Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Minum Susu Ibu Hamil

No comment 184 views

Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Minum Susu Ibu Hamil
Kewajiban minum susu Ibu hamil memang masih menjadi perdebatan dikalangan Ibu-ibu sampai dengan saat ini. Ada yang menganggap  bahwa minum susu Ibu hamil itu tidak wajib, namun justru ada juga yang beranggapan kalau minum susu Ibu hamil sangat nyata manfaatnya, sehingga tidak ada keraguan lagi untuk meminumnya. Namun terlepas dari polemik itu semua, ternyata tidak semua orang yang memilih tidak minum susu Ibu hamil dikarenakan memang tidak suka. Ada yang justru sangat ingin meminum namun terkendala rasa mual yang sangat hebat yang biasa terjadi di masa kehamilan.

Mungkin Ibu-ibu pernah mengalami hal seperti ini, rasa mual seketika muncul ketika ingin meminum susu. Tentu perasaan ini sangat menyiksa sekali, jangankan untuk meminumnya, bahkan untuk sekedar mencium aroma susu saja bisa memicu perut untuk mual dan muntah. Nah, jika sudah seperti ini kondisinya, akan sangat sulit untuk mendapatkan asupan gizi dari susu Ibu hamil. Maka dari itu, agar kondisi ini tidak berlarut-larut, maka diperlukan upaya untuk mengatasi rasa mual saat minum susu Ibu hamil. Jika Ibu adalah salah satunya yang mengalami masalah ini, berikut tips mengatasi mual dan muntah yang bisa diterapkan;

1. Atur Takaran Susu

Mengatur takaran susu memang sangat diperlukan terlebih jika Ibu merasakan mual saat minum susu Ibu hamil. Caranya sangat mudah,di hari pertama Ibu bisa mengatur takaran berupa 1 sendok dengan 1/3 gelas air. Tujuannya agar membiasakan tubuh untuk bisa menerima susu dalam jumlah yang sedikit. Nah, jika dirasa itu sudah cukup ampuh menangkal rasa muntah, di hari berikutnya Ibu boleh menambah takaran susu menjadi 2 sendok dan 3/4 gelas air, sambil mengamati pengaruhnya. Jika tidak ada masalah Ibu bisa menaikkan takaran sesuai dengan yang Ibu butuhkan.

2. Minum Susu Sesudah Makan

Menghilangkan efek mual juga bisa dilakukan dengan meminum susu sesaat setelah makan. Tubuh yang sudah mendapatkan asupan makanan terlebih dahulu, dapat meredam rasa mual saat susu diminum. Sehingga tubuh perlahan akan terbiasa menerima rasa/aroma susu yang amis.

3. Pilih Rasa yang Disukai

Kebanyakan Ibu hamil enggan mengkonsumsi susu dengan rasa original (cream). Sebab susu dengan rasa original sangat amis dilidah dan dapat memicu rasa mual dan muntah. Sebagai alternatifnya, Ibu bisa mengkonsumsi susu yang memiliki rasa/aroma yang lebih kuat seperti Coklat dan Strawberry. Sehingga dapat menyamarkan bau khas susu dan mencegah munculnya rasa mual.

author
Author: 
i'm blogger

Leave a reply "Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Minum Susu Ibu Hamil"