Eksotisnya Pantai di Pulau Sumatera

4 comments 2352 views

Libur akhir tahun tiba, saatnya untuk meninggalkan rutinitas keseharian anda dan bersiaplah untuk bersenang- senang. Ntah itu dengan keluarga,pasangan,teman kantor ataupun sahabat sejati. Banyak tempat objek wisata di Indonesia, gak harus pergi keluar negeri kalo ingin melihat pemandangan dan panorama yang indah. Wong bule ajah datang ke Indonesia karena keindahan alamnya. Masa iya kita orang Indonesia meragukan indahnya Indonesia… Berikut objek wisata pantai di Indonesia yang mungkin bisa jadi destination liburan anda para pembaca:

Pulau banyak, Aceh Singkil 
Pulau Banyak Adalah Gugusan Pulau-pulau kecil di Kabupaten Aceh Singkil provinsi Aceh. Ada 99 buah pulau di gugus Kepulauan Banyak yang sangat layak dikembangkan menjadi objek wisata andalan. Termasuk keindahan alam bawah laut dan penyu hijaunya. Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah, pantai Pulau Banyak tidak kalah dengan Pantai-pantai lain di indonesia. Pasir putihnya lebih lembut, lambaian daun- daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana liburan dengan pemandangan alam pantai tropis. Indahnya panorama Sunset juga menjadi tontonan tersendiri yang mengasyikkan. Pulau banyak dapat ditempuh dengan menggunakan Bus Umum menuju Aceh Singkil dengan ongkos Bus Rp. 230,000 ,- selama 8 jam perjalanan. Setelah sampai di Desa Pulo Saruk Aceh Singkil, anda juga harus menyebrang dengan menggunakan kapal ferry selama 4 jam. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau banyak adalah surfing,snorkeling dan penjajahan atau trekking mengelilingi hutan.

Pulau Berhala,Serdang Bedagai Sumatera Utara 
Pulau berhala berada di Indonesia terletak di Selat Berhala, di Kepulauan Riau. Di sekelilingnya, terdapat tiga pulau kecil dengan luas sekitar 0,25 hingga 0,5 hektare. Pulau ini diperebutkan Provinsi Jambi dan Kepulauan Riau. Walau akhirnya, dimenangkan oleh Kepulauan Riau sebagai pemilik Pulau Berhala di Selat Berhala. Pulau berhala memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai yang putih bersih. Pada awal dan akhir tahun, pantai Pulau Berhala menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Pulau Berhala dapat ditempuh dari Medan anda bisa menggunakan bus dan kemudian turun di jalan besar Sei Rampah, kemudian menuju kampungan nelayan. Bisa dengan menggunakan angkutan umum, ataupun ojek sepeda motor. Setelah tiba di kampung nelayan, kita bisa menyewa kapal nelayan untuk menyebrang ke Pulau Berhala. Pulau Berhala tidak terdapat penginapan. Kalau kita ingin menginap, maka membawa tenda sendiri atau bisa juga menyewa mess mariner yang ada di Pulau Berhala. Untuk makanan dan minuman memasak sendiri. Di pulau berhala aktifitas yang bisa kita lakukan Hikking/trekking, snorkeling dan jika anda beruntung anda dapat melihat penyu bertelur atau bermain-main di pasir pantainya.

Lampuuk Beach,Banda aceh
PANTAI Lampuuk terletak di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Pantai itu berada di jalur Banda Aceh Calang (Aceh Jaya). Saat terjadi tsunami, pantai yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Banda Aceh tersebut rusak cukup parah. Hotel-hotel di tepi pantai dan permukiman penduduk di sekitarnya hancur diempas gelombang besar. Tetapi, secara berangsur, pantai itu pun kembali pulih. Kurang lebih setahun seusai tsunami, aktivitas pariwisata di pantai tersebut kembali ramai. Seiring dengan perbaikan yang dilakukan, pantai itu telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pariwisata seperti banana boat. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, tersedia pula berbagai penginapan, mulai kelas losmen hingga cottage, yang tarifnya bervariasi sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang diinginkan. Selain itu, pantai tersebut bisa dipakai sebagai arena berselancar sembari memacu adrenalin. Sebab, ombak pantai itu tergolong besar dan bersahabat untuk surfing. Di pantai tersebut, para wisatawan dapat berenang, berjemur, berlayar, berselancar, serta memancing dan menyelam. Pantai lampuuk dapat ditempuh selama 20 – 30 menit dari Banda Aceh.

Sumur Tiga, Sabang 
Pantai Sumur Tiga adalah pantai berpasir putih nan menawan di Sabang, Aceh. Tidak hanya cantik panoramanya, pantai ini juga jadi tempat paling asyik untuk menikmati matahari terbit di ujung barat Indonesia.Pantai Sumur Tiga adalah pantai berpasir putih dan bertekstur lembut dengan garis pantai yang sangat panjang. Mungkin ini pantai dengan garis pantai yang paling panjang yang ada di Kota Sabang. Saat pasang, ombak di pantai ini pun cukup besar dan akan tenang ketika surut di sore hari. Oleh karena itu, saat sore hari pantai ini menjadi tempat paling asyik untuk snorkeling. Anda tidak perlu menggunakan perahu untuk snorkeling di sini, cukup berbekal snorkeling gear yang bisa Anda sewa di penginapan lalu berenang menyusuri pantai. Oh, ya, pantai ini kami sebut sebagai “Hawaii-nya Sabang” bukan karena ombaknya yang besar dan bisa Anda gunakan untuk surfing, lho. Tetapi karena pemandangan yang Anda dapat ketika mengunjunginya, seperti Pantai Hawaii yang biasa kami lihat di televisi. Di pantai ini juga terdapat sebuah restoran bernama Restoran Pantai Sumur Tiga, restoran ini menjadi satu bagian dengan penginapan Santai Sumur Tiga. Namun letak restoran ini berada di bawah penginapan. Pemandangan yang tersaji jika anda duduk di restoran ini sambil menikmati segelas minuman dingin atau makan Mie Kuah Seafood. Kami yakin suasana ini akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Pantai Sumur Tiga menghadap ke arah timur. Oleh karena itu, di sini Anda bisa melihat sunrise yang cantik. Selain itu, didukung dengan putihnya pasir pantai serta laut yang berwarna biru kehijauan, keindahan alam Pantai Sumur Tiga semakin sempurna. Mau coba pengalaman yang berbeda saat melihat sunrise di ujung barat Indonesia? Cobalah menikmati saat-saat matahari terbit ini dengan berbaring di pinggir Pantai Sumur Tiga, luar biasa!

Pulau Sikuai, Padang 
merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulauSumatera. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal, melalui pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari dermaga Airud Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit. Banyak juga travel yang menawarkan paket tour sehari ataupun bermalam di pulau sikuai ini. Jika anda berminat melakukan honeymoon di pulau ini, suasananya sangatlah mendukung.

  1. author

    Anggi Agistia3 years ago

    ya ampun indah banget buuuun, kapan ya bisa kesana 🙁

    Reply
  2. author

    Yulia Sari3 years ago

    Insyaallah Secepatnya bun… asal ada niat buat liburan

    Reply
  3. author

    Evrina Budiastuti3 years ago

    Aceh memang menawan, kapan ya saya bisa kesana, alamiahnya itu menggoda mata banget

    Reply
  4. author

    Yulia Sari3 years ago

    Insyaallah Secepatnya.. asal ada niat buat liburan

    Reply

Leave a reply "Eksotisnya Pantai di Pulau Sumatera"