Komposisi ASI dari Hari ke Hari

No comment 1572 views
Komposisi ASI dari Hari ke Hari

Bagi bunda yang baru saja melahirkan, jangan khawatir ataupun stress perkara tidak adanya ASI yang keluar. Semua bunda pasti menginginkan yang terbaik bagi anak anda,tapi jangan menjadi kalut dan panik karena bayi yang belum mau menghisap ataupun puting tidak ada. Sekecil dan bagaimanapun bentuk puting dari payudara bunda itu bukanlah salah satu faktor yang mempengaruhi banyak atau sedikitnya ASI yang dihasilkan. Terkadang karena ketakutan seorang bunda baru karena sedikitnya ASI yang dihasilkan atau karena tidak adanya ASI yang keluar mengakibatkan pilihan jatuh kepada susu formula sebagai asupan tambahan bagi si bayi dan menyerah untuk memberikan anak ASIX.

Komposisi ASI juga berbeda berdasarkan lamanya waktu bayi menyusui. Awal menyusui ( 5 menit pertama ) disebut foremilk, mengandung kadar protein yang tinggi dan menghilangkan rasa haus pada bayi. Sedangkan ASI yang dihasilkan pada akhir menyusui ( 15 – 20 menit ) disebut hindmilk, mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga mengeyangkan bagi bayi. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi bunda untuk menyusui bayinya secara tuntas pada satu payudara. Agar, kandungan ASI yang ada didapat oleh bayi anda terpenuhi dengan sempurna.

Produksi ASI yang dihasilkan oleh bunda yang melahirkan anak yang kurang bulan ( premature ) berbeda dengan ASI yang dihasilkan dari bunda yang melahirkan anak yang cukup bulan ( mature ). ASI yang dihasilkan dihari yang pertama pasca melahirkan disebut dengan kolostrum.

Kolostrum adalah cairan kental yang berwarna kekuningan yang keluar dari payudara dari hari pertama sampai dengan ketujuh. Kolostrum mengandung lebih banyak protein sedangkan karbohidrat dan lemaknya lebih rendah. Kolostrum mengandung zat antibody lebih banyak. Hal ini sangat menguntungkan karena bayi yang baru lahir lebih banyak membutuhkan zat- zat pembangun ( protein ) untuk pembentukan sel –sel tubuhnya serta sangat rentan akan infeksi virus atau pun bakteri dari lingkungan sekitarmya. Karena bayi belum dapat membentuk kekebalan sendiri. Berbeda dengan ASI yang diproduksi dihari ke 0 -7 hari, ASI yang diproduksi diatas 7 hari sampai dengan 14 hari disebut ASI Transisi.

ASI transisi merupakan pengantar menuju ASI mature, yaitu susu padat yang memenuhi kebutuhan untuk tumbuh kembang bayi. Susu ini lebih dipersiapkan untuk pencernaan bayi untuk mencerna ASI Mature. ASI transisi mengandung lebih sedikit protein ketimbang ASI Kolostrum sedangkan kadar karbohidratnya lebih banyak dari ASI Kolostrum dan volume dari ASI yang dihasilkan akan bertambah banyak. Setelah 14 hari dan seterusnya disebut ASI mature.

ASI Mature yang memiliki komposisi yang konstan. ASI yang diciptakan memang untuk memenuhi kebutuhan bayi. Karena karbohidrat dan lemak lebih tinggi sedangkan protein lebih rendah.

Berikut tabel komposisi yang terkandung di dalam ASI.

Kandungan ( per 100 mL )
Kolostrum
ASI Mature
Energi ( Kkal )
58
70
Laktosa ( Gr )
5,3
7,3
Protein ( Gr )
2,3
0,9
Lemak ( Gr )
2,9
4,2
Vit A(µg )
89
67
Vit D (µg )
0,05
Vit E (µg )
1280
315
Vit K (µg )
0,23
0,21

Jadi bunda, jangan takut kalau ASI bunda tak ada dihari pertama melahirkan. Tetap optimis, berhati baja dan keras kepala yakin kalau anda memiliki ASI yang banyak dan mencukupi untuk memberikan bayi bunda ASIX.
Salam Blogger Medan.

Leave a reply "Komposisi ASI dari Hari ke Hari"