Kenali Gejala Vertigo

No comment 1663 views

WAW….
Sudah 10 hari gak ada ngebuka blog nya bunda asraf karena sakit yang menghalangi. Selama 10 hari ini saya terserang puyeng ( Read : Pusing, Oyong , selimpengan ) yang berkepanjangan dari hari minggu siang sampai dengan selasa tak kunjung berhenti dunia berputar. Rasanya seperti naik kapal kecil karena goyang – goyang. Minum obat sakit kepala yang kata iklan paling ampuh pun tak juga menghentikan dunianya saya yang berputar – putar. Lalu saya pun berobat kesebuah RS. di Medan. Setelah diperiksa tensi dan bla – bla nya saya didiagnosa oleh dokter terkena Vertigo. Sebenarnya apa sih Vertigo itu ???

Vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya memutar . Pengertian Vertigo adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak. Kelainan ini terjadi karena gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer, kelainan pada telinga sering menyebabkan Vertigo. Untuk menentukan kelainan yang menyebabkan Vertigo, dokter THT-KL biasanya akan melakukan pemeriksaan ENG (elektronistagmografi).

Pengobatan Vertigo yaitu AntiVertigo tidak ada yang aman bagi ibu menyusui, semua kandungan obatnya kontra indikasi terhadap ibu hamil dan menyusui. Sesuatu yang sangat dilema buat saya dimana saya harus terus memberikan ASI Eksklusif kepada anak saya tercinta. Alhamdulillah nya saya memiliki stock ASIP di Freezer sehingga saya masih dapat beristarahat tanpa mengonsumsi obat. Dan setelah full istirahat ( termasuk istirahat menyusui karena kondisi badan yang sangat lemah ) puyeng saya hilang. Yang memicu Vertigo itu dapat kambuh adalah tingkat stress yang meningkat. Jadi demi anak, saya sangat menghindari yang namanya strees dan benar – benar menjaga kesehatan. Karena kesehatan bunda sangat mempengaruhi banyaknya asupan ASI yang bakal bunda berikan ke baby bunda.

Leave a reply "Kenali Gejala Vertigo"