Menjaga Keharmonisan Berkeluarga

No comment 1297 views

Didalam hubungan keluarga jika ada sedikit berbeda pendapat,salah paham atau lain sebagainya itu wajar terjadi. Jangan jadikan hal hal kecil seperti itu menjadikan momok ataupun hantu yang menakutkan. Jadikan setiap keributan ataupun perdebatan kecil itu membuat satu sama lain lebih mengenal karkater masing masing dari pasangan. Goyang dalam rumah tangga itu biasa yang luar biasa itu saat anda tertimpa goncangan dalam berumah tangga kemudian anda dapat menyelesaikan nya dan membuat anda dan pasangan menjadi lebih akrab dan harmonis itu lah hal yang luar biasa. Bagaimana itu bisa terjadi ?? Apakah itu mungkin dilakukan ?? Why Not ?? saya salut dengan pasangan yang sudah lansia tapi tetap bersama jalan pagi berpegangan tangan dan sebagainya. Ada beberapa tips agar hubungan harmonis tetap terjalin walau usia pernikahan tak muda lagi :

Saling percaya 
Saling percaya dalam suatu hubungan merupakan tiang dari terbentuknya rumah tangga yang kokoh. Banyak keluarga yang retak ataupun pisah hanya karena tidak adanya saling percaya satu sama lain. Beri kebebasan dan kepercayaan dengan pasangan. Jangan selalu mencurigakan ataupun cemburu buta kepada pasangan. Cemburu itu memang tanda sayang kepada pasangan,tapi jangan berlebihan. Itu yang membuat rishi pasangan anda karena setiap gerak gerik pasangan selalu dicurigai. Yakinlah bahwa mata anda ada pada mata pasangan anda. Jadi anda mengetahui aktifitas apa saja yang dilakukan pasangan anda. Percayakan kalau anda setia pasangan anda pasti setia.

Tidak tertutup 
Saat kita menikah jangan ada yang ditutupi dengan pasangan tanpa terkecuali dan tanpa alasan apapun. Karena jika anda menutupi sesuatu dari pasangan itu artinya tidak adanya kepercayaan terhadap pasangan anda. Kembali ke kiat harmonis yang pertama yaitu saling percaya. Terkadang suami/istri menutupi masalah kerja nya terhadap pasangan. Tapi, pada ujungnya akan menimbulkan masalah dikemudian harinya. Karena menganggap pasangan tidak mengerti ataupun beranggapan tidak pengertian terhadap pasangan. Terbuka lah dengan pasangan walau apapun yang sedang anda alami.

Saling mengenal
Jika anda adalah pasangan yang telah menikah lebih dari 4 tahun bukan berarti anda sudah saling mengenal satu sama lain. Belajar untuk saling mengenal pasangan adalah pelajaran seumur hidup. Kenalin kesukaan pasangan,sifatnya,karakternya dan hal hal kecil lainnya. Karena dari kita mengenal karekteristik pasangan dari situlah timbulnya rasa pengertian. Jadi, tidak adalagi kalimat “Dya Yang Tidak Mengerti “ keluar dari mulut anda.

Romantis 
Walaupun anda adalah pasangan yang telah memiliki anak. Tetaplah untuk terus selalu romantic dengan pasangan. Hubungan romantic tidak hanya dengan honeymoon keluar kota ataupun keluar negri. Dirumah pun anda juga bisa tetap beromantisan dengan pasangan. Apakah itu menyiapkan sarapan dan membawa nya kekamar dan membangunkan pasangan dengan makanan/minuman kesukaannya. Atau sekedar nonton bioskop berduaan. Buatlah suasana muda hadir kembali di antara anda sambil bernostalgia masa pacaran anda dulu.

Jangan berbohong 
Mungkin tak ada satu orang pun didunia yang suka jika dibohongi. Apalagi berbohong dengan pasangan. Berbohong itu seperti pohon yang memiliki cabang,ranting,anak ranting kemudian daun yaitu jika anda pernah melakukan sekali kebohongan maka anda akan terus dan terus berbohong unutk menutupi kebohongan yang lalu dan begitulah seterusnya. Apapun alasan nya tak terkecuali bohong pasti akan sangat tidak disukai. Tidak jarang pasangan dapat bertengkar hebat hanya karena pasangannya berbohong. Walaupun hal yang dibohongi merupakan hal hal kecil yang jika anda jujur maka itu akan termaafkan. Cobalah selalu berkata jujur dengan pasangan walau mungkin jika jujur pasangan akan marah tapi setidaknya kita sudah berusaha untuk jujur. Dan jangan gengsi ataupun malu untuk meminta maaf kepada pasangan anda.

Egois 
SIFAT EGOIS. Merupakan alasan tersering yang dilontarkan setiap pasangan jika bertengkar ataupun bercerai. Egois merupakan sifat mencintai diri sendiri tidak perduli dengan pasangan atau bahkan anak. Mulailah belajar perduli terhadap keluarga. Prinsipnya jika anda melindungi,menyayangi dan mencintai keluarga anda maka anda pun akan dicintai oleh mereka.

Jangan pelit
Sisihkan waktu anda untuk bertamasya dengan keluarga anda,ya,,,minimal makan bersama keluarga sekali dalam sebulan. Tidak perlu budget yang besar untuk bersama dengan keluarga. Asalkan semua sudah berkumpul dan saling sharing satu sama lainnya. Matikan gadget anda,jangan biarkan gadget anda merusak santay bersama anda dengan keluarga. Saya rasa sehari tanpa gadget anda takkan dikatakan kudet (kurang update). Jangan pelit untuk acara family time seperti ini. jangan terlalu perhitungan dengan budget yang akan anda keluarkan. Karena disinilah waktunya anda mengetahui bahwa anak anda sudah dewasa,anak anda sudah pintar ini itu dan lain sebagainya.

Makan malam bersama
Klasik memang terdengar seperti sudah biasa dengan selalu makan bersama. Tapi,tahukah anda dengan makan bersama keterikatan dan kedekatan anda dengan keluarga akan lebih erat. Jangan bawakan masalah kantor kerumah karena akan merusakkan suasana. Tinggalkan masalah kantor cukup dikantor saja. Tinggalkan jabatan anda sebagai BOS dikantor,karena saat anda dirumah anda adalah seorang ayah tempat curhat anak dan istri anda.

Leave a reply "Menjaga Keharmonisan Berkeluarga"