Kenalin Penyebab Bayi Menangis

No comment 1559 views

Terkadang tak sedikit para bunda akan sangat panic jika bayi nya menangis tanpa henti. Walau sudah melakukan segala hal dan upaya yang dilakukan agar bayi nya berhenti menangis tapi yang terjadi bayinya malah semakin menangis. Tak jarang hal tersebut membuat stress dan emosi para bunda. bayi hanya dapat mengungkapkan apa yang dirasanya dengan menangis. Itulah cara bayi berkomunikasi sampai dia dapat belajar berbicara. Nah tugas para bunda lah yang lebih peka terhadap bayi bunda. bunda harus tau apa yang diinginkan oleh bayi bunda. dan semua itu hanya bisa dilakukan dengan penuh kesabaran tanpa emosi. Kesal sih pasti bunda karena saya pun merasa seperti itu,tapi kesal dan marah kepada bayi bukanlah solusi untuk menghentikan bayi menangis bahkan bisa jadi makin membuat bayi menangis lebih histeris lagi. Bayi menangis pasti ada sebabnya bunda,berikut beberapa penyebab bayi menangis :

Bayi lapar 
Jangankan bayi,orang dewasa pun jika lapar pasti bawaannya emosi pengen makan orang. Apalagi bayi yang sama sekali belum bisa mengungkapkan apa yang dia mau.Maka dari itu kenali tanda jika bayi bunda mulai merasa lapar. Biasanya bayi akan gelisah,memainkan lidah atau cara yang paling kuno yaitu dekatkan tangan bunda kea rah mulut bayi jika mulut bayi mengikuti arah tangan bunda itu artinya bayi bunda lapar.

Popok bayi basah
Anak menangis bukan hanya karena ia merasa lapar, tapi karena popok basah bisa juga menjadi penyebabnya. Popok yang basah membuat pantatnya lembab sehingga mengganggu kenyamanan si bayi untuk tidur ataupun beraktifitas. Gantilah popok bayi jika sudah keliatan menebal.dan sering seringlah melihat popok bayi,jangan sampai pup bayi didiamkan lama,karena dapat menyebabkan iritasi kulit pada bayi.

Kepanasan atau kedinginan 
Bayi akan rewel jika suhu diruangan tidak senyaman perasaannya. Bayi akan menangis jika merasa kedinginan ataupun kepanasan. Jika bayi menggigil ataupun gelisah dengan merapatkan kedua tangannya maka itu artinya bayi kedinginan. Bedonglah bayi agar ia tetap terjaga dan merasa hangat. Tapi,jangan bedong anak dengan sangat ketat. Karena dapat berakibat sesak napas yang dirasa si bayi. Ukur temperature bayi anda. jika suhu tubuh bayi anda dibawah 350C maka bayi anda hipotermia karena suhu tubuh yang normal adalah 36-370C. bayi sa membuat kepanasan juga dapat membuat ia menangis. Karena bayi akan merasa gatal karena biang keringat yang dirasakannya. Pakaikanlah baju yang dapat menyerap keringat seperti kain katun dan sesuaikan suhu ruangan agar sesuai dengan tingkat kenyamanan bayi. Jangan terlalu dingin dan jangan sangat panas.

Kecapekan 
Bayi akan rewel jika ia merasa capek dan lelah. Apalagi jika bunda mengajak bayi bunda jalan jalan seharian,kemungkinan malamnya akan rewel dan menangis kalau sudah seperti itu maka untuk tidur pun takkan enak bagi bayi . Usahakan agar bunda memijat badan bayi secara pelan mulai dari punggung, tangan ataupun kaki dengan minyak telon ataupun minyak kelapa. Agar tubuh bayi merasa rileks dan segar karena seharian braktifitas dengan bunda.

Bosan
Bayi akan cepat merasa bosan dengan satu hal yang sama. Misalnya menonton TV,bayi akan diam dan menyimak film yang bunda putar cukup setengah jam selebihnya ia akan merasa bosan. Dan jika ia sudah bosan dan tak tau apa yang mau dilakukannya maka bayi akan menangis. Beri bayi mainan dan ajak untuk bermain bersama. Jangan acuhkan jika ia ingin bermain bersama bunda. karena bunda pasti akan menjadi korban lemparan mainan bayi bunda.

Kesepian
Sama hal nya dengan orang dewasa,bayi juga butuh perhatian. Ia butuh pelukan,ciuman dan jika ia diabaikan oleh orang disekitarnya maka bayi akan menjerit karena merasa tidak diperhatikan. Merasa dirinya sendirian tak ada yang perduli. Dekap dan gendonglah bayi bunda. walaupun bayi bunda masih sangat kecil dan hanya bisa menangis. Tapi,bayi bunda dapat mendengar. Latihlah pendengarannya dengan kata kata baik dari bunda sehingga nantinya bayi bunda dapat cepat berbicara dan banyak menyimpan kosa kata dalam pikirannya. Jauhkan gadget bunda saat bunda sedang bermain dengan bayi bunda.

Flu ataupun demam 
Bayi tidak dapat mengungkapkan bagian tubuhnya yang mana yang sakit. Oleh karena nya ia hanya dapat menangis sebagai pemberitahuan kepada bunda dan ayahnya kalau ia sedang menderita kesakitan ataupun susah bernapas karena sumbat dihidungnya. Periksakan temperature suhu tubuhnya,jika bayi bunda terindikasi demam flu Berikan banyak cairan seperti ASI. Bila diperlukan, saat suhu tubuh bayi sangat tinggi berikan obat penurun panas dengan dosis yang disesuaikan dengan usia dan berat badannya. Jika ingin mengompres, kompreslah dengan air hangat, bukan dengan air dingin. Kompres dengan air dingin justru akan membuat bayi menggigil.

Tumbuh gigi 
Bayi yang sedang tumbuh giginya akan rewel dan menangis karena tidak nyaman dengan yang dirasakannya. Tumbuh gigi juga menimbulkan rasa nyeri yang terkadang diikuti dengan meningkatnya suhu tubuh. Dengan ciri-ciri gusi membengkak dan merah, banyak berliur, sedikit menyusui dan tidurnya tidak nyenyak. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan memberikan mainan gigit (lebih baik yang bisa didinginkan di kulkas) yang aman untuk mengurangi rasa gatal dan sakit pada gusinya. Beri banyak ASI untuk menggantikan cairan yang hilang karena banyak berliur dan alihkan perhatiannya dengan memberikan banyak pelukan atau mainan. Jika bunda merasa lelah jangan malu untuk meminta bantuan pasangan bunda untuk menjaga bayi sementara bunda tertidur untuk istrahat.
=========================================================================

Mengurus bayi yang rewel dan menangis adalah satu hal yang gampang-gampang susah bunda. selain menguras tenaga juga menguras emosi dan menciptakan stress. Jika bayi tetap menangis dan rewel sedangkan aura negative bunda sudah memuncak alias kesabaran bunda sudah melebihi ambang batas bunda. cara yang ampuh adalah letakkan bayi bunda dan jangan panic. Tenangkan diri,tarik napas dalam dalam melalui hidung dan buang perlahan melalui mulut,lakukan berulang ulang sampai bunda merasa rileks kembali. Setelah itu coba untuk menenangkan bayi bunda kembali. Selamat mencoba bunda…..

Leave a reply "Kenalin Penyebab Bayi Menangis"