Kebutuhan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda

No comment 11356 views
Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Apa sih tujuan anda selama periode kehamilan? Pastinya akan memberikan semua kebutuhan yang diperlukan janin di dalam kandungan. Supaya calon bayi dapat terlahir sempurna dalam keadaan normal, bukan? Dengan demikian, sang ibu harus berkorban untuk memenuhi gizi janin tanpa sedikit pun mengurangi nutrisi sendiri. Lantas, apa saja kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil muda?

Nutrisi sangat penting semenjak kehamilan anda berusia muda atau janin tersebut masih berada di dalam kandungan. Misalnya anda harus mengonsumsi asupan kalsium yang mampu membantu menjaga tulang ibu hamil agar tetap utuh sekaligus membentuk kerangka sehat pada calon bayi. Berikut ini jawaban dari pertanyaan anda tentang nutrisi yang baik saat masa kehamilan masih muda.

1. Kalori

Seorang ibu hamil membutuhkan kalori yang lebih untuk mencukupi perkembangan si janin dalam kandungannya. Karena itu peranan kalori tidak boleh diremehkan. Selain itu, kalori diperlukan dalam pembentukan sebuah plasenta maupun pembuluh darah. Bagi ibu hamil kalori sendiri bermanfaat sebagai daya tahan tubuh. Namun kalori tinggi kadangkali identik dengan penumpukan lemak, sehingga perlu berhati-hati apabila anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

2.Protein

Wanita yang tengah hamil muda tentunya akan membutuhkan banyak protein. Perlu diketahui asupan protein sendiri dibutuhkan lebih banyak daripada waktu sebelumnya. Pasalnya protein juga sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan janin dalam membentuk jaringan tubuh. Sementara, ibu hamil yang mengandung membutuuhkan sekitar 75 gram protein dalam setipa harinya, yang tentunya hampir lebih dari dua kali lipat ketimbang saat anda belum hamil dulunya.

3. Kalsium

Kalsium yang biasanya terkandung di dalam susu memang memiliki peranan yang penting dalam proses kehamilan seorang ibu. Berdasarkan kutipan para ahli yang mengatakan bahwa seorang ibu hamil harus mengonsumsi kandungan kalsium sampai 30 mg dalam setiap hari. Dengan begitu, anda wajib meminum susu dalam setiap hari-harinya secara rutin dan konsisten. Kalsium sendiri memiliki fungsi untuk menjadikan tulang dan gigi pada janin dalam kandungan semakin kuat, sehingga mampu tumbuh dengan sehat.

4. Zat Besi

Selanjutnya ada zat besi yang juga dibutuhkan tubuh ibu hamil yang berusia kandungannya masih muda. Nutrisi pada ibu hamil muda sangat membantu untuk mencegah sekaligus mengatasi kelelahan yang biasanya sering terjadi. Hal ini dikarenakan zat besi banyak menghasilkan kandungan lagi yang berupa hemoglobin, yaitu sebuha kandungan protein yang ditemui pada sel darah merah. Nah, jika anda ingin menemukan dimana zat besi maka makanlah aneka jenis kacang kacangan.

5. Asam folat

Folat atau lebih terkenal dengan asam folat merupakan fungsi utama dalam perubahan embiro dimana terkandung vitamin B. Karena asam folat sebenarnya adalah sebuah vitamin B. Tidak hanya itu, asam folat juga bermanfaat untuk menghindari tubuh janin maupun mental janin dari kecacatan. Nah, kecacatan tersebut menyerang pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat sendiri banyak ditemukan pada sayuran hijau, salah satunya yaitu janin.

Kebutuhan nutrisi anda saat hamil muda haruslah terpenuhi dengan baik. Sehingga masalah atau gangguan dalam kehamilan tidak akan terjadi, hingga proses persalinan nantinya. Dan alangkah baiknya apabila anda melakukan pemeriksaan medis seperti tes TORCH sebelum atau pada awal kehamilan guna memastikan kondisi tubuh anda baik bagi calon buah hati anda dan calon bayi selalu dalam kondisi sehat.

Leave a reply "Kebutuhan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda"