Usia yang Tepat Untuk MPASI

No comment 2129 views

Tepat 2 minggu lagi babyA akan menghadapi MPASI nya yang pertama, untuk menyiapkan MPASI yang berkualitas, maka saya juga harus memiliki amunisi dan senjata yang lengkap agar makanan yang dikonsumsi nya pun mencukupi kebutuhan tubuhnya. Untuk sekedar informasi bagi para bunda, bahwa MPASI itu merupakan makanan pendamping ASI. MPASI diberikan saat anak berusia 6 bulan tepat.

Alasan kenapa tidak boleh MPASI diberikan sebelum usia 6 bulan : 

  • Menggantikan porsi ASI, menyulitkan pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi 
  • Menyebabkan kurang nutrisi jika bayi diberikan bubur encer atau sup karena mudah dimakan bayi 
  • Meningkatkan resiko sakit karena berkurangnya faktor perlindungan dari ASI 
  • Meningkatkan resiko diare karena MPASI tidak sebersih ASI dan tidak semudah mencerna ASI 
  • Meningkatkan resiko sesak napas dan kondisi alergi lainnya karena bayi belum mampu mencerna dan menyerap makanan dengan baik 
  • Meningkatkan resiko ibu untuk hamil karena berkurangnya frekuensi menyusui

Dan alasan kenapa MPASI harus diberikan tepat pada usia anak 6 bulan dan tidak boleh lebih, karena :

  • Bayi tidak mendapatkan makanan tambahan yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya 
  • Pertumbuhan dan perkembangan bayi lebih lambat 
  • Kemungkinan tidak mendapatkan nutrisi untuk mencegah malnutrisi dan defisiensi seperti anemia defisiensi zat besi Semakin besarnya bayi kebutuhan akan energi nya pun bertambah banyak. 

ASI saja kurang mencukupi kebutuhan energy bayi. Karena diusia bayi diatas 6 bulan, bayi sudah mulai merangkak. Aktivitas yang dilakukannya pun semakin banyak membuat energi yang dikeluarkan semakin banyak. Oleh sebab itu perlunya makanan pendamping selain ASI dapat menutupi semua kebutuhan yang diperlukan oleh bayi. Selain dari pada kebutuhan nutrisi pada bayi, bayi diusia 6 bulan sudah siap untuk makan dan lebih mudah diberi makan, sebagai tanda – tanda bayi siap untuk MPASI adalah :

  • Menunjukkan rasa tertarik saat melihat orang lain makan dan berusaha meraih makanan 
  • Suka memasukkan benda ke dalam mulut 
  • Mulai membuat gerakan mengunyah ke atas dan ke bawah dengan rahangnya 
  • Bayi sudah bisa duduk dengan disangga, yang memungkinkan ia untuk maju ketika ia ingin makan dan mundur apabila ia menolak 
  • Dapat mengendalikan lidah mereka dengan lebih baik untuk menggerakkan makanan di dalam mulut 
  • Bayi sudah berhenti menunjukkan “extrusion reflex” dimana jika anda meletakkan sendok pada mulutnya makanan yang anda masukkan keluar lagi dari mulutnya. 

Selain itu, perlu juga diperhatikan riwayat alergi pada kedua orang tuanya. Jika orang tua memiliki riwayat alergi belum tentu anak juga memiliki alergi terhadap suatu makanan yang sama. Tetap kenalin pada anak semua jenis makanan dan perhatikan dalam kurun waktu 3 hari, jika tidak ada dampak alergi pada anak, maka kemungkinan besar anak tidak mengalami alergi. tapi, jika ada dampak alergi maka hentikan konsumsi makanan tersebut dan boleh dicoba kembali saat anak berusia 1 tahun.
Adapun makanan yang sering memicu alergi antara lain: susu dan produk turunannya, telur, makanan laut dan kacang-kacangan. Beberapa buah-buahan juga diketahui dapat memicu alergi, misalnya jenis berry, jeruk, tomat dan jambu biji.

Masa MPASI bukan hanya pengenalan kepada makanan saja, tapi juga pengenalan pada kegiatan makan. Ajarkan sejak dini untuk memberikan makan kepada bayi bunda dengan cara duduk di tempat makan (meja makan atau kursi khusus).Hindari memberikan mainan, menyalakan televisi ataupun bentuk pengalihan lainnya agar anak mau makan.

Tingkah laku anak berbeda satu sama lainnya, tetap tersenyum dan jaga kontak mata dengan anak. Jangan tunjukan kekecewaan anda kepada anak saat ia menolak makanan, tetap bersabar dan teruslah berpikir kreatif dalam memberikan makan kepada anak. Agar anak menganggap bahwa kegiatan makan itu adalah hal yang menyenangkan.

Semangat bagi bunda bunda yang akan menjalani MPASI bagi putra/i nya tercinta
tetap berkreasi dan mari ciptakan suasana makan yang asyik dan menyenangkan bagi anak

Salam Blogger Medan

Leave a reply "Usia yang Tepat Untuk MPASI"