RESEP MPASI HOME MADE

1 comment 10312 views
My Baby makan pure kentang + ASIP saat perkenalam MPASI I
11 Maret 2015

 Zaman sekarang sangat mudah memberikan asupan untuk balita, segala jenis bubur instan sudah banyak disediakan di pusat perbelanjaan. Selain dari komposisi gizinya yang bervariasi cara penayjiannya juga ringkas dan cepat, hanya dengan menyeduhkannya memakai air panas ataupun ASIP, bubur pun dapat langsung diberikan kepada bayi. Tapi, bunda alangkah menyenangkan jika bunda dapat membuat sendiri MPASI bagi bayi bunda. Selain dari nutrisinya yang mencukupi juga terhindar dari pengawet. Bahan yang disiapkan untuk MPASI juga fresh, memang bunda harus bersedia meluangkan waktu untuk membuat MPASI nya. Tapi, memberikan MPASI Home Made juga dapat cepat dan mudah koq, asalkan bunda ikhlas dalam mengerjakannya, Insyaallah tidak serumit yang dibayangkan koq bunda.

Disini akan saya bagikan resep – resep MPASI Home made.

My Baby belajar minum jus dari cangkir
  1. Labu Kuning : Rebus labu kuning, kemudian dihaluskan dan disaring, dapat ditambahkan dengan ASIP. Labu kuning kaya akan serat dan banyak mengandung vitamin C dan Vitamin A
  2. Brokoli : Potong Brokoli, buang batangnya kemudian direbus sampai dengan lembut. Kemudian lumatkan dan disaring. Jika tekstur dari hasil saringannya masih sedikit berserat dapat ditambahkan dengan ASIP. Brokoli kaya akan folat, serat dan kalsium. Kandungan Sulfur dalam brokoli dapat meningkatkn nafsu makan bayi.
  3. Alpukat : Kerok buah alpukat, kemudian lumatkan sampai dengan halus. Buah alpukat ini kaya akan lemak tak jenuh bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa komposisi lemaknya hampir mirip dengan ASIP. Lemak tak jenuh baik untuk perkembangan otak bayi.
  4. Jeruk : Berikan sebagai finger food. Kandungan vitamin C dan antioksidannya tinggi membuat buah ini baik untuk makanan bayi.
  5. Sayuran berwarna Hijau : Cara penyajiannya bisa dibuat jus sebagai cemilan anak disore hari. Sayuran hijau kaya akan jumlah zat besi dan folat yang tinggi seperti Bayam, Sawi kailan, dan banyak lagi. 
  6. Wortel : Cara penyajian nya dikupas dan direbus sampai dengan lunak, kemudian dilumatkan. Wortel merupakan sayuran yang sangat baik bagi bayi karena mengandung vitamin yang komplit. Selain banyak mengandung vitamin wortel juga baik melancarkan pencernaan, mengobati cacingan dan mengobati bayi yang diare.
  7. Keingintahuan My Baby terhadap buah jeruk
  8. Kentang : Hampir sama dengan Wortel, hanya saja sedikit ditambahkan ASI agar teksturnya sesuai dengan usia bayi. ( Baca : Hal yang harus diketahui dari MPASI ). Kandungan kentang kaya akan kandungan vitamin, karbohidrat, serat, sodium, potasium, fosfor dan zat besi. Kandungan Phytonutrient dalam kentang juga merupakan antioksidan dan penangkal radikal bebas. Sangat baik sebagai pengenalan pertama MPASI pada bayi.
    Semangatnya My Baby mencoba rasa jeruk
    1. Edamame : Edamame ( Kedele jepang ) juga mengandung protein, senyawa organik seperti asam folat, mangan, isoflavon, beta karoten, dan sukrosa. kandungan gizi edamame ini setara susu sapi dan lebih tinggi dibanding daging sapi. Kedelai sebagai sumber lecithin dan vitamin E.
    2. Buah bit : Cara penyajian nya dapat dijadikan mix jus, dapat dicampur dengan jeruk ataupun pepaya agar rasanya tidak terlalu langu. Manfaat buah bit untuk bayi baik untuk tumbuh kembangnya sebab kandungan vitaminnya cukup banyak. Kandungan kalsium yang dapat memperkuat  tulang bayi.Dapat juga menghindarkan dari resiko kurang darah. Bayi membutuhkan kadar darah yang seimbang untuk membantu proses tumbuh kembang bayi secara sempurna. 
    3. Semangka : Dapat dijadikan Pure semangka. Selain dapat menghilangkan rasa haus pada bayi.Semangka juga mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk menghilangkan kolik. Selain itu, dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah. Kulitnya mengandung klorofil, yang baik untuk kelenjar dan darah.
    Banyak cara yang dapat bunda berikan kepada bayi yang sedang menjalani MPASI. Buatlah jadwal makan bayi seperti makan 3 kali sehari:
    • Pagi buah / pure, 
    • Siangnya karbohidrat dan 
    • Sorenya dapat diberikan jus buah ataupun jus sayur. 
    Harus pegang sendok juga saat kegiatan makan
    Reaksi My Baby terhadap MPASI yang pertama
    Setiap pemberian MPASI tidak dianjurkan menggunakan penyedap rasa seperti gula, garam ataupun madu. MPASI merupakan pengenalan makanan pada bayi, jadi biarkan bayi merasa asli dari makanan itu sendiri.

    Biasakan pada bayi untuk mencoba segala jenis rasa agar menghindari anak yang pemilih makanan ( Pickey Eater ). Sebenarnya istilah itupun dilahirkan dari selera orang tuanya. Orang tua lah yang menciptakan anak yang pemilih makanan.

    So, bunda selagi yang diberikan itu adalah makanan yang baik bagi bayi, berikan saja tanpa bunda meragukan rasa dari makanan tersebut. Gampangkan ???
    Anak Senang, bunda pun tenang
    Senyuman My baby selesai Makan
    Semoga dapat menjadi inspirasi para bunda dirumah
    Salam Blogger Medan
    1. author

      scb3 years ago

      anak senang, bunda tenang, ayah terngiang. halah
      tips nya seru blogger mom satu ini. makasih ya informasinya kak

      Reply

    Leave a reply "RESEP MPASI HOME MADE"