Tips Cara Mencegah Flu dengan Mudah

No comment 534 views
Cara Mencegah Flu

Flu merupakan salah satu kondisi dimana tubuh mengalami serangan yang dilakukan oleh virus, sehingga menyebabkan imun tubuh menjadi lemah. Virus flu menyebar secara cepat lewat sistem pernapasan manusia. Saat tubuh terserang flu, tubuh akan merasakan gejala-gejala seperti demam yang disertai dengan bersin atau hidung meler. Selain itu flu juga dapat menyebabkan kepala menjadi pusing sebab sistem pernapasan menjadi terganggung, sehingga oksigen yang masuk ke otak ikut berkurang. Flu dapat terjadi pada siapa saja, dan penyebabnya juga bisa banyak hal seperti terkena hujan, udara kotor, suhu udara yang terlalu panas hingga dari kebiasaan hidup yang kurang sehat. Jika Anda terlanjur mengalami flu, Anda dapat menyembuhkannya dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang banyak dijual di apotek. Namun Anda juga bisa mencegah flu dengan membiasakan diri hidup sehat. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mencegah flu dengan mudah dan aman:

1. Mencuci Tangan Usai Beraktifitas

Mencuci tangan tidak cuma dilakukan ketika Anda akan makan. Cuci tangan juga diperlukan ketika Anda selesai menggunakan telepon, keyboard, gelas, pintu dan segala hal yang sering disentuh oleh banyak orang. Sebab virus flu sangat mudah menyebar, melalui kontak langsung (benda-benda yang dipegang oleh si penderita), untuk itu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan antiseptik sangat disarankan agar terhindar dari penularan virus flu.

2. Gunakan Kain/Sapu Tangan Saat Bersin

Menutup mulut ketika bersin dengan tangan, ternyata tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan. Sebab, virus akan dengan mudah menempel pada tangan, dan apabila Anda bersentuhan dengan orang lain, maka virus dapat berpindah dengan cepat dan menyerang orang tersebut. Untuk itu, apabila Anda bersin maka pastikan Anda menutup mulut menggunakan kain/sapu tangan.

3. Olahraga Secara Teratur

Manfaat olahraga memang sangat luar biasa. Tak hanya baik untuk menjaga kebugaran dan proporsional tubuh, olahraga yang teratur juga dapat membuat Anda terhindar dari flu. Gerakan berjalan, berlari atau berenang bisa membuat jantung memompa darah lebih cepat. Sehingga dengan begitu, oksigen yang masuk ke paru-paru lebih banyak. Bila oksigen sudah terpenuhi, maka tubuh menghasilkan daya tahan alaminya dalam melawan serangan virus.

4. Makan Makanan yang Sehat

Selain itu, mengkonsumsi makan makanan yang sehat dan bergizi juga dapat menghindari tubuh dari serangan virus. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar berwarana hijau tuah, merah atau kuning, dapat membantu memperbaiki imun sehingga kebal terhadap ancaman virus yang ingin masuk ke dalam tubuh.

author
Author: 
i'm blogger

Leave a reply "Tips Cara Mencegah Flu dengan Mudah"