Bebaskan Anak Untuk Bermain Kotor

4 comments 1876 views

Semua orang tua pasti menyanyangi anaknya, tidak ingin anaknya terserang penyakit. Hal ini membuat perhatian orang tua terkadang berlebihan terhadap apapun yang dilakukan oleh anak. Terlebih lagi balita yang masih belum paham arti dari kotor, apapun yang dipegang maka akan dimasukkan ke dalam mulut. Tapi tahukah anda bunda, kalau bermain kotor ada juga manfaatnya buat anak anda, seperti :

Membuat anak lebih pemberani 
Anak akan lebih bebas untuk mengekplorasi apapun yang diinginkannya. Misalnya jika ia bermain pasir di pantai, maka tangannya akan penuh dengan pasir. Begitu juga bila ia bermain dengan binatang peliharaan hal ini akan dirasakan berbeda jika anak bermain dengan benda yang bersih. Yang tidak akan pernah meninggalkan bekas ditanganya. Begitu juga jika anak bermain cat air dengan menggunakan tangannya. Sensasi berbeda inilah yang dirasakan anak sehingga membuat anak lebih pemberani untuk mencoba hal yang lainnya. Tapi, tetap harus dalam pengawasan orang dewasa yagh bunda.

Anak lebih kreatif 
Dengan bermain kotor anak dapat menuangkan imajinasinya dengan media yang tersedia di luar. Seperti, bermain pasir di pantai membuat anak dapat membentuk kastil kerajaan, rumah – rumahan dan sebagainya. Bermain cat air dapat melukiskan apapun yang ada dipikiran mereka. Selain itu dapat juga belajar ilmu pengetahuan alam tentang hewan dan tumbuhan yang ada disekitar.

Meningkatkan imunitas
Penelitian menunjukkan bahwa anak yang hidup di tempat kotor relatif lebih jarang sakit ketimbang anak yang hidup di lingkungan yang bersih. Tapi bukan berarti anak perlu hidup dilingkungan yang kotor dan tidak menjaga kebersihannya. Tetapi anak perlu sesekali dikenalkan dengan benda-benda yang dianggap kotor seperti tanah, tumbuhan, hewan atau air kotor( bukan got )

Membuat anak perduli dengan lingkungan 
Mengajarkan anak untuk bermain kotor dilapangan bukan hanya bermain di tanah, pasir atau yang lainnya. tapi, dapat juga seperti menguntip sampah yang bererakan diluar, mengorek got yang tersumbat agar tidak banjir, menanam tanaman dan lainnya. sehingga selain dapat membuat anak perduli terhadap lingkungan juga dapat mendekatkan anak terhadap lingkungan sekitar.

Menemukan hal baru danl pengalaman baru
Dengan bermain kotor si anak dapat menemukan pengalaman baru yang tidak didapatkan saat bermain di tempat yang bersih. Anak akan menemukan pengalaman baru yang mungkin untuk pertama kalinya akan merasa jijik, takut atau bau yang berbeda yang akan memperkaya pengalamannya.

  1. author

    evrinasp3 years ago

    setujuuu bunda, saya juga sebenernya seneng klo anak kreatif dgn bermain kotor, Alfi seneng banget main pasir, tapi kalo yang udah mainin terigu dagangan mbahnya ini yang repot

    Reply
  2. author

    Yulia Sari3 years ago

    hahahahaah….
    namanya juga anak – anak bunda,, ada ajah imajinasi mereka untuk berbuat suatu yang berbeda…
    salam buat alfi yagh bunda….

    Reply
  3. author

    Widya Herma3 years ago

    Setujuuu banget bundaaa.. berani kotor itu kan baik kata rinso juga. widya juga dulu waktu kecil suka dibiarin main kotor2an, main tanah dsb. jadi menemukan hal baru misalnya ternyata kalo cacing tanah di potong masih tetep bakalan hidup. ^_^ nice article bunda 😀

    Reply
  4. author

    Yulia Sari3 years ago

    Makasih mbak widya cakep…
    udah memberikan komentar…

    Reply

Leave a reply "Bebaskan Anak Untuk Bermain Kotor"