Pengaruh Menstruasi Terhadap ASI

No comment 8219 views

Seminggu yang lalu saya merasakan hal yang sangat mengagetkan yaitu ASI drop. OMG, kejadian luar biasa ini sangatlah membuat pikiran saya stress. Biasanya saya dapat memerah ASIP dengan sekali pumping sekitar 150 – 200 ml dalam sekali pumping dan kali ini saya hanya mendapatkan 70 – 100 ml persekali pumping. Makanan pelancar ASI sudah saya konsumsi, bahkan saya baru saja melakukan relaktasi selama 9 hari dengan anak agar ASI yang didapat tetap banyak. Karena visi saya saat ini yaitu memberikan ASI kepada anak selama 2 tahun. Untung saja saya tidak langsung panik walau sedikit stress yang mengganggu. Dan setelah saya analisa kembali penyebab Dropnya ASIP saya yaitu karena saya sedang Menstruasi.

Apakah pengaruh Menstruasi terhadap Kualitas & kuantitas ASIP 

Ternyata menstruasi tidak mempengaruhi kualitas dari ASI. ASI yang dihasilkan tetaplah asupan terbaik bagi bayi apalagi bayi dibawah 6 bulan yang sedang menjalani ASIX. Tetapi sangat mempengaruhi kuantitas dari ASI. Kenapa menstruasi mempengaruhi jumlah ASI, karena :

1. Perubahan hormon, beberapa ibu mengalami nyeri pada payudara.
2. Perubahan mood, seringkali merasa lelah
3. Sakit kepala yang membuat proses menyusui menjadi tidak nyaman
4. Mengurangi produksi ASI
5. Nyeri pada putting

Jadi, yang saya lakukan saat saya sedang mengalami menstruasi adalah tetap penuhi asupan makanan dan minuman yang bergizi, hindari aktifitas yang terlalu menguras tenaga (bagi anda yang ibu – ibu pekerja seperti saya, jangan sampai pekerjaan membuat anda lelah sekali. Sesekali maksimalkan waku istirahat disaat anda sedang melakukan pumping, pikirkan sesuatu yang menyenangkan agar memicu hormon oksitosin sehingga anda tetap dapat memproduksi ASI yang banyak), optimis dan positif thingking kalau anda bisa menghasilkan ASIP banjir, buat frekuensi pengeluaran ASI lebih sering (kalau saya biasanya melakukan pumping dikantor 3 X, kali ini saya melakukannya 4 X di kantor).

Apapun itu yang terjadi dengan anda, tetaplah percaya diri bahwa anda dapat memberikan ASI kepada anak anda sampai dengan 2 tahun. Jangan biarkan pikiran negatif mengganggu fokus anda dan menggoyahkan kepercayaan diri anda.

Semangat terus para bunda pejuang ASI.

H-8 menjelang baby Asraf MPASI dan baby Asraf wisuda ASIX.

Salam Blogger Medan

author
Author: 
i'm blogger

Leave a reply "Pengaruh Menstruasi Terhadap ASI"