Apa sih Demam itu ???

No comment 986 views

Didalam Otak terdapat pengatur suhu (Termostat) yang disebut hipotalamus. Inilah yang mengatur konstan nya suhu tubuh manusia pada suhu 37″C. Jika suhu tubuh mencapai 38,5″C maka itu dapat dikatakan demam.

Jika terjadi peningkatan suhu itu disebabkan oleh adanya molekul kecil dalam tubuh yaitu pirogen yang merupakan zat penyebab panas. Hal yang menyebabkan terjadinya peningkatan pirogen yaitu adanya infeksi, alergi, ataupun peradangan yang ganas. Dikarenakan ada hal – hal tersebut sistem imun tubuh akan membasminya dengan serangan leukosit (Sel Darah Putih). Agar tugas Leukosit tersebut bekerja dengan baik, maka Luekosit butuh bantuan dari pirogen.

Demam merupakan pertahanan yang dilakukan oleh sistem imun untuk membasmi infeksi virus. Karena Virus tidak dapat tumbuh pada suhu yang tinggi, sebaliknya virus akan bertumbuh sangat cepat pada suhu yang rendah.  Dikarenakan demam mengakibatkan peningkatan penguapan cairan tubuh maka diharuskan untuk penderita demam meminum air yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.
Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa demam bukanlah suatu penyakit. Tapi, awal dari gejala penyakit yang disebabkan karena satu dan lain hal.
Semoga bermanfaat bagi anda
Salam Blogger Medan.

Leave a reply "Apa sih Demam itu ???"