Faktor Pendukung Sukses ASI 1 Tahun

2 comments 1745 views
Ayah ASI yang Hebat
Alhamdulillah babyku lulus S2 menyusui alias setahun sudah menyusui, banyak yang pesimis terhadap kerasnya tekadku bakal menyusui sampai dengan 2 tahun. Banyak yang menyindir “Mana mungkin bisa menyusui selama  2 tahun, paling juga sampai 8 bulan ASI nya udah habis”. Miris sih dengar komentar seperti itu, sedih kadang, apalagi saya gak menyusui langsung karena bekerja diluar rumah. Harus memompa 2 kali di kantor dan hanya malam saja bisa menyusui langsung, sisanya babyku menyusui ASIP. 
Menyusui selama setahun bukanlah perkara yang mudah. Semangatpun ada pasang surutnya, saat sedang dalam keadaan lelah, sakit ataupun sedang datang bulan ASIP yang dihasilkan sangat sedikit. 
Disaat seperti ini yang dibutuhkan oleh seorang Busui tak lain adalah semangat baru dari pasangan terdekat yaitu suami atau ayah ASI. Peran ayah ASI sangat membantu untuk melancarkan ASI kembali, agar tercapai cita-cita bersama yaitu menyusui selama 2 tahun. 
Belum lagi saat bayi sudah berusia diatas 7 bulan gigi – gigi kecilnya sudah mulai tumbuh satu persatu, terkadang bayi merasa gatal pada gigi atau gusinya yang membuat sering mennggigit puting si ibu. Jika tidak ada semangat dan dorongan kuat dari sang ayah ASI yang hebat maka bisa dipastikan cepat atau lambat si ibu akan menyerah dengan keadaan.
Saya pernah merasakan gigitan baby asraf yang membuat puting saya berdarah, saat itu hampir menyerah karena pedih dan sakit yang dirasakan sampai menangis karena sakitnya. Tapi, karena besarnya dukungan dan dorongan ayah asraf yang luar biasa membuat saya kuat kembali dan tumbuh lagi semangat untuk terus dan terus menyusui. 
Kini perjalanan kami masih ada setahun lagi, bukanlah sesuatu yang mudah tetapi bukan juga sulit, Intinya adalah teruslah menyusui disaat anda dirumah dan teruslah memompa saat anda bekerja di luar rumah. Tetap jaga pola makan sehat, makan sayur dan banyak minum air putih. Jika anda cocok untuk meminum ASI Booster maka jadikan itu tambahan. 
Saya pribadi tidak cocok mengonsumsi ASI Booster seperti itu. Saya memiliki ASI Booster yang paling mujarab sendiri ( ASI Booster ).
Tetap semagat para Busui diseluruh pelosok negeri, Tepis semua anggapan bahwa ibu bekerja tidak bisa memberi ASI. 
Salam KEB Medan
  1. author

    Liya Aliycia3 years ago

    salam kenal mbak 🙂

    Reply
  2. author

    Yulia Sari3 years ago

    salam kenal kembali 🙂

    Reply

Leave a reply "Faktor Pendukung Sukses ASI 1 Tahun"