Tips Membeli Genset Berkualitas Sesuai Kebutuhan

2 comments 316 views

Jual Genset Bensin

Dengan berkembangnya teknologi informasi, penggunaan listrik sudah menjadi darah daging setiap orang di dunia ini. Aktifitas keseharian seperti perkantoran, pertokoan akan terhambat apabila terjadi pemadaman listrik baik secara mendadak atau yang telah dijadwalkan.

Masalah pemadaman listrik ini selalu menjadi masalah pokok, karena bagaimanapun listrik adalah kebutuhan utama untuk menghidupkan peralatan – peralatan elektronik seperti komputer, printer dan peralatan elektronik lainya. Sehingga pada beberapa perusahaan besar, mereka memutuskan untuk memasang genset sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut, guna menutup cela ketidakproduktivan bekerja akibat pemadaman listrik.

Namun tak hanya perusahaan besar saja. Pada sebagian rumah khususnya perumahan, sudah mulai memanfaatkan genset meninjau pentingnya alat ini untuk menunjang aktivitas yang akan terhambat jika listrik padam.

Sejauh ini genset bensin masih menjadi primadona dan hampir dipakai untuk rumah atau kantor – kantor dengan daya rendah. Harga jual genset bensin terpaut bila dibandingkan genset diesel atau semacamnya.

Namun jangan terlalu cepat memutuskan. Sebelum membeli genset, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar genset yang dipilih berkualitas dan sesuai kebutuhan. Berikut pemaparannya.

1. Sesuaikan Kebutuhan

Mulailah menghitung kebutuhan listrik yang akan dipergunakan. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengamati kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah. Tentukan juga berapa besar daya genset yang dibutuhkan. Misalnya seperti berikut.

Untuk keperluan genset dengan daya kurang lebih 6000 watt. Disarankan memilih genset dengan kapasitas daya 10.000 watt. Mengapa demikian, asumsikan saja 80% x 10.000 = 8000 watt. Daya yang dipakai dari genset tersebut kurang lebih 8000 watt. Sehingga jika nantinya ada penambahan daya dari barang elektronik tambahan. Anda tidak perlu lagi membeli genset baru dengan daya lebih besar.

Apabila hanya membutuhkan daya kurang lebih 8000 watt, Pilihan paling tepat adalah memilih genset bensin, mengapa? Selain harga jual genset bensin tidak mahal. Daya yang dihasilkan pun cukup besar.

2. Pilihlah Genset Sesuai Budget

Harga genset memang tergolong relatif mahal, sehingga perlu disesuaikan dengan budget yang tersedia. Misalnya genset ingin dipasang pada rumah rumah yang tidak membutuhkan banyak daya, maka memilih genset bensin adalah pilihan yang tepat. harga jual genset bensin tidak terlalu mahal bila dibandingkan genset lainya. Selain harga jual genset bensin yang cukup terjangkau, penggunaan dan aplikasinya pun mudah. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan biaya installasinya. Instalasi berfungsi untuk mengatur kapan daya litrik dipergunakan dan kapan daya listriknya dipindahkan ke genset.

Begitu juga jika ingin membeli genset untuk pabrik atau perkantoran. Membeli genset bensin dengan alasan harga jual genset bensin yang lebih murah tentu bukan pilihan yang bijak. Meskipun harga jual genset bensin lebih murah, namun kapasitas yang ditampung tidak dapat mengcover perusahaan atau pabrik besar, sehingga sangat disarankan menggunakan genset berbahan bakar diesel yang memiliki kapasitas daya hingga 2Mw (2.000.000 watt).

3. Bahan Bakar Genset yang Mudah Didapatkan

Carilah genset dengan bahan bakar yang mudah didapatkan. Misalnya bahan bakar bensin atau solar. Karena alasan inilah genset bensin menjadi primadona dan paling banyak dipakai.

Sangat tidak disarankan membeli genset yang bahan bakarnya susah didapat. Karena Anda pasti repot ketika bahan bakarnya habis. Disarankan juga ketika telah membeli genset, letakkan pada tempat – tempat yang aman, lebih baik jika disediakan tempat atau ruangan khusus yang ketika dioperasikan suaranya tidak mengganggu.

Dari berbagai penjabaran diatas, memang genset bensin sangat cocok dipakai khususnya untuk rumah – rumah atau kantor yang tidak membutuhkan daya besar. Namun ingat, tetap sesuaikan harga jual genset bensin yang akan Anda beli dengan kebutuhan. Sesuaikan juga dengan merk dan fasilitas yang ditawarkan.

author
Author: 
i'm blogger
  1. author

    nitalanaf5 months ago

    Genset itu ternyata ada ukuran watt yang beda2 juga ya, mba. Saya sering lihat pemakaian genset itu di rumah murid, karena memang ortunya buka usaha di rumah.

    Reply
  2. author

    Yasinta Astuti5 months ago

    Makasi mbak tipsnya 😀
    Genset emang butuh apalagi buat yang listrik selalu on 😀

    Reply

Leave a reply "Tips Membeli Genset Berkualitas Sesuai Kebutuhan"