Mengapa Menghitung Usia Kehamilan Sangat Penting?

No comment 156 views

Menghitung Usia Kehamilan

Bagi seorang wanita yang telah menikah, momen kehamilan merupakan suatu hal yang sangat penting dan dinanti-nantikan. Tak jarang, berbagai upayapun akan ditempuh agar bisa secepatnya hamil meski baru memasuki bulan pertama pernikahan, termasuk saat menghitung masa subur, hingga haid terakhir yang menandakan awal terjadinya kehamilan. Jika hal itu sudah bisa dirasakan, maka mulai dari sinilah menghitung usia kehamilan dapat segera dilakukan, agar Ibu beserta suami bisa mengatur rencana untuk kedepannya, termasuk menyambut kelahiran.

Bicara soal usia kehamilan, sebenarnya hal ini bisa diketahui dengan beberapa cara. Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan melakukan penghitungan secara manual menggunakan Kalender (hari pertama dihitung berdasarkan haid terakhir). Atau dengan cara yang paling mudah yakni dengan melakukan pemeriksaan medis menggunakan sebuah alat yang bernama USG. Bedanya, menghitung usia kehamilan dengan USG bisa dikatakan lebih akurat dibandingkan dengan sistem Kalender. Bahkan keakuratan perhitungan usia kehamilan dengan USG bisa mencapai 90%. Namun itu semua kembali lagi pada pilihan masing-masing, sebab jika memilih pemeriksaan kehamilan dengan USG, tentu ada biaya yang harus Anda keluarkan.

Terlepas dari cara apa yang akan Anda gunakan, penting diketahui bahwa menghitung usia kehamilan itu memang sangat diperlukan. Dan sedikitnya ada 3 manfaat yang bisa dirasakan secara langsung;

1. Untuk Mengetahui Perkembangan Janin

Setiap janin memiliki fase pertumbuhan yang mengikuti usia kehamilan. Jika Ibu telah melakukan perhitungan usia kehamilan, maka sudah tentu Ibu bisa menebak berapa usia janin yang Ibu kandung dan apa saja yang seharusnya yang sudah bisa dilakukan pada usia janin saat itu. Misalnya, pada janin yang telah memasuki trimester kedua, biasanya janin sudah akan menunjukkan pergerakan, seperti menendang. Namun, jika pada trimester kedua itu Ibu tidak merasakan adanya pergerakan apapun, maka Ibu bisa segera melakukan konsultasi kepada dokter kandungan untuk melihat apakah ada masalah dengan kandungan Ibu atau tidak. Jika ada masalah dengan janin, maka dokter pun bisa segera melakukan penanganan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada kandungan Ibu.

2. Mempersiapkan Cuti Melahirkan

Bagi Ibu yang bekerja, menghitung usia kehamilan juga sangat diperlukan dalam rangka mempersiapkan cuti melahirkan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, perusahaan manapun tidak akan membenarkan adanya cuti mendadak bagi karyawannya, apalagi untuk alasan melahirkan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui usia kehamilan agar Ibu bisa mempersiapkan waktu yang tepat untuk cuti. Yah.. paling tidak  1 minggu sebelum melahirkan Ibu sudah harus mengajukan surat cuti, agar proses persalinan Ibu tidak terganggu oleh peraturan kantor.

3. Mempersiapkan Kelahiran si Buah Hati

Hal terakhir yang menjadi alasan mengapa menghitung usia kehamilan begitu penting adalah karena menyambut kelahiran juga berarti harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk tempat persalinan (klinik/rumah sakit) dan aneka keperluan untuk si buah hati. Untuk hal ini, biasanya segala keperluan seperti  baju bayi, popok, tempat tidur, perlengkapan mandi, dan perlengkapan untuk Ibu melahirkan  sudah bisa dipersiapkan ketika usia kandungan telah memasuki usia 8 bulan. Saat itu pula Ibu sudah bisa melakukan kemas-kemas barang yang akan dibawa ke klinik/rumah sakit dalam sebuah tas yang bisa sekali bawa. Sehingga bila tiba saatnya melahirkan, tidak ada lagi yang tertinggal dan Ibu bisa konsentrasi untuk menyambut kelahiran si buah hati.

author
Author: 
i'm blogger

Leave a reply "Mengapa Menghitung Usia Kehamilan Sangat Penting?"