Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi dengan Mudah dan Aman

3 comments 1924 views

Gigi merupakan bagian tubuh yang membutuhkan perawatan yang rutin. Gigi yang bersih, putih dan bebas dari plak adalah aset berharga yang harus dijaga. Dengan gigi yang terawat baik maka akan menunjang penampilan Anda dan menambah rasa percaya diri. Lantas apa sebenarnya plak itu? Lalu bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi?

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Plak adalah kondisi dimana gigi ditutupi oleh karang gigi/kerak. Plak muncul akibat dari sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan atau tidak sempurnanya proses menggosok gigi, sehingga menimbulkan tumpukan dan menjadi karang. Namun sebenarnya, munculnya plak itu akibat kemalasan diri sendiri dalam menjaga kebersihan gigi, kebiasaan tidak menggosok gigi usai makan dan sebelum tidur membuat plak tumbuh lebih cepat. Dan jika dibiarkan terus menerus maka plak dapat mengakibat gigi menjadi kropos serta merusak keindahannya. Akan tetapi jika plak sudah terlanjur muncul pada gigi, maka harus segera di cari cara menghilangkan plak pada gigi agar tidak semakin parah.

Menggosok gigi memang sangat disarankan untuk menghilankan plak, namun kemampuan sikat gigi untuk menjangkau sela-sela gigi masih belum sepenuhnya tercapai. Sehingga walaupun terkadang kita sudah menggosok gigi dengan baik, namun plak masih saja muncul akibat sisa makanan yang tak terangkat pada sela-sela gigi. Untuk itu Anda membutuhkan cara menghilangkan plak pada gigi yang efektif dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan mudah di dapat. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tips berikut ini:

1. Gosok Gigi Minimal 2x Sehari

Menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung bahan-bahan alami memang sangat disarankan. Selain mampu melindungi gigi lebih baik dari timbulnya plak, pasta gigi alami juga membuat kesegaran dan kesehatan mulut lebih tahan lama. Sesuai anjuran medis, menggosok gigi minimal 2x sehari sebelum dan setelah bangun tidur sudah efektif untuk mengilangkan plak pada gigi. Sedangkan untuk cara menggosok gigi yang benar adalah dengan menggosokkan sikat gigi pada posisi ke bawah lalu ke atas. Dan langan lupa untuk menggosok bagian dalam gigi, sebab bagian ini yang paling sering bersentuhan dengan makanan karena aktifitas mengunyah.

2. Menggosok dengan Kulit Jeruk

Vitamin C yang terkandung pada kulit jeruk ternyata juga efektif untuk menghancurkan plak pada gigi. Bagian yang digunakan adalah bagian luar kulit jeruk, penggunaannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menggosokkan kulit  jeruk secara berulang-ulang pada gigi yang mengalami masalah plak, dan lakukan secara rutin agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

3. Menggosok dengan Ampas Tebu

Ampas tebu merupakan cara tradisional yang biasa dilakukan untuk memutihkan dan menghilangkan plak pada gigi. Jika Anda menyukai tebu pastikan untuk tidak langsung membuang ampasnya, gunakan ampas ini untuk menggosok gigi Anda perlahan demi perlahan. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih cepat.

4. Buah & Sayuran yang Sehat

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang sehat memang ampuh untuk menjaga gigi terhindar dari masalah gigi terutama plak. Kunyah buah dan sayuran seperti apel, melon, wortel dan seledri 1 jam setelah makan, dapat membuat gigi terawat dengan baik serta mengangkat sisa-sisa makanan penyebab plak.

5. Berkumur Setelah Makan

Cara menghilangkan plak pada gigi yang terakhir adalah dengan berkumur setelah makan. Sisa makanan yang tak terangkat oleh sikat gigi dapat dituntaskan dengan cara berkumur. Anda bisa menggunakan air putih atau menggunakan obat kumur yang mengandung zat anti bakteri untuk hasil yang lebih baik.

author
Author: 
i'm blogger
  1. author

    Tian Lustiana1 year ago

    wah tips nya mudah yah, mau nyoba ah menggosok dengan kulit jeruk, thanks ya mbak

    Reply
  2. author

    Irawati Hamid12 months ago

    nanti tak coba ah.. makasih tipsnya Mba 🙂

    Reply
  3. author

    elfida11 months ago

    Terima kasih tipsnya Mba, kebetulan saya juga ada plak pda gigi,,,

    Reply

Leave a reply "Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi dengan Mudah dan Aman"