Hormon Paling Ampuh Menghasilkan ASI

No comment 2418 views

Sangat banyak hormon yang berkembang saat bunda hamil sampai dengan menyusui, salah satu nya adalah hormon oksitosin. Apa sih hormon oksitosin ini ?

Ternyata masih banyak yang tidak mengetahui ataupun mengenal hormon ini.Hormon oksitosin adalah hormon yang ada pada manusia berfungsi untuk merangsang kontraksi yang kuat pada dinding rahim / uterus sehingga mempermudah dalam membantu proses kelahiran. Selain itu hormon ini juga berfungsi untuk mensekresi air susu dengan merangsang kontraksi duktus laktiferus kelenjar mammae ( payudara ) pada ibu menyusui.

Pada wanita hamil, hormon ini meningkat pada trisemester pertama kehamilan, dan saat tersebut aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil ini masih seperti biasanya dan secara alami janin mempelajari kebiasaan – kebiasaan yang dilakukan oleh ibunya. Sedangkan pada ibu menyusui, hormon ini berperan melalui stimulasi bayi yang sedang menyusu kepada ibunya.

Hormon ini bermanfaat untuk mengurangi rasa cemas dan stress, menciptakan perasaan nyaman, gairah,empati, ikatan dan seksualitas dan yang paling terpenting dari semunya adalah dapat meningkatkan ingatan anak dengan ibunya.

Beberapa cara meningkatkan hormon oksitosin :

Banyak senyum minimal 2 menit. Dengan senyuman dapat mengencangkan otot pipi sehingga aliran darah ke otak pendinginan menciptakan aura positif.

Selalu tenang. Ciptakan lingkungan yang tenang dan rasakan cinta anda kepada bayi anda, usahakan agar saat bunda menyusui dalam keadaan tenang tidak ada kebisingan yang terjadi disekitar bunda.

Bermesraan dengan pasangan. Lakukan pelukan dan ciuman kepada suami bunda.sedikit Pijatan juga, sentuhan dan pelukan sederhana dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan hormon cinta ini.

Waktu bersama dengan bayi. Luangkan seharian dengan bayi bunda tanpa adanya gangguan, bunda bisa melakukan segala aktifitas menyenangkan bersama dengan bayi bunda seperti melakukan kontak mata dengan bayi,memeluk dan menciuminya dan lakukan terapi skin to skin dengan bunda.

Sepele memang kelihatannya aktifitas diatas, tapi ternyata kegiatan tersebut dapat merangsang tingginya hormon oksitosin yang dapat meningkatkan produksi ASI. Maka dari itu, semuanya harus seimbang selain makan makanan bergizi juga tidak boleh stress dan memiliki tekanan mental yang dapat mempengaruhi tingkat emosional para bunda.

Selamat mencoba yagh bunda… Ayo menjadi Bunda Holic ASI demi buah hati anda tercinta.

Salam Bloger Medan

Leave a reply "Hormon Paling Ampuh Menghasilkan ASI"