Inilah Variasi Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes

Olahraga bagi Penderita Diabetes
Pengidap diabetes sering kali merasa khawatir bila ingin berolahraga. Keresahan mengalami gangguan kesehatan akibat olahraga memang bisa mengurungkan niat untuk beraktivitas fisik. Namun, jangan sampai anggapan keliru seperti ini mempengaruhi kita, ya. Karena, tubuh kita tentunya tetap butuh aktivitas olahraga agar tetap bugar.

Selain konsumsi obat diabetes, ternyata variasi olahraga ini juga bisa membuat kita yang mengidap diabetes jadi lebih bugar :

Jalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling aman bagi penderita diabetes. Karena, jenis olahraga yang satu ini tidak membuat tubuh kita rentan cidera. Kita hanya perlu menyiapkan waktu senggang selama 30 menit sampai 1 jam untuk berjalan kaki. Gunakanlah alas kaki yang nyaman agar kita leluasa bergerak. Tubuh pun akan terasa lebih bugar bila kita rutin berjalan kaki.

Yoga

Olahraga yang satu ini memang sangat baik bagi semua kalangan usia. Selain tidak membuat kita mudah lelah, yoga juga membantu kita untuk mengatur sistem pernapasan. Otot-otot tubuh akan senantiasa lentur dan merasa nyaman kalau kita melakukan yoga secara teratur. Bonusnya, kemampuan untuk berkonsentrasi pun meningkat bila kita berhasil menguasai yoga dengan baik.

Angkat Beban

Pengidap diabetes yang juga mengalami kondisi neuropati diabetik (gangguan saraf akibat penyakit diabetes) memang tidak disarankan untuk melakukan olahraga angkat beban. Namun, pengidap diabetes yang tidak mengalami masalah saraf masih boleh melakukan aktivitas angkat beban. Karena, olahraga yang satu ini akan melatih kekuatan otot dan ketahanan fisik. Intensitas angkat beban dapat ditingkatkan bila kita sudah lebih terbiasa melakukannya.

Renang

Aktivitas renang juga tidak kalah bermanfaat bagi pengidap diabetes. Karena renang bisa meminimalkan risiko cidera atau luka. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berenang. Agar otot-otot dan sendi siap berolahraga dan tidak mudah cidera.

Jangan takut merasa kelaparan ketika hendak berolahraga. Kita boleh menyantap camilan sehat untuk memenuhi kebutuhan energi sebelum berolahraga. Salah satu camilan yang paling tepat untuk kita adalah buah pisang. Mau tahu kenapa buah pisang baik untuk pengidap diabetes?

Yuk simak ulasan informasinya berikut ini :

https://www.gorrygourmet.com/article/view/235/4-alasan-kenapa-pisang-cocok-menjadi-cemilan-sehat

Nanti kita pasti tidak akan ragu lagi berolahraga dan menyantap camilan sehat meskipun kita mengidap diabetes. Yuk, lekas pilih dulu olahraga yang kita inginkan dan bersiaplah lebih bugar dan bersemangat!

Leave a reply "Inilah Variasi Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes"