondisi saat menunaikan ibadah umroh. Maka dari itulah, pentingnya persiapan umroh dengan cara latihan fisik terlebih dahulu sebelum berangkat ke tanah suci. Nah, untuk membantu Anda dalam mempersiapkan fisik sebelum Umroh, berikut adalah latihan yang bisa Anda lakukan.

  1. Menyesuaikan tubuh dengan kondisi cuaca panas di tanah suci bisa dilakukan dengan cara membiasakan diri untuk berjalan di terik matahari. Dengan cara ini, sedikitnya bisa membantu Anda menyesuaikan tubuh dari cuaca yang sangat panas. Namun perlu diperhatikan juga, bagi Anda yang sebelumnya jarang terkena terik matahari, lakukan latihan ini secara perlahan-lahan/ bertahap. Mulailah dari 3 hari sekali, hingga setiap hari, sambil melihat kondisi tubuh apakah mampu bertahan dari cuaca yang panas tersebut. Jika tubuh menunjukkan tanda-tanda tidak mampu, maka jangan dipaksakan. Istirahatkan dulu selama beberapa hari, hingga tubuh Anda benar-benar siap untuk mengikuti latihan ini lagi.
  2. Olahraga yang rutin juga sangat membantu sekali untuk melatih fisik sebelum berangkat Umroh. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berlari, berjalan, bersepeda dan sebagainya. Dengan rutin berolahraga, tubuh Anda tidak akan cepat lelah, sehingga ibadah Umroh Anda bisa berjalan dengan lancar.
  3. Vaksinasi juga merupakan salah satu bentuk dari persiapan fisik untuk menghadapi cuaca panas dan penyebaran virus berbahaya. Biasanya biro perjalanan Umroh akan menjelaskan hal tersebut kepada Anda dan meminta Anda untuk melakukan vaksinasi Meningitis sebelum melakukan perjalanan ke tanah suci. Vaksin meningitis diperlukan untuk melindungi tubuh dari virus yang dapat menyebar melalui udara yang panas, sehingga Anda tetap dalam keadaan sehat saat berada di tanah suci hingga sampai ke rumah.
  4. Selain latihan fisik, mengatur pola makan juga erat kaitannya dengan kesehatan fisik. Maka dari itu perlu memberlakukan jadwal menu makanan yang dikonsumsi, sehingga kesehatan Anda tetap terjaga sebelum dan ketika sampai di tanah suci.

Leave a reply "Persiapan Fisik Sebelum Berangkat Umroh"