Nikah Mewah Gak Harus Mahal

6 comments 7802 views

Pernikahan adalah hal yang diimpikan setiap insan didunia. Impian setiap manusia adalah pernikahan dengan mewah dan megah dalam sentuhan sakralnya akad nikah karena diharapkan berlangsung sekali dalam seumur hidup dan merupakan moment bersejarah dalam hidup. Tak jarang untuk mendapatkan kemewahan dan kemegahan yang dihadirkan diacara resepsi pernikahan sampai memobobol tabungan rekening para pasangan pengantin. Terkadang hal ini lah yang membuat takut para pria untuk melamar ataupun menjalani resepsi pernikahan karena tingginya atau tebalnya kocek yang harus dikeluarkan untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan.

Namun, tahukah kalian kalau sebenarnya inti dari pernikahan itu bukan hanya sekedar di acara resepsi. Tapi, hari-hari yang dilalui setelah acara resepsi tersebut. Tidak salah jika anda menginginkan yang terbaik buat hari special anda. itu adalah hak dari setiap pribadi masing-masing. Disini akan saya bagi- bagi sedikit bagaimana cara pintar untuk menyiasati pengeluaran pernikahan tetapi menghadirkan kemewahan dan kemeriahan di acara resepsi anda.

1. Hindari tanggal dimana banyaknya musim Menikah 

Manusia juga memiliki musim Menikah. Musim Menikah yang sering diadakan secara serentak di Indonesia adalah bulan Syawal, Dzulhijah, akhir tahun yang dimulai dari bulan September sampai dengan Desember. Banyaknya musim menikah membuat kalian susah mendapatkan gedung yang kosong,catering dan make up wedding yang harga miring kualitas yang bagus. Karena mereka pasti pada menaikkan tarif, sesuai dengan kebutuhan klien. So, Buat kalian yang mau menghemat pengeluaran hindari bulan tersebut. Bulan Januari-Mei adalah bulan yang aman untuk melangsungkan pernikahan.

2. Tempat Resepsi Pengeluaran yang lumayan memakan budget adalah sewa gedung. 

Dengan sedikit kerja keras dan perijinan sana sini mungkin kamu dapat melangsungkan pernikahan di taman kota atau didepan rumah orang tua kamu. Tidak ada salahnya jika kamu melangsungkan pernikahan di rumah orang tua kamu. Selain meminimalisir pengeluaran waktu nya pun tidak terbatas. Kamu bisa melangsungkan resepsi sampai jam 9 malam berbeda dengan di gedung yang waktu dan tempat dibatasi oleh pemilik gedung.

Pelaminan Hasil Tangan Kreatif Bidan Pengantin – Kak Maisaroh

3. Hidangan Makanan

Hindari catering jika anda menginginkan makanan yang lezat dan banyak. Karena catering hanya menyajikan makanan sesuai dengan jumlah undangan saja. Tak jarang saya menghadiri resepsi pernikahan yang memakai jasa catering, baru jam 3 sore tapi semua makanan sudah ludes dan yang tersisa tinggallah kuah. Agar anda dapat terhindar dari hal itu, pakailah jasa upah memasak. Anda hanya menyewa situkang masak saja, dengan bahan dari anda. walaupun keluarga anda cukup disibukkan dengan belanja bahan makanan sana sini. Tapi, setidaknya anda tidak akan mengecewakan tamu dengan kehabisan makanan.

Rujak Pinang Balirik Super Nikmat –  Jalan Helvetia Medan

 4. Sewa pernak pernik pernikahan

Mungkin kita semua tau kalau menjahit jas ataupun gaun pernikahan dengan bahan yang bagus dan motif yang modern bukanlah sesuatu yang murah. Jas dan gaun adalah pakaian sekali seumur hidup yang dikenakan oleh pengantin. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu menyewa pakaian pernikahan dengan bahan dan jahitan yang trendi tanpa harus mengeluarkan kocek yang dalam. Toh juga para tamu undangan tidak akan berpikiran kalau kamu menyewanya. Jadi dapat barang bagus dengan harga yang seperempat dari harga jika kamu menjahitnya. Sehingga pernikahan kamu penuh dengan kemewahan dan jauh dari mubazir.

5. Manfaatkan keahlian teman anda

Jika anda memiliki teman dengan keahlian MC, memiliki suara Emas ataupun yang memiliki hobi fotografer yang sering memenangkan juara foto di majalah. Tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan teman anda, bukan berarti gratisan loh ya….. kalian juga harus menghargai karya seni mereka. Ya… setidaknya kalian mendapatkan harga kawan lah. Pernikahan ini adalah moment sepanjang hidup, sehingga anda harus mempertimbangkan fotografernya. Jangan karena ingin murah dan hemat separuh dari hasil jepretan nya buram semua. Pilih teman yang memang sudah terbiasa menge-shoot video pernikahan dan prewed. Sehingga tidak mengecewakan anda.

Hena yang Imut ini Hasil Tangan dari Teman Saya

 6. Souvenir

Cermatlah dalam memilih souvenir, jangan hanya sekedar lucu. Tapi pilih juga sesuai dengan manfaat dari souvenir itu sendiri. Dan jangan segan – segan untuk menawarkan harga kepada penjual karena anda membelinya dalam jumlah yang banyak. Belilah souvenir dengan menyamakan jumlah undangan. Sehingga tidak berlebih. Saya kasih contoh jika anda menyebarkan 1000 undangan maka anda hanya perlu menyiapkan souvenir setengah dari undangan. Hindari variasi souvenir yang terlalu banyak karena dapat membuat undangan memilih dan mengambil souvenir lebih dari 1.

Ucapan Terima Kasih yang Dibuat dari Sisa Undangan

7. Undangan

Untuk mencetak undangan jangan hanya mau menerima dari cetakan saja. Tapi, disinilah anda mengembangkan kreatifitas anda dan pasangan dengan mengkreasikan sendiri undangan anda dengan konsep dan pilihan warna dari anda dan pasangan. Sehingga anda hanya cukup mengeluarkan budget cetak dan tinta saja dari percetakan. Jika anda ingin membuat undangan yang tidak berkahir di tong sampah pasca resepsi pernikahan anda, saya sarankan untuk membuat undangan seperti agenda ataupun kalender.

Undangan Pernikahan yang Kami Desain Sendiri

8. Bidan Pengantin 

Pilihlah Bidan pengantin yang memiliki koleksi baju yang banyak dan dapat menghasilkan tata rias yang bagus dan tidak membuat anda seperti badut yang akan memalukan anda didepan para undangan. Jangan sungkan untuk meminta bidan pengantin memperlihatkan hasil make upnya kepada anda. Atau anda juga dapat bertanya kepada teman anda yang telah menikah yang anda telah melihat hasil asli dari make up bidan pengantin tersebut.

Semoga tips dari saya ini dapat menjadi masukan anda yang hendak memasuki jenjang pernikahan. “Kemewahan dari resepsi pernikahan bukanlah tolak ukur dari keberhasilan berumah tangga”.

  1. author

    Firdaus Laili3 years ago

    Betul. Memulai kehidupan pasca resepsi lebih penting

    Reply
  2. author

    Vanisa Desfriani3 years ago

    hehehe, bagus nih buat ntar klomau merit 😛

    Reply
  3. author

    Widy Darma3 years ago

    terkadang yang bikin mahal itu tradisi, mak… dan alasannya adalah orang tua menginginkan kita mengikuti tradisi itu. hehehe…

    tetapi emang benar, nikah di gedung itu bikin budget bengkakkk bangettt… karena mereka ingin semua rekanannya dipakai. kalau kita gak pakai rekanan catering dll, bakal kena charge. duit lagi deh… salam kenal mak ^_^

    Reply
  4. author

    fanny fristhika nila3 years ago

    krn aku kerja di jkt, dan ortu di Medan, kitapun mutusin utk nikah di Medan, dgn alasan, semuanya jauh lbih murah drpd Jkt 😀 Walopun kemudian kelurga suami mutusin mengadakan acara Ngunduh Mantu di jkt juga, aku jd tau kalo pesta yg lebih kecil di JKT ttp aja LEBIH MAHAL drpd pesta besar yg di Medan.. -__- Daerah juga menentukan berarti mba 😉

    Reply
  5. author

    Dus Greenpack3 years ago

    Paling enak bisnis makanan deh sekarang ini, omzetnya gede. Kebutuhan Pokok pula.
    Tinggal bikin Dus untuk Makanan aja terus dibranding pake nama kateringnya menggunakan desain yang keren. Dijamin maknyos tuh katering!

    Reply
  6. author

    Pramudya Anugerah3 years ago

    hhmmmmp :):

    Gw kpn nikah & sm syp ya ?
    huft

    ngarep.com
    hehee

    Reply

Leave a reply "Nikah Mewah Gak Harus Mahal"