Salah Kaprah Tentang MPASI

2 comments 983 views
Mengenalkan Baby Asraf terhadap buah jeruk

Banyak para ibu-ibu muda yang masih bingung perihal MPASI yang baik untuk bayinya, bahkan ada yang kurang memahami tekstur, jenis makanan dan juga gizi yang dibutuhkan oleh bayinya. Terkadang inilah yang membuat pertumbuhan anak menjadi lambat, karena kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan bayi diusia 6 bulan. ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi, bayi yang berusia 0-6 bulan membutuhkan ASI 100%, tanpa ada asupan makanan yang lain. Saat anak memasuki usia 6 bulan, maka ada makanan lain yang diberikan selain dari ASI karena kebutuhan tubuhnya yang ASI tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan bayi oleh sebab itu diperlukan asupan gizi dari makanan pendamping yang lain. Makanan pendampingnya pun harus memenuhi dari berbagai gizi seperti

  1. Karbohidrat, seperti Kentang, Beras Merah,  dan lain sebagainya
  2. Protein, seperti ikan, Kacang- kacangan dan Kuning telur
  3. Vitamin dan Mineral, seperti Buah dan Sayur
Di hari pertama bayi merasakan makanan, kenalkan bayi dengan satu jenis makanan terlebih dahulu, contoh kentang selama 3 hari sebagai perkenalan pertama bayi terhadap makanan dengan tekstur yang sesuai dengan usia bayi (baca artikel: Hal yang harus diketahui dari MPASI), hal ini berguna untuk mengetahui efek alergi dari makanan yang diberikan kepada bayi. Dengan catatan tetap harus diberikan karbohidrat kepada bayi anda. Sering para dokter anak menganjurkan untuk perkenalan pertama MPASI bayi adalah buah dan sayuran, agar si bayi merasakan manis asemnya buah dimaksudkan supaya bayi memliki rasa ketertarikan terhadap makanan. Tetapi bukan berarti bayi hanya dikasih sayuran dan buahan saja karena asupan yang lebih dibutuhkan bayi lebih dari itu seperti protein dan karbohidrat.

Makanan pertama bayi saat awal perkenalan bisa apa saja, tidak harus buah dan sayuran, tergantung dari daerah masing-masing, misalkan dari daerah pegunungan kebanyakan buah lalu dikasihlah buah, daerah pertanian dikenalkan dengan sayuran dan begitu seterusnya. Disinlah salah kaprahnya pengenalan makanan yang dilakukan bunda terhadap bayinya yang hanya memberikan buah dan sayuran saja tanpa ada tambahan karbohidrat  yang sebenarya lebih dibutuhkan bayi. Hal ini yang membuat lambatnya pertumbuhan motorik bayi dan tidak bertambahnya berat badan bayi.

Sedikit saya kasih contoh jadwal MPASI baby Asraf

Minggu pertama:

05.30 : Menyusui langsung dengan saya
07.30 : Sarapan Karbo ( Kentang )
10.00 : ASIP
12.30 : Makan siang Karbo ( Kentang )
15.00 : Jus Sayuran + Jeruk
19.00 : Menyusui sepuas hati bayi sampai dengan pagi kembali

Minggu Kedua:

05.30 : Menyusui langsung dengan saya
07.30 : Sarapan ( Beras Merah Organik + Sayuran )
09.00 : Buah ( Pepaya )
10.00 : ASIP
12.30 : Makan siang ( Beras Merah Organik + Sayuran )
15.00 : Jus Bit + Apel
19.00 : Menyusui sepuas hati bayi sampai dengan pagi kembali

Semua itu tergantung dari kreatifitas para bunda untuk mengatur dan memberikan variasi makanan yang menyenangkan untuk bayi agar bayi tidak merasa bosan terhadap satu makan yang itu – itu saja (Baca Artikel: Resep MPASI Home Made). Untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat memicu alergi dapat dilihat di artikel Usia yang Tepat Untuk MPASI.

Untuk pengenalan makanan pertama, bayi hanya makan sekitar dua sendok teh saja, untuk para bunda jangan terlalu memaksakan agar bayi menghabiskan semuanya. Jika bayi hanya mengecap-ngecap makanannya tanpa menelan biarkan saja jangan dimarahin, jadikan kegiatan makan itu menjadi kegiatan yang menyenangkan bukanlah suatu yang menyeramkan. 

Selamat Mencoba Bunda dan Semoga bayi anda sehat selalu

Salam Bloger Medan

author
Author: 
i'm blogger
  1. author

    Beby Rischka2 years ago

    Jeda waktunya lumayan singkat.. Ngga papa kah Mbak, dikasih makanan terus menerus?

    Reply
  2. author

    Yulia Sari2 years ago

    sampai dengan saat ini baby asraf alhamdulillah sehat2 ajah,krna jrk wktu mknnya juga 4 jam. dan mnrt saya itu jedah wktu yg tdklah singkat

    Reply

Leave a reply "Salah Kaprah Tentang MPASI"