Ini Alasan Mengapa pada Saat Mengandung, Ibu Harus Minum Susu.

Saat mengandung, tubuh Ibu akan kehilangan banyak sekali zat gizi ataupun mineral-mineral penting yang berguna untuk tubuh dan juga janin yang dikandungnya. Jika hal tersebut tidak segera mendapatkan penanganan, dikhawatirkan akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan keduanya. Cara yang paling mudah untuk mencegah kehilangan zat gizi pada saat mengandung adalah dengan rutin meminum susu ibu mengandung yang kini telah tersedia dengan berbagai merek. Hal tersebut memang sudah terbukti secara klinis, bahwa dengan meminum 3 gelas susu setiap hari maka kebutuhan kalsium, protein, dan vitamin D bagi janin akan terpenuhi, sehingga janin dapat berkembang dengan baik.

Susu Ibu Mengandung

Selain berperan penting menjaga janin dan rahim tumbuh dengan baik, ternyata susu ibu mengandung juga memiliki dampak positif pasca melahirkan. Bayi yang lahir dengan kondisi Ibu yang rutin meminum susu saat mengandung, akan lebih tahan terhadap serangan Diabetes. Selain itu, bayi yang dilahirkan akan memiki bobot dan tinggi yang lebih dibandingkan dengan Ibu yang tidak pernah meminum susu semasa mengandung.

Namun meskipun sudah ada penelitian yang membuktikan, namun meminum susu ibu mengandung masih saja menjadi kontroversi, karena ada yang beranggapan bahwa zat gizi bisa didapatkan dari makanan yang dimakan sehari-hari. Jadi apapun itu kembali lagi pada pilihan Ibu masing-masing, namun satu hal yang pasti yang sebaiknya Ibu ketahui terlebih dahulu adalah, apa saja sih sebenarnya manfaat susu ibu mengandung itu? Nah, untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, silahkan simak ulasan berikut ini.

Manfaat Minum Susu Ibu Mengandung

1. Kandungan Kalsium pada Susu

Susu untuk ibu mengandung memang sengaja diformulasikan mengandung kalsium yang lebih tinggi dibandingkan susu pada umumnya. Hal tersebut dipersiapkan agar janin yang dikandung dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Selain itu, kalsium dalam susu juga berguna untuk menjaga tubuh Ibu dari pengeroposan tulang serta mengurangi nyeri-nyeri pada tulang karena menahan beban yang cukup berat saat janin mulai membesar.

2. Kandungan Protein pada Susu

Selain kalsium, protein juga sangat dibutuhkan semasa hamil. Kekurangan protein dapat menyebabkan berkurangnya berat janin yang dikandung. Protein bisa didapatkan dari makanan seperti kacangan-kacangan dan juga susu. Maka dari itu, meminum 3 gelas susu setiap hari sudah mencukupi kebutuhan protein harian janin yang Ibu kandung.

3. Sumber Vitamin D

Vitamin D sangat berguna untuk menjaga bobot bayi tetap dalam keadaan normal. Dalam setiap gelas susu, memenuhi 59% kebutuhan vitamin D untuk janin. Sisanya bisa diperoleh saat Ibu rutin berolahraga pagi atau berjemur di panas matahari pagi mulai pukul 7.00 – 9.00 WIB.

4. Mengandung AHA & DHA

AHA & DHA sangat penting untuk perkembangan sel otak dan pembentukan syaraf pada janin. Sehingga bayi yang dilahirkan nanti akan lebih aktif dan cerdas. Maka dari itu sangat penting meminum susu saat mengandung, agar bayi yang Ibu lahirkan nanti dapat tumbuh sehat dan cerdas.

5. Meredakan Rasa Mual

Semasa mengandung, mungkin Ibu pernah mengalami rasa mual yang sangat hebat dan disertai dengan muntah. Hal seperti itu biasa disebut dengan istilah morning sickness. Meskipun tidak semua Ibu mengandung mengalami hal ini, namun cara yang cukup ampuh untuk mengusir morning sickness adalah dengan meminum susu dingin. Susu dapat menetralkan asam lambung sehingga rasa mual akan ikut hilang besertanya.

Leave a reply "Ini Alasan Mengapa pada Saat Mengandung, Ibu Harus Minum Susu."