Mamak – Mamak Kenak BEGAL

4 comments 2386 views

BEGAL. ini bukanlah begal yang bunuh – bunuhan itu loh ya… begal disini yaitu Bete dan Galau nya para emak – emak kalau anaknya udah melakukan penolakan terhadap makanan. Sadar apa enggak hal ini lah yang ngebuat kerutan di wajah para mamud ( Mak Muda ) cepat hadir pada wajah sebelum waktunya. Oleh karena kebanyakan emak – emak pada punya masalah dengan hal ini, maka sedikit saya jabarkan sebab – sebab anak menolak makanan :

1. Anak Masih Kenyang. Terkadang banyak alasan yang membuat si anak menolak makanan mungkin salah satunya yaitu si anak dalam kondisi kenyang. Perlu diperhatikan bagi bunda untuk mengatur jadwal makan anak. Jangan terlalu dekat dengan jadwal minum susu atau ngemil lainnya, itu lah yang buat anak tidak mau membuka mulut saat makan.

2. Anak Sariawan. Jangankan anak, orang dewasa saja kalau sudah sariawan rasanya malas untuk makan. Konon lagi anak kecil yang selera makan nya masih sangat sedikit. Maka dari itu rajinlah bunda untuk membersihkan bagian mulut bayi bunda dengan kain yang bersih, agar bayi terhindar dari yang namanya sariawan.

3. Tumbuh Gigi. Yang namanya perihal gigi ini emang paling nyebelin kalau sudah bermasalah, apalagi bagi bayi yang gusinya masih lembut akan ditumbuhi gigi – gigi susu. Pasti para bayi merasa nyeri, gatal semuanya lah yang ngebuat emosi si bayi meningkat alhasil bayi pun ogah buka mulut untuk makan. Beri makan anak secara perlahan biar agak lama yang penting anak memakan makananya. Baca cara Mengatasi Bayi Rewel saat Sakit Gigi
4. Hanya mau bermain.Jangan dibiasakan anak bermain sambil makan. Ajarkan kepada anak sejak dini bahwa kegiatan makan itu di kursi makan tanpa main – main apalagi sambil jalan – jalan keliling kompleks. Jangan langsung menuruti apa kemauan anak, biasanya ada saja cara yang dibuat anak agar para orang tua mau melakukan apa yang diinginkan, biarkan saja anak merengek jangan dibentak tetapi diberitahu secara lembut kalau hal ini, hal itu tidak boleh dilakukan dan tetap duduk di kursi makannya. Agak kejam kelihatannya, tapi hal ini baik untuk pertumbuhan dan menumbuhkan kebiasaan baik sedari kecil.

5. Mengantuk.Jangan beri makan anak di jam tidurnya, jangankan anak bunda saja disuruh makan saat sahur dibulan puasa pasti ogah-ogahan karena harus menahan kantuk. Buat jadwal makan yang tidak bersamaan dengan jadwal tidurnya.

6. Dalam Keadaan Sakit. Jika anak menolak makanan yang menjadi kesukaannya, ini perlu dicek suhu badannya. Apakah anak sedang demam, flu ataupun batuk yang membuat hilangnya selera makan.

Sebab yang saya jabarkan diatas merupakan pengalaman saya pribadi memberi makan baby A pada usia 7 bulan, mungkin masih banyak cara lain masing – masing anak untuk menolak makanan dan bisa jadi ini masih hal kecil yang dihadapi para bunda yang sudah memiliki anak yang berusia diatas satu tahun.

Semoga membantu para bunda dalam menghadapi BEGAL nya terhadap anak.

Salam Blogger Medan

  1. author

    fanny fristhika nila3 years ago

    ini srg terjadi memang :D.. Dan sayangnya aku tpe yg ga sabaran mba ngadepin anak2 mogok makan gini…-__- jd drpd emosi, biasanya lgs aku panggil pengasuh anakku utk bujukin .. kec saat pengasuhnya libur, baru deh suami yg turun tangan bujukin dia

    Reply
  2. author

    Yulia Sari3 years ago

    iya mak fanny…klo gak bisa nahan emosi,minta bantuan suami,mak fan tenangkan dri kmudian mncoba lagi…
    biar ngajarin anak juga supaya nurut dengan bundanya….

    Reply
  3. author

    Beby Rischka3 years ago

    Kasian ya kalok adek bayi lagi tumbuh gigi, Mbak.. Bakalan rewel karena ngga enak badan.. Suka ngga tega liatnya 🙁

    Reply
  4. author

    Lusi3 years ago

    Kirain begal beneran 🙂

    Reply

Leave a reply "Mamak – Mamak Kenak BEGAL"