Kualitas Tidur Anak

No comment 1327 views

Salah satu factor yang mempengaruhi tumbuh kembang dari anak adalah kualitas tidurnya. Tidak jarang anak tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik karena beberapa hal,sehingga membuat lambannya tumbuh kembang anak. lamanya anak tidur belum tentu berkualitas, karena bukan waktu yang menentukan kualitas tidur anak. Disini akan saya jabarkan ciri ciri anak dengan kualitas tidur yang baik :

  • Menjadi anak yang lebih ceria, periang tidak kusem dan bermalas – malasan
  • Lebih focus terhadap sesuatu.

          Gampang menerima pelajaran disekolah ketimbang anak yang tidak memiliki kualitas tidur                     Perkembangan tubuhnya lebih baik dari yang memiliki gangguan tidur. Selain itu juga selama                 tidur sel-sel tubuh akan beregenerasi alias memperbarui diri secara lebih cepat sehingga                         metabolisme jaringan, tulang, hinggga otak tumbuh dengan baik.

  • Lebih cerdas 

         Saat tidur otak secara aktif akan meransang aliran darah ke dalam otak dimana ini sangat penting            dan bagus untuk kesehatan mental dan aktivitas otak anak.

 Ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu bunda untuk mendapatkan kualitas tidur anak:

Mengatur waktu tidurnya.
Anak jangan dibiarkan tidur siang terlalu lama karena akan membuat anak lama untuk tidur malamnya sehingga kualitas tidur dari anak terganggu.

Jam Tidur Anak
Anak usia dini 1- 18 bulan butuh 15- 18 jam waktu tidur dalam sehari. Sedangkan untuk anak diatas usia tersebut butuh ± 8-9 jam tidur dalam sehari. Biasakan anak anda untuk tidur tidak diatas jam 09.00 malam,disini dibutuh pengorbanan dari para orang tua untuk menjadi contoh kepada anak anda.

Ciptakan Suasana tidur
Suasana tidur yang nyaman adalah factor yang mendukung untuk menciptakan kualitas tidur. Usahakan agar saat anak tidur untuk mematikan lampu dan hanya menggunakan lampu tidur. Suhu yang ideal untuk kamar tidur adalah antara 20 sampai 23 derajat celcius. Suhu di atas 24 atau di bawah 12 derajat celcius akan mengganggu kenyamanan tidur.

Semoga tips dari saya dapat mengubah pola tidur anak anda lebih berkualitas. Selamat mencoba

Leave a reply "Kualitas Tidur Anak"