Mengapa Manasik Umroh Itu Penting Dilakukan?

1 comment 589 views

Manasik Umroh

Menjadi tamu Allah SWT pada pelaksanaan umroh pasti impian hampir setiap muslim. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Jangankan untuk menunaikan rukun islam yang kelima, untuk menunaikan ibadah umroh saja belum semua orang mampu melakukannya. Tapi, jangan berkecil hati dulu, menjadi tamu Allah SWT tidak melulu harus memiliki harta saja, karena sejatinya Allah SWT lah yang punya hak untuk menentukan siapa tamu yang boleh untuk datang kerumah-Nya (Baitullah). Bahkan mereka yang bergelimang harta, belum tentu mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Baitullah dan melaksanakan ibadah umroh.

Umroh merupakan serangkaian ibadah dengan mengunjungi ka’bah (baitullah) untuk mengerjakan rukun-rukun umroh. Berbeda dengan haji, umroh boleh dilakukan kapan saja kecuali di hari Arafah dan hari-hari tasrik. Biasanya bagi mereka yang baru pertama kali berangkat umroh membutuhkan dampingan berupa manasik umroh. Tujuannya sangat jelas, agar peserta umroh mengetahui betul tata cara pelaksanaan umrah yang benar serta berbagai informasi penting lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, berikut beberapa manfaat lain manasik umroh yang perlu Anda ketahui:

1. Memahami Tata Cara Ibadah Umroh

Sama halnya dengan manasik haji, umroh juga memiliki tata cara tersendiri sesuai dengan tuntunan Nabi SAW. Pada saat manasik, peserta akan diberikan penjelasannya terkait hukum-hukum yang berkaitan dengan ibadah umroh, seperti hal-hal yang termasuk dalam rukun dan sunnah, serta hal-hal yang diharamkan saat melaksanakan ibadah umroh di tanah suci.

2. Gambaran Akan Kondisi di Tanah Suci

Bagi Anda yang baru pertama kali akan berangkat ke tanah suci, pasti akan sangat sulit membayangkan tentang kondisi yang sebenarnya. Maka dari itu, para pembimbing manasik akan menjelaskannya dan memberikan gambaran seperti apa yang akan Anda hadapi nanti saat berada di tanah suci. Biasanya pembimbing manasik tersebut adalah mereka yang pernah menjadi pemandu jemaah haji/umroh di tanah suci, sehingga lebih berpengalaman dan akan dengan mudah memberikan penjelasan kepada peserta manasik.

3. Menjalin keakraban Antar Peserta Umroh

Pada saat manasik, akan ada ratusan calon jemaah umroh yang berkumpul. Jemaah tersebut bisa berasal dari mana saja. Lewat manasik ini, tentu kesempatan baik bagi kita untuk bersilaturahim dan menjalin keakraban antar peserta umroh. Sehingga pada saat di tanah suci nanti, satu sama lain tidak akan merasa asing lagi, bahkan bisa jadi akan saling bantu ketika mengalami kesulitan. Jadi tidak ada ruginya kan untuk mengikuti rangkaian kegiatan manasik.

author
Author: 
i'm blogger
  1. author

    ahmad9 months ago

    tapi jika melaksanakan manasik umrah, walaupun kita tidak akan umrah dalam waktu dekat apakah diperbolehkan?

    Reply

Leave a reply "Mengapa Manasik Umroh Itu Penting Dilakukan?"