Tips Membangun Keluarga yang Harmonis

No comment 299 views

Keluarga Harmonis

Setiap mereka yang sudah berkeluarga pasti menginginkan kehidupan yang tenang, aman dan terhindar dari segala persoalan. Namun sayangnya, terkadang apa yang kita inginkan tak selamanya menjadi kenyataan. Dalam kehidupan berumah tangga, perselihan antar suami-istri memang kerap terjadi. Namun sebagai orang yang beragama, tentu tidak baik membiarkan perselihan berlarut-larut sehingga dapat menimbulkan permasalahan yang lebih kalut. Bahkan dikhawatirkan dapat menjadi awal dari keretakan rumah tangga yang siapapun pasti tak menginginkannya.

Maka dari itu banyak hal yang mesti dipelajari oleh setiap pasangan dalam membangun keluarga harmonis.Salah satunya adalah berusaha untuk mengendalikan diri dari hal-hal yang dapat memicu pertengkaran. Dan yang perlu diingat adalah, sepercikan api dapat menjadi besar bila tidak air yang memadamkan. Yang artinya, saat terjadi perselihan antara Anda dan pasangan, harus ada salah satu pihak yang mengalah, demi untuk menjaga keutuhan keluarga.

Selain itu, beberapa hal berikut ini mungkin akan sangat berguna bagi Anda yang ingin membangun keluarga yang harmonis, diantara yakni:

1. Berperilaku baik pada pasangan

Perilaku Anda dan pasangan bisa jadi penentu kemana arah pernikahan Anda ke depannya. Yang perlu Anda garis bawahi, memberikan penghargaan pada pasangan sangat baik untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis. Perilaku seperti ini bisa Anda terapkan saat Anda ingin memberikan perintah, dan menjawab perintah dengan lemah lembut dan segera melaksanakannya. Anda bisa juga perlu mengucapkan kata-kata mesra saat berbicara dengan pasangan. Dengan begitu akan memperbaiki suasana hati usai bekerja seharian dan Anda dapat menikmati indahnya berumah tangga.

2. Jadilah sahabat ketika menghadapi masalah

Bagi Anda yang bekerja, tentu memiliki berbagai problematika pekerjaan tersendiri. Misal saat suami sedang berkeluh kesah dengan masalah di kantornya, jangan sesekali memperkeruh suasana hatinya dengan hal-hal yang tidak ia sukai. Sebaliknya, jadi sahabat yang mau mendengarkan keluh kesahnya, dan upayakan untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sehingga suasana hatinya menjadi lebih baik dan selanjutnya ajak suami untuk mengobrol tentang hal-hal indah yang pernah Anda lewati berdua.

3. Tumpahkan beban pada-Nya

Saat masalah yang datang tidak mendapatkan solusi, maka serahkanlah segala sesuatunya pada yang Maha Kuasa. Dengan mendekatkan dan berserah diri pada-Nya, Anda akan menemukan jalan keluar yang terbaik. Sebab tak ada satu pun permasalahan yang tidak dapat diselesaikan oleh-Nya. Maka sebagai manusia, kita harus instropeksi diri dan jangan pernah berhenti berdoa. Agar permasalahan yang dialami tidak berlanjut dan mendapatkan solusi yang terbaik.

Leave a reply "Tips Membangun Keluarga yang Harmonis"