Mengurangi Rasa Gatal Pasca Operasi Sesar

1 comment 732 views

Pengorbanan seorang ibu terhadap anaknya sepanjang masa. Tidak heran jika dikatakan surga dibawah telapak kaki ibu. 9 bulan hamil, merasa sakit pinggang, kontraksi, mual berkepanjangan dan lain sebagainya. Belum siap sampai disitu pada saat proses persalinan yang dilakukan secara normal perut yang kontraksi membuat seorang ibu meregang nyawa menahan kesakitan tapi setelah mendengarkan suara tangisan bayi yang dirasakan seorang ibu adalah kebahagiaan dan rasa haru dan dengan sekejap sirna semua rasa sakitnya. Khusus para ibu yang melahirkan secara sesar, walau tidak merasakan sakit saat menjalani operasi tapi, pasca operasi rasa sakit bekas jahitan akan sangat terasa oleh sang ibu. Jangankan untuk berjalan, untuk sekedar memiringkan badan pun sangat sakit. Tapi seorang ibu, dibalik tutur katanya yang lembut ada kekuatan yang membuatnya sanggup untuk melawan rasa sakit itu menjadi sebuah anugrah dan keindahan yang harus dinikmatinya. Tidak sampai disitu pada saat menyusui sakit yang dirasakan pada putting payudara karena lidah anak yang kasar bahkan bisa berakibat berdarahnya putting. Tapi, tetap saja tidak membuat seorang ibu membenci anaknya ataupun merasa kesal dan meninggalkan anaknya begitu saja. Perasaan senang bukan kepalang yang dirasakan pada setiap ibu saat anak/ bayinya menyusui langsung dengan nya.
Bersyukurlah bagi ibu yang melahirkan secara normal karena hanya merasakan sakit saat masa persalinan saja ataupun 40 hari saat masa nifas. Bagaimana pada ibu yang mengalami operasi sesar, ibu harus menahan sakit selama 3 bulan atau bahkan ada yang menahun. Walaupun luka jahitan luar sudah kering, belum tentu dengan luka bagian dalam. Rasa gatal yang dirasa pada bekas jahitan sesar adalah salah satu efek dari operasi. Itu adalah hal yang sangat wajar, jadi bagi ibu yang mengalami rasa gatal pada bekas jahitan sesar BundaAsraf ada sedikit saran agar para ibu tidak mengalaminya :
1.       Pilih bahan dari pakaian dalam yang bagus, hindari yang berbahan panas dan ketat, terutama yang berbahan karet pada celana dalam yang meninggalkan bekas dikulit.
2.       Hindari makanan yang dapat memicu rasa gatal, apalagi bagi anda yang telah memiliki alergi suatu makanan. Karena, rasa gatal yang akan dirasakan pertama kali adalah pada bekas jahitan.
3.    Jika ibu merasa gatal pada bekas jahitan, janganlah digaruk tapi di oles dengan minyak zaitun.
4. Menggosok lembut dengan menggunakan sabun saat mandi  agar dapat memberikan kelembapan dan mengurangi rasa gatal.
Semoga tidak membuat anda para ibu trauma akan proses melahirkan. Karena menjadi ibu itu adalah pilihan. Dan anda seorang ibu telah memilih sesuatu yang sangat indah.

Salam #KEBMedan
author
Author: 
i'm blogger
  1. author

    Yulia Sari2 years ago

    Iya mbak, karena ini salah satu yang memicu
    masing-masing reaksi tubuh berbeda-beda mbak,
    ada juga yang mengaku kalau mkan2an instan dapat memicu rasa gatal pada bekas jahitan
    terim kasih sudah berkunjung

    Reply

Leave a reply "Mengurangi Rasa Gatal Pasca Operasi Sesar"