Memperkenalkan Anak dengan Alam Sekitar Sedari Dini

1 comment 2231 views
Lokasi: Taman Perpustakaan USU

Beberapa minggu ini saya dengan suami lagi seru-serunya mencari taman bermain yang ada di kota medan khususnya untuk mengajak anak kami bermain. Ya.. walaupun usianya masih seiprit tapi setidaknya kami sudah mengenalkannya dengan alam terbuka sedari dini. Jujur saya sangat prihatin dengan permainan anak-anak zaman sekarang yang sangat jauh berbeda dengan zaman saya semasa kecil. Saya menghabiskan waktu bermain diluar ruangan bukan seperti saat ini yang menghabiskan waktu di depan gadget atau TV. Saya ingin anak saya terbiasa bermain diluar ruangan agar anak saya dapat benar-benar menikmati masa kecilnya dan tidak menjadi dewasa karbitan alias dewasa sebelum waktunya.

Disini akan saya bagikan sedikit manfaat bagi anak jika bermain diluar (taman bermain):

1. Lebih sehat

Dengan bermain diluar maka anak akan bergerak lebih leluasa membuat semua organ motorik anak bekerja sebagaimana mestinya, membuat anak menjadi lebih lincah yang memicu kelincahan pada otak berfikirnya. Dan sedikit bocoran bagi anda yang memiliki masalah dengan “anak menolak makanan”, biarkan saja anak bermain sepuasnya jika anak sudah lelah maka dengan sendirinya anak akan meminta anda untuk menyiapkan makanannya.

2. Lebih cerdas

Jika anak sedari kecil sudah dikenalkan dengan taman bermain maka wawasan dan kreatifitas anak dalam bermain akan semakin luas. Anak akan mengembangkan imajinasinya seluas taman bermain tersebut. Perhatikan kreatifitas mereka saat bermain, pasti ada saja hal-hal unik yang mereka lakukan. Koordinasi motorik anak yang baik akan meningkatkan kemampuan anak dalam berkonsentrasi dan juga dalam hal kemampuan mengingat. Dengan bermain diluar anak juga dapat belajar mengenal warna dari daun dan bunga-bunga atau bahkan dapat menambahkan kamus kata dari nama-nama binatang. Begitu banyak yang dapat dipelajari dari sebuah taman bermain.

3. Bersosialisasi dengan Sekitar

Lokasi: Taman Perkemahan Pramuka ‘CADIKA’ – Medan

Dengan aktif-nya anak bermain di taman bermain akan menciptakan anak yang memiliki tingkat social yang tinggi. Karena dari bermain dapat membuat anak berinteraksi dengan teman yang lain, dapat mengajarkannya berhubungan baik dengan teman atau bahkan bekerjasama dalam suatu permainan. Mengajarkan anak akan sifat empati jika temannya terjatuh sehingga timbul sikap saling tolong menolong. Anak yang sering diajak bermain di luar (taman bermain) membuatnya dapat mengeluarkan emosi (senang, gembira, girang) yang ada pada dirinya dan juga dapat mengurangi kejenuhan yang dialami anak didalam rumah.

Jadi Bunayah, “Ayo Main Diluar” ajak anak-anak bermain ditaman sedini mungkin. Biarkan saja anak bermain dirumput ataupun tanah, karena itulah pembelajaran yang alami dan terbaik untuknya. Namun jangan lupa untuk tetap dalam pengawasan bunayah ya?

Semoga dapat menjadi inspirasi liburan sederhana para bunda dan ayah.

Salam KEB Medan

  1. author

    enci harmoni3 years ago

    setuju mak, saya juga suka membawa anak main di luar, kadang main tanah dan pasir, malah saya suruh, hampir tiap sore juga kami jalan2 keliling kebon karet, jalan becek, biar dia tau hidup ini gak tempat bersih2 saja…

    Reply

Leave a reply "Memperkenalkan Anak dengan Alam Sekitar Sedari Dini"