Sedekah itu INDAH

2 comments 319 views

Setiap manusia didunia ini pasti menginginkan kehidupan yang cemerlang, yaitu dapat menikmati sukses dunia dan akhirat. Untuk meraih sukses tidaklah susah jika saja anda mau meraihnya. Banyak manusia mengartikan kesuksesan dengan harta yang berlimpah. Tapi, arti sukses bagi saya adalah dapat bermanfaat bagi orang banyak khususnya saudara – saudara disekitar saya.

Dengan sedekah dapat membuat anda menjadi manusia yang sangat bermanfaat, karena sedekah anda dapat menjadi tambah berharta. Bukan anda yang mengejar harta yang berlimpah, tapi harta yang berlimpah lah yang mendatangi anda wahai pemberi sedekah yang mulia. sedekah bukan hanya bagi anda yang mendapatkan rezeki lebih, tapi sedekah dapat dilakukan bagi semua manusia yang ada dimuka bumi ini. apakah anda merasa kekurangan harta sehingga membuat anda tidak berhak untuk sedekah??

Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi Saw menjawab, “Bekerja dengan ketrampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersedekah.” Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?” Nabi menjawab: “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi Saw menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa sedekah tidak hanya dalam bentuk harta,bahkan mencegah diri sendiri dari perbuatan jahat juga merupakan sedekah dan masih banyak lagi jenis sedekah yang bisa anda bagikan ke semua orang disekitar anda, seperti :

  • Anda seorang yang berilmu, anda dapat bersedekah kepada anak – anak yang kurang mampu untuk mengajarkan mereka membaca dan menulis. 
  • Anda seorang qori/ah, anda dapat mengajarkan mereka membaca alqur’an atau bahkan mengajarkan mereka untuk menghapalkan nya 
  • Anda seorang yang memiliki keahlian dalam hal apapun itu, anda dapat mengajarkan kepada para orang tua yang tidak memiliki pekerjaan agar mereka dapat menafkahi keluarganya. 
  • Anda seorang perawat, jika anda bekerja dengan ikhlas untuk merawat pasien yang sakit maka anda sedang mengerjakan pekerjaan yang penuh manfaat. 
  • Bahkan jika anda seorang pengangkat sampah, anda telah bersedekah dengan tenaga anda untuk membersihkan lingkungan dari sampah yang dapat menimbulkan penyakit. 

Masih banyak lagi sedekah yang lainnya yang mungkin saat ini pun anda sedang melakukannya dalam dunia pekerjaan anda saat ini. tapi, anda tidak menyadarinya. Bayangkan jika kita semua yang ada didunia ini selalu menjadi manusia yang ahli sedekah. Saya yakin 1000% tidak akan ada kita temui saudara yang buta baca tulis, berpenyakit, kelaparan atau bahkan berperang karena satu dan lain hal. Seandainya hal itu terjadi maka dunia yang kita sebut bumi ini akan damai dan indah. Maha Besar ALLAH dengan segala ciptaannya.

Pernah suatu saat saya berpikir, ALLAH SWT sangatlah kaya, jika semua manusia yang ada dialam semesta ini diberikan kekayaan, kekayaan ALLAH tak akan pernah berkurang. Tapi, kenapa ALLAH tidak memberikan nya ?? Karena ALLAH ingin melihat semua hambanya bersatu saling membantu dan menjadi makhluk yang bermanfaat bagi makhluk lainnya. ALLAH maha Adil, manusia diciptakan dengan kondisi yang berbeda – beda, agar manusia dapat saling menghormati.

Jadi, wahai saudaraku apakah masih ada alasan kalian untuk tidak bersedekah dengan segala keringanan dan kemudahan agar menjadi sukses dalam hidup baik dunia apalagi akhirat.Sungguh keindahan sedekah yang luar biasa.

Tulisan Ini Diikutsertakan dalam Fadevmothers First Give Away

author
Author: 
i'm blogger
  1. author

    Nunung Yuni Anggraeni3 years ago

    Terima kasih sudah berpartisipasi mbak Yulia Sari 🙂

    Reply
  2. author

    Murtiyarini2 years ago

    halo..juri berkunjung. Goodluck

    Reply

Leave a reply "Sedekah itu INDAH"