Cara Mudah Mengobati Diabetes dengan Berolahraga

No comment 211 views

Mengobati Diabetes dengan Berolahraga
Resiko terkena diabetes, bisa terjadi pada siapapun tanpa adanya batasan usia. Orang tua maupun yang masih remaja, punya peluang yang sama mengalami gangguan kesehatan ini. Pola makan yang buruk dan gizi yang tidak seimbang sering sekali menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes. Jika hal tersebut tidak langsung diatasi, maka sangat mungkin masalah yang lebih serius akan dialami oleh penderita diabetes.

Diabetes sejatinya bisa dihilangkan dengan mudah bila melakukan pola makan yang tepat. Selain itu cara mengobati diabetes dengan aktivitas fisik juga dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah penyebab masalah diabetes. Meskipun menurut beberapa ahli, pengaruh aktivitas fisik seperti berolahraga tidak begitu besar, namun bagi penderita diabetes dokter tetap menyarankan untuk melakukan olahraga secara teratur setiap hari.

Nah, jika Anda ingin melakukan olahraga untuk mengobati diabetes, ada beberapa hal penting yang sebaiknya Anda ketahui. Diantaranya adalah:

1. Ketahui Kemampuan Fisik Anda

Setiap tubuh memiliki kemampuan yang berbeda-beda, terutama bagi mereka yang sudah berada di usia 40 tahun-an. Jika Anda sudah berada pada usia itu, sebaiknya hindari melakukan olahraga yang berat dan dalam jangka waktu yang lama. Sebab, dikhawatirkan fisik Anda tidak sanggup melakukannya. Olahraga berjalan, jogging atau bersepeda sangat cocok sekali untuk Anda yang sudah memasuki usia 40 tahun-an. Lakukan olahraga ini selama 30 menit dan diselingi dengan istirahat selama 20 menit. Itu sudah cukup membantu untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh.

2. Jenis Olahraga yang Tepat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak semua orang bisa melakukan olahraga yang berat. Nah jika kamu rasa fisik kamu tidak begitu kuat, maka olahraga seperti Aerobik juga sudah cukup untuk membuat tubuh kamu berkeringat. Akan tetapi sebelum melakukan Aerobik sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan bisa dengan cara berjalan selama 10 menit dan setelahnya bisa dilanjutkan dengan senam Aerobik.

3. Konsumsi Air Putih

Aktifitas fisik lainnya yang dapat membantu mengobati diabetes adalah dengan konsumsi air putih yang cukup. Usai berolahraga tubuh biasanya akan kehilangan banyak sekali cairan. Jika hal tersebut terus terjadi, maka tubuh akan menjadi lemas, nah agar tubuh Anda kembali segar, maka perbanyaklah konsumsi air putih untuk menggantikan cairan yang hilang. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi setelahnya, sedikit buah-buahan segar juga sangat membantu untuk mengembalikan stamina tubuh yang hilang.

Leave a reply "Cara Mudah Mengobati Diabetes dengan Berolahraga"