Menjalani Pola Hidup yang Sehat dan Alami

No comment 837 views
Pola Hidup yang Sehat

Kesehatan merupakan asset setiap orang yang harus selalu dijaga di tingkatkan kualitasnya. Tanpa tubuh yang sehat, kita tak akan dapat melalukan sesuatu dengan baik, yang ada malah berbagai permasalahan kehidupan yang akan terus membayangi hidup ini. Tubuh yang sehat bisa di dapat jika kita mampu menjaga pola hidup yang sehat dan alami. Tak perlu biaya yang mahal, hal-hal sederhana yang biasa kita lakukan setiap hari pun dapat berperan besar menjadikan tubuh kita sehat, asalkan dilakukan dengan cara yang benar.

Kualitas hidup seseorang dapat dilihat dari rutinitas yang dilakukannya setiap hari. Tak usah menilai terlalu jauh, seseorang yang jarang tidur, atau hanya tidur 3-5 jam sehari  sudah pasti memiliki kualitas hidup yang kurang baik. Padahal tubuh kita membutuhkan waktu beristirahat minimal 7 jam dalam sehari. Nah, jika dibawah dari itu, maka sebaiknya Anda harus memperbaiki pola hidup Anda sehingga tubuh Anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Berikut adalah pola hidup sehat yang bisa Anda coba sendiri untuk memperbaiki kuallitas hidup Anda:

1. Tidur Teratur

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebiasaan tidur seseorang minimal 7 jam sehari sangat baik untuk menjaga stamina tubuh. Sedangkan waktu terbaik untuk beristirahat adalah antara 9 malam s/d pukul 6 pagi. Selain itu, jika Anda berkesempatan untuk dapat tidur siang, sebaiknya lakukan 1-2 jam dari jam 1 siang hingga jam 2. Ini berguna untuk mengistirahat tubuh Anda setelah lelah bekerja atau beraktifitas.

2. Makanan Sehat

Membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat, sangat dianjurkan bagi Anda yang mendambakan kualitas hidup yang lebih baik. Makanan yang Anda makan sebaiknya mengandung gizi lengkap makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu sebaiknya hindari makanan cepat saji (junk food) yang banyak mengandung kalori/lemak jahat. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah organik sedang digemari orang, supaya vitalitas tubuh Anda tetap terjaga.

3. Jauhi Rokok 

Salah permasalahan mengapa kualitas hidup semakin buruk adalah rokok. Rokok tidak hanya berbahaya bagi si perokok saja, namun bagi orang yang berada disekitarnya juga beresiko sama meski tidak menghisapnya secara langsung. Jadi ketika ada seseorang merokok di sekitar Anda, usahakan untuk menghindari, agar bahaya dari asap rokok tidak menempel di tubuh Anda terlebih kedalam paru-paru.

4. Olahraga Teratur

Setelah semua hal diatas bisa Anda lakukan dengan baik, maka selanjutnya adalah jangan lupa untuk olahraga secara teratur. Berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu dapat menjaga tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit dan menjaga kebugaran tubuh. Untuk itu jika Anda ingin mengubah hidup Anda lebih baik, maka rutinlah berolahraga, walau hanya gerakan jalan ditempat sekalipun dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh Anda.

author
Author: 
i'm blogger

Leave a reply "Menjalani Pola Hidup yang Sehat dan Alami"