Hati-Hati Penipuan Foto Kontes Bayi di Sosial Media

10 comments 5835 views
Hi mom, kali ini artikel BundaAsraf.com agak sedikit berbeda dari artikel biasanya. Hal ini dikarenakan keresahan Saya atas maraknya penipuan kontes foto di Sosial Media.

Bukan tanpa alasan saya mengajak Bunda agar berhati-hati dengan kontes seperti ini. Karena Saya sendiri sudah mengalami penipuan ini dan merasa berdosanya Saya jika informasi ini tidak disebarkan, sementara teman-teman Saya masih banyak yang terjebak dengan penipuan foto kontes bayi ini.
Lalu seperti apa model penipuan foto kontes bayi di Sosial Media ?
Berawal dari Instagram, saat saya memposting foto saya berhijab. Kemudian ada yang mereplay dan mengajak saya untuk mengikuti kontes foto hijab. Dan tanpa saya cari tau tujuan ataupun visi dari foto kontes tersebut saya langsung mengikutinya dengan syarat harus mengajak 5 orang teman lainnya.
Setelah 3 hari mengikuti foto kontes itu, foto saya direplay oleh sang penyelenggara kontes dengan tawaran seperti ini, 

“Assalamu’alaikum ukhti, jika ukhti masuk ke 10 besar pemenang, siapkah ukhti membayar BP akhir sebesar Rp. 95.000,- + Ongkirnya ??”

Saat itu saya terkejut, ini kontes atau membeli hadiah. Dari situ saya sadar kalau hal ini adalah penipuan yang berkedokkan Photokontest. Karena saya tidak merespon dari message yang disampaikan, alhasil saya pun tidak menjadi juara. 
Selain dipungut biaya, ada pula penyelenggara mengatakan istilah “Blacklist” jika peserta tidak mau membayar saat sudah terpilih menjadi pemenang. Hal yang sangat Aneh, Jika anda agak sedikit lebih cermat. Sebenarnya ini event foto kontes atau tindak kriminal sih, pakai istilah “Blacklist” segala, kalau menang yagh menang saja.
Target mereka adalah ibu-ibu yang suka memposting foto keluakuan anaknya yang lucu atau bahkan wanita yang berhijab seperti saya, dan anehnya lagi ada saja yang mau membayar biaya pendaftarannya.
Mungkin ada kebanggaan orang tua karena anaknya mendapatkan “kepopuleran” disosial media yang memenangkan kontes fotogenik. Tidak ada salahnya bagi para orang tua untuk mengeksplor bakat dari anak. Tapi, alangkah baiknya jika bunda mentelaah terlebih dahulu kontes – kontes yang diadakan, seperti diselenggarakan oleh pihak apa, panitia nya siapa, atau bahkan visi misi penyelenggara dalam melakukan kontes tersebut. 
Setiap penyelenggara kontes pasti memiliki Visi & Misi tersendiri. Saya kasih contoh: Majalah ayahbunda menyelenggarakan foto contes tidur siang. Para bunda dapat memposting foto anak yang sedang tidur siang dan memberikan hashtag #tidursiangAB. Visi dari majalah ayahbunda yaitu memberitahukan kepada seluruh bunda arti pentingnya tidur siang untuk tumbuh kembang anak. Dan yang juara, fotonya akan dipajang dihalaman majalah ayahbunda.
Jika dibandingkan dengan fotocontest abal-abal, akan dibawa kemana hasil dari foto anak bunda yang juara. Sudah selesai sampai dengan bunda transfer Biaya Pendaftaran dan bunda mendapatkan piagam dari fotocontest tersebut.
Lebih cermat lah bunda dalam mengikuti kontes-kontes fotogenik. Lihat penyelenggaranya dan siapa yang mensponsori kontesnya.
Salam Blogger Medan.
author
Author: 
i'm blogger
  1. author

    Rita Asmaraningsih3 years ago

    Nah….ternyata benar nih firasatku bhw kontes semacam ini abal2… Ceritanya begini, keponakanku punya balita, dia ikut kontes kayak gini banyak banget..dan juara terus… Lucunya nih, tiap kontes dia mesti bayar berkisar 100 – 200ribu rupiah tergantung tarif yang dikenakan… Si emaknya balita girang bukan kepalang karena anaknya yg masih balita sudah punya piala beragam bentuknya… Awalnya aku gak tahu nih dari mana balita itu punya koleksi piala sampe si lemari…ternyata si Emaknya ikut kontes2an yg kayak gini…

    Reply
  2. author

    Anis Khoiriyah3 years ago

    Pengalaman temanku juga seperti itu, mungkin euforia dengan lucunya anak pertama sehingga ikut kontes abal2.

    Reply
  3. author

    fanny fristhika nila3 years ago

    lg banyak ya mba yg bgini2… Untungnya dari dulu aku emg ga suka ngikutin foto2 Fylly ke lomba2 gini 🙂 Event yg jelas sekelas AYAHBUNDA aja aku ogah, apalagi abal2 via FB ato medsos lain.. Serem memang, cara2 org nipu makin bnyk aja -__-… kdg mikir, mrk ini punya Tuhan ga sih… sukanya kok nyari uang dgn cara gini..Belum lagi kalo foto2 yg msuk disalahgunakan…

    Reply
  4. author

    Dewi Rieka3 years ago

    ada-ada aja orang cari duit sekarang yaa cck…

    Reply
  5. author

    Qory Chan2 years ago

    saya juga baru2 ini ikutin si baby contest foto di IG, menang terus tp blm ada yg saya konfirmasi datanya, jadi takut

    Reply
  6. author

    dessinta anggraini1 year ago

    Kemarin di ig tergiur tawaran photo contest baby..mereka pakek merk baby terkenal. Iseng aja sih aku langsur daftarin 2 anakku. Eh dalam semalam kok langsung menang. Trus bbm suruh melengkapi biaya akhir 92rb 1 anak. Kata2nya persis kayak yang di contohkan di blog ini. Sudah 3hari gk aku konfirm..ragu sih..dapat piala piagam n kotak makan. Mending beli sendiri. Lagian gk jelas visi misinya. Mana dah girang kasih tau kesana kemari kalo anak2ku menang photocontest. Hahaha

    Reply
    • author

      bunda oliv1 year ago

      Trus gmna donk bund…..apa itu. Inbox di biarin aja….ya

      Reply
  7. author

    bunda oliv1 year ago

    Nah ini yg aku bgungin bunda….ni anak ku menang tp suruh transver ini itu cman aku jd tkut…….knapa blom sadr kemren2,,,,trus pakek blacklist…emang apanya yg di blacklist…ni blom. Aku konfirmasi…….masih bgung aku hrus ngapain ya….

    Reply
  8. author

    Putri6 months ago

    Samaa bund.. Q jg br ngalamin nie… Slhku gak baca lbh lanjut, lsng aja uplod poto si kecil eeh lsng menang..trus dsrh klaim hadiah.. Eeh saking girangnya ya q klaim dech, q krm sesuai permntaannya.. Tp pas srh bayar total klaim sebesar 155rb dpt pala, piagam ama bantal+ongkir. Jd galo nie q..😣.. Lama2 q diemin.. Dy mulai wa q +ngancem mau diblack list &disebar,, disitu q mulai galoo lagi bund.. Tp sengaja ngulur waktuuu.. Bayar gak bayar gak.. Bingung.. Hahaha..

    Reply
  9. author

    Putri6 months ago

    Butuh saran nie bund… Di bayar gak yah?? 😀😣😂..kl gak dibayar di black list kl dibayar tkt penipuan… 😵

    Reply

Leave a reply "Hati-Hati Penipuan Foto Kontes Bayi di Sosial Media"