Tips Memilih Kamera DSLR Bagi Pemula

2 comments 338 views

harga kamera DSLR Canon

Kamera sudah menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang, yang biasa digunakan untuk mengabadikan momen-momen berharga yang dialami sepanjang hari. Meskipun saat ini telah hadir berbagai perangkat yang dapat digunakan untuk mengambil gambar seperti Smartphone dan Action Cam, namun kehadiran DSLR masih saja tidak dapat tergantikan oleh apapun. Bahkan inovasi-inovasi terbaru pun terus dilahirkan untuk membuat kualitas kamera DSLR semakin baik, seperti yang dilakukan oleh brand ternama, Canon yang selalu mengeluarkan seri kamera DSLR dengan kemampuan yang semakin canggih. Bahkan walau dengan harga kamera DSLR Canon yang terbilang mahal sekalipun, tak menyurutkan seseorang untuk membeli kamera DSLR sesuai dengan kebutuhannya.

Nah, ngomong-ngomong soal kamera DSLR tentu tidak semua orang mampu memilih kamera DSLR secara tepat. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula, banyaknya merek kamera DSLR yang beredar dipasaran dengan spesifikasi yang beragam tentu akan sangat membingungkan sekali untuk Anda menemukan kamera DLSR yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi tak perlu khawatir, meskipun terasa Anda tetap bisa untuk mencoba memilih kamera DLSR sendiri, berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli kamera DLSR yang dengan sesuai untuk seorang pemula.

1. Apa Tujuan Anda Membeli Kamera DSLR?

Tentu ada bermacam alasan seseorang untuk membeli kamera DLSR. Mulai dari sekedar untuk mengikuti trend (gaya-gayaan), untuk belajar fotografi hingga untuk keperluan pekerjaan. Jika, Anda adalah seorang pemula yang ingin belajar fotografi, tentu kamera DLSR yang Anda butuhkan tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Anda bisa mulai dari dasar, dengan menggunakan kamera Canon berlensa kit 18-55 mm. Dari sini saja, jika Anda telah mahir menggunakannya, gambar yang dihasilkan pun bisa sangat bagus hasilnya. Dan saat kemampuan Anda sudah mantap, maka Anda bisa meng-upgrade lensa tele dengan jarak fokus 18-200 atau lebih tinggi lagi.

2. Berapa Budget yang Anda Punya?

Harga kamera DSLR memang berbeda dengan kamera lainnya, jika Anda tidak punya cukup budget, Anda bisa membeli kamera DSLR dengan range harga mulai dari 4 jutaan – 5 jutaan saja. Tapi jangan khawatir, untuk kamera DSLR dengan range harga segitu, sepertinya sudah cukup baik untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus. Sambil Anda menabung dan mempersiapkan budget yang lebih besar untuk kamera DSLR yang lebih canggih lagi. Atau jika Anda rasa budget segitu masih jauh dari jangkauan Anda, Anda bisa membeli kamera DSLR secound berkualitas dengan harga yang jauh lebih murah. Akan tetapi untuk hal ini, Anda harus didampingi oleh yang lebih ahli/berpengalaman, agar Anda tidak tertipu nantinya.

3. Merek Kamera DSLR Apa yang Anda Inginkan?

Banyak orang percaya jika merek kamera DSLR mempengaruhi hasil gambar. Makanya jangan heran, jika seorang fotografer pasti memiliki kamera DSLR lebih dari 1. Sebab ada beberapa merek DLSR yang unggul dalam mengambil gambar di tempat yang minim cahaya, seperti Canon. Namun, itu kembali lagi pada tujuan Anda membeli kamera DSLR. Jika Anda rasa aktifitas fotografi Anda akan lebih banyak di dalam ruangan, maka kamera DSLR yang sebaiknya Anda pilih adalah kamera yang mampu melakukan hal itu dengan baik.

4. Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli?

Kapanpun Anda yakin dengan keputusan Anda, maka Anda bisa segera mendatangi toko-toko yang menjual kamera DSLR. Dan sebagai tambahan, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi barang yang Anda beli. Mulai dari on/off nya hingga fitur-fitur kamera DSLR harus betul-betul berfungsi. Selain itu, kelengkapan lainnya seperti charger, kabel data, manual book hingga garansi harus benar-benar tersedia dalam kotak. Dan jangan segan-segan untuk menanyakan apakah Anda bisa mendapatan bonus yang biasanya berupa tas kamera, SD card, ataupun tripod pada pihak toko.

author
Author: 
i'm blogger
  1. author

    Ucig7 months ago

    Kebayang setting manualnya mbaa, aku blm punya kamera DSLR. Penasaran mau nyobain

    Reply
  2. author

    CatatanRia7 months ago

    dari dulu pengen banget bisa punya DSLR huhuhu tp mahal gak masuk budget 🙁

    Reply

Leave a reply "Tips Memilih Kamera DSLR Bagi Pemula"