Cara Mencegah Gigi Berlubang dengan Bahan Alami

No comment 318 views
Cara Mencegah Gigi Berlubang

Senyum yang indah berawal dari gigi putih dan sehat. Gigi sehat dapat menyangkut banyak hal, seperti gigi kuat, bebas plak gigi dan tentunya tidak berlubang. Kebiasaan makan-makanan yang banyak mengandung gula memang dapat menimbulkan masalah gigi terutama berlubang. Gigi yang berlubang pastinya dapat mempengaruhi penampilan seseorang, sebab gigi yang berlubang akan sangat kelihatan ketika kita sedang berbicara pada seseorang, dan yang seperti ini kadang dapat membuat kita merasa minder saat berbicara. Selain itu, gigi yang berlubang juga akan terasa sangat menyakitkan, sebab infeksi dapat terjadi hingga ke akar gigi/gusi dan pastinya akan membuat hari-hari Anda merasa tidak nyaman. Nah, sebelum itu ternyata pada gigi Anda, sebaiknya Anda mulai mencari cara mencegah gigi berlubang agar hal-hal yang menyakitkan karena gigi berlubang tidak Anda alami.

Banyak cara mencegah gigi berlubang yang bisa dilakukan, mulai dari obat-obatan dokter sehingga dengan cara-cara alami. Namun untuk mendapatkan hasil dalam panjang, sebaiknya Anda memiilih cara-cara alami dan aman untuk gigi Anda. Sebab dengan perawatan gigi alami, akan lebih terjamin prosesnya dan Anda juga tidak perlu mengeluarkan dana yang besar, karena bahan-bahan yang digunakan juga mudah serta murah diperoleh.

Bagi Anda yang ingin tau tips cara mencegah gigi berlubang dengan bahan alami, silahkan simak ulasan berikut ini:

1. Rajin menggosok gigi

Gigi berlubang dapat disebabkan oleh makanan/minuman yang kita makan, seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis. Agar makanan/minuman yang kita makan tidak merusak gigi, pastikan menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Dan jangan lupa untuk selalu menggosok gigi, saat sebelum dan setelah tidur, agar gigi Anda terbebas dari sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

2. Menghindari makanan penyebab gigi berlubang

Beberapa jenis makanan ternyata dapat menimbulkan rasa nyeri pada gigi bahkan mampu membuat gigi menjadi berlubang. Untuk itu Anda harus menghindari makanan-makanan yang menjadi penyebab gigi berlubang, misalnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, kebiasaan makan makanan yang banyak mengandung santan juga dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang. Namun jika hal tersebut terasa sulit untuk dihindari, maka yang perlu Anda lakukan adalah banyak-banyak mengkonsumsi buah-buahan yang sehat.

3. Berkumur dengan air garam

Selain menggosok gigi, berkumur dengan air garam juga penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Air garam dapat mengurangi peradangan dan melumpuhkan bakteri penyebab gigi berlubang. Cara penggunaannya, campurkan 1 sendok garam dapur dengan segelas air hangat, atau bisa pula dengan menambahkan sedikit perasan air jeruk nipis, lalu aduk sampai larut. Selanjutnya tinggal gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin, pada malam hari menjelang tidur.

4.  Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari gigi berlubang adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Kalsium diperlukan untuk memperkuat gigi sehingga gigi tidak mudah sakit dan berlubang. Makanan/minuman yang baik untuk gigi adalah susu, keju, yogurt, telur, multivitamin dan sebagainya.

Selain cara mencegah gigi berlubang yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya ada hal penting lain yang harus Anda lakukan, yakni dengan rutin memeriksakan kesehatan gigi Anda pada dokter ahli, sehingga Anda tau kondisi gigi Anda sebelum dan setelah perawatan dengan cara-cara alami diatas.

Leave a reply "Cara Mencegah Gigi Berlubang dengan Bahan Alami"