Tips Menjaga Rumah Tangga Yang Harmonis

1 comment 356 views

Tips Rumah Tangga Harmonis

Pernikahan merupakan sebuah awal kehidupan baru bagi 2 insan yang berbeda untuk mengarungi manisnya berumah tangga. Namun terkadang manisnya sebuah hubungan tidak serta merta dialami oleh semua orang. Ada orang yang baru berumah tangga langsung mengalami berbagai cobaan hingga akhirnya berakhir dengan cara yang tidak menyenangkan. Sedangkan disisi lain mereka yang sudah membina hubungan keluarga berpuluh-puluh tahun lamanya, masih awet dan jarang tersentuh oleh masalah.

Kondisi seperti ini tentu bukanlah sebuah hal yang biasa terjadi. Justru sebaliknya, permasalahan dalam rumah tangga bisa menjadi penanda jika hubungan suami istri sedang tidak harmonis. Mungkin saja ada hal-hal sepele yang tidak mendapatkan jalan pemecahannya, sehingga hal sepele tersebut menjadi masalah besar dan berakhir dengan pertengkaran. Tentu kita tidak akan mau berada pada kondisi seperti ini. Bukan hanya kita saja yang rugi, orang-orang tercinta yang berada didekat kita pasti akan mendapatkan imbas dari permasalahan yang sedang dihadapi. Maka dari itu, kita harus cepat mencari solusi atau tips rumah tangga harmonis dari orang-orang yang telah berpengalaman membangun rumah tangga yang berhasil. Nah, untuk menambah wawasan, beberapa hal berikut ini mungkin akan sangat berguna untuk Anda yang menginginkan rumah tangga yang harmonis.

1. Sempat kan waktu berduaan (kencan)

Tidak hanya anak muda yang oleh berkencan. Mereka yang sudah berumah tangga juga butuh waktu berdua (kencan) setidaknya seminggu sekali. Anda bisa berpergian ke suatu tempat yang romantis atau yang disukai  bersama pasangan Anda. Saat itu Anda bisa mengobrol dengan leluasa tanpa perlu membawa hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan sebagainya. Bercanda dan bermesraan dengan pasangan akan membuat kualitas hubungan suami istri menjadi lebih baik.

2. Keterbukaan dengan pasangan

Sudah menjadi sifat manusia untuk menyimpan berbagai masalah tanpa perlu berbagai meski dengan pasangan sekalipun. Namun terkadang hal tersebut tidak baik karena bisa menimbulkan prasangka yang menjurus ke arah pertengkarang. Baiknya, segala hal yang berhubungan dengan keharmonisan rumah tangga, dibicarakan bersama dengan pasangan. Mencoba mencari solusi bersama, lebih baik dari pada hanya berdiam dan menyimpan masalah. Karena bisa jadi, pasangan kita punya solusi atas apa yang menjadi permasalahan pribadi kita.

3. Konsulitasi ke Ahli

Jika permasalahan yang telah di diskusikan tidak kunjung mendapatkan solusi. Maka sebaiknya Anda bersama pasangan segera berkonsultasi kepada ahlinya. Anda bisa mengkomunikasikan pada psikolog atau konsultan pernikahan, sehingga dengan begitu apa yang menjadi masalah di rumah tangga Anda, bisa teratasi dengan lebih baik lagi.

  1. author

    Blogger Menarik1 year ago

    Setju banget. Terutama di point nomor 2. Keterbukaan akan menutup prasangka buruk bagi pasangan. Nice info, kak. Ijin share boleh ya? đŸ™‚

    Reply

Leave a reply "Tips Menjaga Rumah Tangga Yang Harmonis"