Manfaat ASI Pada Bayi

No comment 807 views

Asi sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Maka sangatlah dianjurkan kepada para bunda untuk membeikan Asupan Asi Eksklusif selama 6 bulan kepada bayi anda. Sangat banyak manfaat dari Asi, salah satunya adalah menambah berat badan bayi secara cepat. Susu formula juga dapat menambah berat badan bayi tapi tidak sepadat badan bayi yang menyusui ASI kepada bundanya. Sedkit share kepada bunda,saya melahirkan bayi laki laki dengan berat badan 2,5 Kg. Ukuran yang pas pas-an bisa dibilang secara anak saya ini adalah laki laki. Tapi, karena saya memberikan asupan ASI eksklusif kepada anak saya sekarang badannya sangatlah padat dan montok. Saat ini usia anak saya 3 bulan tgl 11 Desember kemaren. Dan Alhamdulillah nya sekarang berat badannya 6 Kg. Menyesuaikan berat badan bayi yang lahir 3,4 Kg. itu semua karena Asi eksklusif yang saya berikan. Disini saya akan menyabarkan manfaat dari ASI yang perlu para bunda ketahui:

Bayi yang cerdas dan sehat
Struktur dari kandungan ASI sangat mudah dicerna oleh bayi karena kesegaran ASI yang terbebas dari kontaminasi bakteri. ASI juga mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu, memberikan perlindungan terhadap berbagai sumber penularan penyakit bagi bayi. Bila dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Bayi yang diberikan ASI tidak gampang terjangkit bermacam penyakit akut maupun kronis karena ASI bisa mengikuti pertumbuhan bayi dengan otomatis merubah komposisinya, untuk menyesuaikan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan bayi. Kandungan protein pada ASI dapat mengurangi kemungkinan bayi terkena alergi. ASI juga mengandung gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi. Bayi yang dibesarkan dengan ASI akan memiliki IQ (Intellegencia Quotient) yang lebih tinggi. Hubungan keterikatan emosional terbentuk dari proses menyusui bayi terhadap ibunya yang menumbuhkan EQ bayi rasa kepercayaan diri terhadap orang lain.

Mengurangi pengeluaran perbulan
Zaman sekarang semakin banyak saja produk susu untuk balita mulai dari harga yang terjangkau sampai dengan harga yang melangit. Selain harga yang bervariasi,rasa dan kandungan gizi nya juga berbeda. Sehingga para orang tua mempunyai banyak pilihan untuk asupan susu si buah hati. Tapi, seberapa mahal dan banyaknya kandungan gizi yang terkandung pada susu formula tidak akan sebanding dengan ASI. Tidak butuh budget khusus perbulannya. Cukup dengan gizi yang mencukupi pada bunda maka ASI yang baik akan mengalir terus untuk bayi lucu bunda. jangan khawatir kurangnya ASI. Karena semakin banyak kita memberikan ASI kepada bayi ,maka produksi ASI bunda akan semakin banyak. Lagi pula bayi yang mengonsumsi ASI lebih kuat akan jarang sakit sehingga dapat menngurangi biaya pengeluaran untuk berobat anak.

Membuat bunda cantik dan ceria
Bunda yang menyusui setelah melahirkan zat oxytoxin-nya akan bertambah, sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Lemak yang ada diperut juga akan susut dalam sekejap karena menyusui dapat menguras kalori lebih banyak. Menyusui setelah melahirkan dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut survey, menyusui dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause. Ringkasnya ibu menyusui tidak perlu bangun tengah malam untuk membuat susu formula. Begitu pula jika hendak jalan jalan ataupun bertamasya keluar kota tidak perlu repot membawa botol susu,air panas dan bubuk formulanya. Saat ini sudah banyak pusat perbelanjaan menyediakan ruangan khusus untuk bunda menyusui.

Leave a reply "Manfaat ASI Pada Bayi"