Kartu Kredit yang Menguntungkan

No comment 2597 views
Ternyata masih ada zaman sekarang yang  belum memiliki dan memilih tidak mau menggunakan kartu kredit dengan alasan sendiri-sendiri, tapi salah satu dari alasan itu adalah karena takut kelilit hutang. Kalau dari pribadi saya sih Kartu kredit itu menguntungkan. Gak jarang juga ada yang bertanya dengan saya, “bunda, gak takut punya lebih dari satu kartu kredit (CC)?”
Jawaban saya jika ditanyakan seperti itu selalu sama, yaitu kartu kredit itu membantu koq, menguntungkan juga hanya saja harus tau cara pemakaiannya. Yang ditakutkan itu kan pemakain CC yang tidak paham benar cara menggunakannya. Jadilah ia memiliki hutang yang berbunga-bunga besar. Emang iya sih benar bunganya besar….tapi bagi saya pemakai CC,semuanya dapat disiasati koq, bagaimana caranya ?? sedikit BundaAsraf kasih tau cara cerdas pakai CC :
  1. Ubah pola pikir anda terlebih dahulu dengan menganggap CC itu adalah uang lebih anda. CC itu bukan uang anda tapi kartu hutang yang jika tidak dibayar maka akan terperangkap oleh bunga – bunga hutang. 
  2. Penggunaan CC hanya untuk promo yang menguntungkan. Contoh kasus, BundaAsraf kalau belanja bulanan lumayan banyak, sayang sekali jika tidak memanfaatkan fasillitas CC yang ada. Biasanya di salah satu CC yang bunda punya ada yang menawarkan discon menggunakan CC tersebut dan mendapatkan Cash Back 5% dari total belanja yang akan dicreditkan ke Bill tagihan. lumayan bukan ? bisa 2 kali hematnya, dapat discount dan cash back lagi.
  3. Perhatikan Tanggal cetak dan jatuh tempo CC. Misal, tanggal cetak CC punya bunda pertanggal 23 setiap bulannya dengan jatuh tempo tgl 13 tiap bulannya. Nah bunda belanja bulanannya tanggal 25 bulan juli, maka tagihan belanja bulan juli dapat bunda bayar pada bulan september sebelum tanggal 13 dan semua dibayar sesuai jumlah tagihan. Jadi, dipastikan tidak terkena bunga.
  4. Hindari pembayaran minimum karena akan membuat hutang berbunga dan tidak selesai- selesai hutangnya.
  5. Perhatikan tanggal jatuh tempo, jangan sampai terlambat karena dendanya sangat besar. Oleh Sebab itu begitu gajian langsung bayar, walaupun jatuh temponya masih lama.
  6. Saat ini biaya pengobatan sangatlah mahal, anda dapat menggunakan CC untuk pembayaran selagi anda mengumpulkan uang. Atau mungkin jika anda bekerja di perusahaan yang mengcover kesehatan dengan system reimbers maka CC adalah jalan keluar untuk mendahulukan biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan sebelum biaya dari kantor cair.
  7. Jangan sekalipun anda melakukan tarik tunai dari ATM pada CC anda, karena bunga yang dikenakan bervariasi tergantung jenis CC yang anda pakai bisa 3-6%.
Jika, dari point diatas anda tertarik untuk mengapply CC, anda juga harus tahu jebakan-jebakan batman yang dibuat perusahaan agar mereka pun tetap mendapatkan keuntungan, yaitu :
  1. CC awalnya ajah yang free iuran tahunan, ditahun ke2 dan selanjutnya akan dikenakan biaya iuran, jadi bagi anda yang baru memiliki CC jangan kaget jika tiba-tiba ada 250K yang di tagihkan ke tagihan CC anda.Untuk biaya sih, bervariasi yak… tergantung jenis kartunyna.
  2. Biaya materai lunas pun dibebankan oleh pengguna CC, materai yang digunakan tergantung transaksi pembelajaan.
  3. Biaya kelebihan limit, misal jika limit CC anda 3 juta dan anda menggunakan CC 3,1 juta maka anda akan dikenakan biaya tergantung pada kebijakan masing-masing Bank
  4. Denda yang tinggi dan bunga-bunga hutang yang terus berbunga macem kebun yang penuh dengan bunga BANK jika anda terlambat melakukan pembayaran atau melewati jatuh tempo.
  5. Jika anda sudah mengapply CC, maka bersiaplah assurance CC tersebut akan menelfon anda. Telemarketingnya akan merayu anda untuk menggunakan assurance tersebut, harap berhati-hati jika anda tidak benar-benar membutuhkannya
  6. Jika anda melakukan cicilan dan sebelum jatuh tempo anda membatalkannya, maka anda akan dikenakan biaya. Biasanya hal ini akan diberi tahu pada saat anda mengajukan cicilan.
Nah, sudah tau kan apa keuntungan dari si CC itu ?? intinya adalah ada pada anda sendiri, andalah yang mengatur keuangan anda. Pakailah si CC sesuai dengan kemampuan bayar anda sehingga anda pun terhindar dari jerat hutang berbunga.
Salam KEB Medan.

Leave a reply "Kartu Kredit yang Menguntungkan"