Cara Mengatasi Alergi Karena Sabun Deterjen

No comment 14748 views

Alergi Karena Sabun Deterjen

Alergi merupakan sebuah kondisi yang tidak normal karena sistem kekebalan tubuh yang terganggung. Kondisi ini dapat terjadi pada siapapun bahkan mereka yang belum pernah memiliki riwayat alergi sama sekali. Banyak sekali jenis-jenis alergi yang umum di derita oleh seseorang, mulai dari alergi protein, seafood, udara hingga alergi karena sabun deterjen. Untuk yang terakhir ini, memang sering dialami khususnya kaum wanita, mereka yang tidak pernah bersentuhan dengan deterjen lebih besar resikonya mengalami alergi. Namun hal tersebut masih tergolong wajar, mengingat beberapa merek deterjen terasa lebih panas saat berada ditangan. Saat kondisi tubuh tidak baik, hal tersebut bisa menyakiti tubuh dan akhirnya timbul rasa gatal dan panas yang luar biasa disekitar tangan, bahkan ada yang sampai mengalami bentol-bentol karenanya.

Alergi pada sabun deterjen sebenarnya disebabkan oleh zat kimia yang terkandung di dalamnya. Dalam waktu yang lama saat tangan terendam air deterjen, zat kimia tersebut akan membuat kulit teriritasi. Biasanya jenis zat kimia yang dapat memicu terjadinya alergi ada pada pewarna, pewangi, dan pemutih yang digunakan. Jadi untuk Anda yang memiliki tipe kulit sensitif disarankan untuk tidak bersentuhan langsung dengan deterjen.

Gejala Alergi

Alergi dapat terjadi ketika kulit bersentuhan dengan deterjen. Namun prosesnya ada yang seketika itu juga, dan ada pula yang membutuhkan waktu 1-2 hari baru mengalami alergi. Saat sistem kekebalan tubuh terganggung, tubuh yang merespon zat pada deterjen akan melepaskan antibodi berupa histamin. Awalnya akan muncul rasa gatal pada bagian kulit yang terkena deterjen. Lambat laun kulit akan kering, berisik. Jika kondisi seperti itu terus dibiarkan dan bersentuhan dengan deterjen, maka kulit bisa mengalami peradangan atau ruam.

Ruam yang dihasilkan akan terasa sangat perih dan lunak saat disentuh. Jika tidak langsung diobati maka ruam tadi akan melepuh dan menghasilkan cairan, dan menyebabkan kecacatan pada kulit. Selain itu efek yang berbeda bisa terjadi jika larutan deterjen mengenai bagian mata. Mata yang terkena deterjen akan terasa perih, gatal dan memerah.

Cara Mengatasi Alergi Deterjen

Jika Anda mengalami masalah dengan deterjen bubuk, maka sebaiknya ganti deterjen Anda menggunakan deterjen cair yang memang terbukti lebih ramah terdapat kulit. Sedangkan untuk kasus alergi yang telah terjadi karena deterjen, Anda bisa memberikan obat krim antihistamin yang banyak beredar di toko obat, dan membalurnya pada bagian ruam untuk mengurangi peradangan.

Selain dengan obat-obatan, penanganan karena alergi deterjen juga bisa diatasi dengan mengkompres bagian yang terasa panas dengan menggunakan es batu. Caranya cukup membungkus es batu dengan kain/handuk, lalu kompres selama 20 menit. Dan lakukan secara berkala hingga peradangan berangsur membaik.

Leave a reply "Cara Mengatasi Alergi Karena Sabun Deterjen"