Tips Mengatasi Bayi Rewel

1 comment 1236 views

Belajar sebagai orang tua tidak ada kata selesai atau wisudanya, pelajaran sebagai orang tua akan terus dan terus berlanjut sampai dengan nafas dan denyut nadi berhenti. Ada saja perubahan dari anak atau tumbuh kembang anak yang harus terus dipelajari bagi setiap orang tua. Seperti saya saat ini yang sedang mempelajari rewel nya baby A, apa yang sebenarnya terjadi dan fase apa yang sedang dijalani bayi berusia 7 bulan seperti ini. Sesuai dengan artikel saya sebelumnya Tumbuh Kembang Bayi, saat ini baby A sedang menikmati sakitnya hendak tumbuh gigi. Bawaanya rewel, sampai bundanya pun bingung mau nya apa karena hanya mewek dan minta gendong saja.

Masukkan jari kedalam mulut
Sakit gigi itu memang suatu yang sangat menyebalkan, jangankan bayi mungkin bunda saat tumbuh gigi geraham terakhir akan terserang demam ataupun bengkak di gusinya. Bisa dibayangkan dong yagh, apa yang dirasakan oleh bayi bunda yang akan tumbuh gigi di gusinya yang masih sangat lembut. Bayi yang akan tumbuh gigi biasanya ditandai dengan rewelnya tiap malam, suka menggeramkan payudara dengan gusinya, menggigit apapun itu yang dapat digenggamnya, perubahan suhu badan yang terjadi pada malam hari bahkan sampai GTM ( Gerakan Tutup Mulut ) saat diberikan makanan.
Untuk itu saya pun berusaha untuk mengerti apa yang dirasakan oleh bayi saya yang sedang menahan sakit dan gatal yang dirasakan pada gusinya dengan cara :

Memberikan teether. Teether berfungsi untuk mengurangi rasa gatal pada gusi bayi, berikan teether yang bergerigi untuk bayi yang sama sekali belum ada tumbuh gigi pada gusinya. Karena teether itu pun banyak jenisnya so, buat bunda jangan salah pilih.
Memberikan Finger Food. Aneka buah yang dingin dapat diberikan kepada bayi agar rasa gatal pada gusi dapat sedikit berkurang karena dingin dari buah tersebut. Bunda dapat memberikan dengan potongan yang dapat digenggam oleh bayi, jangan terlalu kecil karena jika terlalu kecil dapat membuat bayi kelolotan / tersedak  atau bisa juga dengan bantuan alat agar bayi tidak kelolotan dengan  potongan buahnya.

Mengusapkan gusi. Masukkan sapu tangan yang bersih kedalam frezer agar sapu tangannya menjadi dingin dan setelah dingin bunda dapat mengusap gusi bayi dengan lembut untuk meredakan nyeri yang dirasakan pada bayi. Tapi, jangan dipaksakan jika bayi menolak untuk anda mengusapkan gusinya, karena bisa saja disaat itu lebih sakit yang dirasakan oleh bayi.

Pada saat bayi bunda dikondisi yang sangat rewel dan semua serba salah atau begini gak mau begitu gak mau tetaplah bersabar ya bunda, jaga konsisten senyum dan kontak mata bunda hindari sentakan suara yang keras yang dapat mengagetkan bayi. Itu akan membuat bayi semakin rewel karena bayi merasa bundanya tidak perduli akan rasa sakit yang dirasakan olehnya. Belajarlah untuk bisa merasakan apa yang dirasakan bayi, karena jika bunda bisa memahami bayi bunda maka dengan naluri seorang bunda, bunda akan mengetahui apa yang diinginkan oleh bayi walaupun bayi bunda tidak mengucapkannya.
Hak yang sangat istimewa dan special adalah hak menjadi seorang ibu. Karena ibu itu adalah manusia yang sangat super melebihi dari superhero yang ada di dunia.Bersyukurlah bunda masih ada mulut kecil yang memanggil anda dengan panggilan bunda. Sayangilah anak melebihi sayangnya bunda pada diri sendiri.

Sehat selalu buat bunda dan bayi bunda

Salam Bloger Medan

  1. author

    Beby Rischka3 years ago

    Thanks for sharing, Mbak.. 😀

    Reply

Leave a reply "Tips Mengatasi Bayi Rewel"