Daftar Makanan Rendah Kalori dan Lemak Penurun Berat Badan

Makanan Rendah Kalori dan Lemak

Setiap wanita pasti mendambakan tubuh yang sehat dan langsing sehingga dapat menunjang rasa percaya diri yang kuat. Untuk mewujudkannya tak jarang berbagai upaya keras pun dilakukan misalnya dengan rutin berolahraga hingga melakukan cara-cara yang beresiko seperti mengkonsumsi obat-obatan pelangsing. Padahal cara tersebut tidak selalu benar, karena masalah berat badan dapat diatasi dengan mudah dengan rutin mengkonsumsi makanan rendah kalori dan lemak. Sebab kalori dan lemak adalah 2 zat yang harus di kontrol secara bijak untuk Anda yang mengalami masalah berat badan.

Tubuh setidaknya membutuhkan 1.500 kalori setiap harinya. Jumlah tersebut sudah melebihi jika Anda mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok Anda. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal, disarankan untuk berhenti mengkonsumsi nasi putih. Karena jumlah kalori yang ada pada nasi putih sudah melebihi kebutuhan kalori untuk tubuh Anda. Jika hal tersebut tidak Anda imbangin, maka lambat laun akan terjadi penimbunan kalori dalam bentuk lemak yang akan membuat tubuh Anda menjadi gemuk.

Bagi Anda yang ingin mengurangi asupan kalori dengan cara yang sehat, ada baiknya Anda mulai mengganti nasi putih dengan makanan-makanan sehat rendah kalori. Berikut adalah beberapa bahan makanan yang sehat pengontrol berat badan:

1. Sayuran dan Buah-Buahan

Bukan rahasia lagi jika sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk dijadikan makanan pengganti nasi. Selain menyehatkan, sayuran dan buah-buahan mengandung kalori dalam jumlah yang sedikit yakni hanya 100 kalori per takaran saji. Jumlah ini tentunya sudah mencukupi kebutuhan kalori tubuh Anda setiap hari. Beberapa jenis sayur yang baik untuk menjaga berat tubuh Anda adalah brokoli, wortel, timun, kembang kol, seledri, tomat, dan kubis. Sedangkan untuk buah-buahan, Anda bisa mengkonsumsi avokad, anggur, pepaya, jeruk, kiwi, nanas, stroberi, dan semangka.

2. Kacang dan Biji-bijian

Tak hanya sayuran dan buah-buahan saja yang baik untuk tubuh, makanan berupa kacang dan biji-bijian ternyata juga mampu mengontrol kebutuhan kalori setiap hari. Misalnya kacang almond, dalam segenggam kacang almond mengandung 80 kalori, atau Anda juga bisa mengkonsumsi kacang pistachio yang hanya mengandung 40 kalori. Selain itu olahan biji-bijian seperti popcorn yang tidak ditambahkan gula dan mentega, mengandung 100 kalori per takaran saji, ini sudah cukup untuk menunda rasa lapar hingga memasuki jam makan selanjutnya.

3. Ikan dan Dada Ayam

Selain itu, mengkonsumsi ikan dengan cara dikukus atau ditumis dengan sedikit minyak juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalori harian tubuh Anda. Dalam 3 ons daging ikan salmon terdapat 90-200 kalori. Jika Anda tidak menyukai ikan, Anda bisa juga menggantinya dengan mengkonsumsi daging dada ayam yang sudah dibuang kulitnya. Sebab kulit ayam mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi, jadi tidak disarankan untuk dikonsumsi saat diet.

author
Author: 
i'm blogger

Leave a reply "Daftar Makanan Rendah Kalori dan Lemak Penurun Berat Badan"