Telapak Tangan dan Kaki Bayi Menguning

9 comments 5697 views
Orang tua mana sih yang mau anaknya kekurangan asupan makanan sehat apalagi kurang gizi (Eaaawwww…). Semua akan diberikan ke anak agar anak tumbuh sehat dan menjadi pribadi yang cerdas, cailaaaa… udah kayak om mario ngelluh ajah awaq ngomongnya…
Sebulan yang lalu, para fans baby Asraf alias tetangga saya dirumah pada mengomentarin kalau telapak tangan dan kaki my baby kuning, sebagai orang tua ababil seperti saya gak mau donk dikatakan anaknya sakit kuning, gak terima bangetzzz…. Saat mata baby Asraf diliat oleh saya dengan seksama matanya bersih putih tidak ada kuning sama sekali. Saya pun tidak memperdulikan omongan emak-emak tetangga itu lagi. 
2 minggu setelah itu lebaran tiba, saya dan keluarga bersilaturahim ke rumah saudara saya dan suami tiba – tiba ada lagi yang memberikan komentar tentang kuningnya telapak tangan dan kaki my baby. Saya sewot donk yakin kalau anak saya ini sehat, minum ASI cukup, air putih pun banyak. Alhasil, saya pun penasaran dan konsultasi dengan dokter anak sekalian jadwal imunisasi. Ternyata si Dr. SPA juga mengiyakan kuningnya telapak tangan dan kaki my baby. WOW ….. saya dan suami pun panik mendengar pengakuan sang dokter spa. 
Mungkin si dokter tau kekhawatiran kami berdua sebagai orang tua, beliau pun menjelaskan kalau itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, yaitu Wortel. Wortel mengandung beta karoten yang tinggi, itulah sebabnya warna dari sayuran ini berwarna orange. Sejatinya semua sayuran itu baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam porsi yang seimbang dan tidak secara berlebihan. Tidak hanya sayuran yang berwarna kuning saja yang mengandung beta karoten tinggi sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, paprika dan brokoli juga memiliki kandungan beta karoten yang tinggi yang jika dikonsumsi terus menerus akan mengakibatkan perubahan warna pada lapisan kulit terluar sehingga kelihatan jelas pada telapak tangan, kaki, mulut dan hidung.
Solusinya adalah hentikan konsumsi pure atau bubur wortel pada bayi secara terus menerus, berikan variasi sayur kepada bayi agar bayi menyukai semua jenis sayuran dan makanan. Tapi, jika bunda telah menghentikan bubur wortel ataupun semua jenis sayuran yang tinggi beta karoten tetapi telapak tangan dan kaki bayi tetap berwarna kuning, segeralah periksakan ke dokter spa.
Itu bunda penjelesan dari Dr. SPA baby Asraf, Ternyata yagh bunda memberikan MPASI pada bayi benar-benar tidak boleh sembarangan, harus lebih banyak belajar lagi dalam pemberian asupan yang terbaik. Disini saya pun mengambil pelajaran kalau semua yang berlebihan itu tidaklah baik. Alhamdullillah saya dan ayah asraf lega sekali ternyata hal ini tidaklah berbahaya. Sekarang saya pun menjadi bunda yang semakin kreatif untuk membuat menu yang berbeda setiap 3 hari sekali untuk my baby bala- bala. Dan syukurnya my baby selalu menghabiskan semua makanan yang udah dibuat bundanya. Selalu ada hikmah dibalik semua ini. My Luvly baby bala bala….
Smoga bermanfaat buat bunda yang lain yagh….
Salam KEB Medan
  1. author

    Lily Kurniaini2 years ago

    ooo..sama mak..Anak saya sudah hampir 4 tahun tetapi telapak tangan dan kakinya kuning. Usut punya usut ternyata tiap harisuka makan pepaya. Jadinya sekarang pepaya nya dikurangi, ganti buah lain.

    Reply
  2. author

    Eva Arlini2 years ago

    ooo gitu ya mak..trims mak

    Reply
  3. author

    Yulia Sari2 years ago

    ooo…trnyata pepaya juga mempengaruhi yagh mak ???
    mksih ygh mak inpohny…saya juga bru tau

    Reply
  4. author

    Yulia Sari2 years ago

    iya mak…jgn trlalu panik klo anak menguning…asalkn mata dan kukunya tdk menguning kmungkinan fktor mkanan…

    Reply
  5. author

    Lia Herliana2 years ago

    Salam kenal ^^ Anakku kuningnya waktu new born. Sampe matanya juga menguning. Kaa dokter, bisa karena fungsi hati belum maksimal. Ini pun normal. Tpi anakku sampe opname, sebab ASIku nggak lancar. Alhamdulillah beberapa hari kuning di matanya berangsur hilang 🙂

    Reply
  6. author

    Keke Naima2 years ago

    kayak anak sepupu saya. Pernah kuning tapi gak taunya kebanyakan makan wortel 😀

    Reply
  7. author

    reynata pandu2 years ago

    Nice, Thank to admin for the article

    Reply
  8. author

    fenti ermayani1 year ago

    Anak sya jg gtu..tp trnyata krn kebanyakan wortel, brokoli, pepaya dn jagung..ke4 syuran dn buah itu yg mmg sering bgt dikonsumsi anak sya..tp sbnrnya tdk bahaya kok..ada msukan gk, syuran rendah karoten apa ya yg bisa diolah jd mpasi? Thanks

    Reply

Leave a reply "Telapak Tangan dan Kaki Bayi Menguning"