Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Wanita Hamil

No comment 1214 views

Bagi wanita hamil, kesehatan merupakan hal utama yang harus dijaga. Tak hanya menjaga pola kebiasaan saja seperti mengurangi aktifitas berat saat berada di kantor, menjaga pola makan juga sangat perlu dilakukan agar tetap fit selama masa kehamilan.  Maka dari itu menjaga kesehatan wanita hamil dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan buah-buahan segar mesti dilakukan sejak awal kehamilan. Tujuannya tidak lain adalah agar si jabang bayi yang berada dikandungan mendapatkan asupan gizi yang cukup serta untuk menjaga vitalitas si Ibu yang memang membutuhkan banyak asupan gizi di masa kehamilannya.

Kesehatan Wanita Hamil

Di Indonesia, tidak sulit menemukan buah-buahan yang baik untuk kesehatan wanita hamil. Iklim Tropis yang menguntungkan sangat baik untuk pertumbuhan berbagai jenis buah-buahan salah satunya adalah semangka. Buah yang hampir dapat tumbuh di segala kondisi cuaca ini, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan wanita hamil. Kandungan vitamin, mineral, dan zat besi yang ada dapat tiap potongan buah semangka ternyata sangat baik dan penting untuk wanita hamil dan perkembangan janinnya. Maka dari itu semasa hamil, wanita sangat disarankan untuk cukup mengkonsumsi buah semangka.

Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat memakan buah semangka saat hamil? Simak ulasannya lebih lanjut dibawah ini.

Semasa hamil, tubuh akan lebih sering kehilangan energi dan cairan. Untuk mengatasinya wanita hamil dapat mengkonsumsi sedikitnya 3 – 4 potongan semangka setiap hari. Ini dapat berguna untuk mengganti asupan cairan yang hilang dan sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan lagi. Selain itu, zat gula yang terkandung di buah semangka dapat mengembalikan tenaga yang sering terkuras karena aktifitas selama hamil.

Selain itu semangka juga mempunyai kandungan vitamin yang lengkap untuk kebutuhan selama hamil, yakni vitamin A, vitamin C, Magnesium dan Kalium. Semangka juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan proses percernaan. Berikut ini adalah manfaat lain dari semangka untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

1. Membantu Proses Pencernaan

Pernah mengalami selulit (susah buang air besar) saat hamil? Jika pernah, berarti Anda membutuhkan buah semangka untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kandungan cairan yang pada buah semangka dapat melunakkan feses sehingga memperlancar buang air besar. Selain itu bagi yang mengalami masalah panas dalam, semangka sangat baik untuk menyegarkan tenggorokan dan meredakan panas dalam.

2. Mencegah Pembengkakan Kaki

Permasalahan lain yang kerap terjadi pada wanita hamil adalah pada bagian kaki yang terkadang terlihat membesar (bengkak). Proses ini sebenarnya alami dan hampir semua wanita hamil bisa mengalami hal ini. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan rajin mengkonsumsi semangka. Buah semangka dapat memperlancar aliran pada pembuluh darah, sehingga dapat mencegah kaki dan tangan yang membengkak.

3. Mengatasi Morning Sickness

Hal yang paling menjengkelkan bagi wanita hamil terutama memasuki usia 1  – 4 bulan adalah seringnya mengalami rasa mual, perut melilit (morning sickness). Ini sebenarnya tidak terjadi pada setiap wanita hamil. Namun jika Anda adalah salah satunya yang mengalami hal tersebut, disarankan untuk mengkonsumsi semangka dalam bentuk jus. Meskipun hal ini masih diragukan, akan tetapi cara ini telah dilakukan orang sejak lama dan terbukti ampuh.

Selain kaya akan manfaat bagi kesehatan wanita hamil, mengkonsumsi semangka juga harus sesuai dengan kebutuhan. Sebab kandungan gula yang tinggi pada semangka dapat meningkatkan kadar gula darah pada mereka yang mengalami gangguan diabetes. Jadi bagi wanita hamil yang menderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi semangka.

author
Author: 
i'm blogger

Leave a reply "Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Wanita Hamil"